Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Company LOGO B R A N D I N G Dian Anggraeni, M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Company LOGO B R A N D I N G Dian Anggraeni, M.Si."— Transcript presentasi:

1 Company LOGO B R A N D I N G Dian Anggraeni, M.Si

2

3 Definition of Brand Menurut Phillip Kotler (2006): Brand adalah janji Brand sepenuhnya adalah persepsi – segala sesuatu yang Anda lihat, dengar, baca, ketahui, rasakan, pikirkan, dan lain-lain – tentang suatu produk, jasa, atau bisnis Brand memiliki posisi istimewa di benak customer berdasarkan pengalaman masa lalu, pergaulan dan ekspektasi masa depan Brand adalah jalan pintas, atribut, manfaat, keyakinan, dan nilai yang membedakan, mengurangi kompleksitas, dan menyederhanakan proses pengambilan keputusan.

4 Brand / merek didefinisikan sebagai “nama, istilah, tanda, simbol atau rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa penjual atau kelompok penjual and untuk mendiferensiasikannya dari barang atau jasa pesaing” (Philip Kotler & Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran) Brand is the name, symbol, packaging and service reputation (Assael) Brands are a product of the work of managers who attempt to augment their products with values and associations that are recognised by and are meaningful to their customers. (Chris Fill, Marketing Communications)

5 Brand bersifat emosional, mencakup hati dan benak customernya. Brand dapat membantu perusahaan utnuk memperluas lini produk serta mengembangkan posisi pasar yang spesifik bagi suatu produk.

6 Definition of Branding Branding is a task that requires a significant contribution from marketing communications and is a long term exercise. (Chris Fill,2006) Branding is the creation and development of your company’s brand: the logo, images, slogans, ideas, and other information connected to your company or product. Branding is what makes your company/product recognizable and unique Branding itu tentang membawa sesuatu yang biasa dan meningkatkannya dengan cara-cara yang membuatnya menjadi lebih berharga dan bernilai. (Scott Bedburry)

7 Types of Branding Corporate branding can be defined as “Corporate branding refers to the practice of using a company’s name as a product brand name. It is an attempt to leverage corporate brand equity to create product brand recognition.” Product Branding is the discipline what a product will be called, an is very similar in concept and approach to the process of deciding on a name for a company or organization Place branding (including place marketing and place promotion) is a new umbrella term compassing nation branding, region branding and city branding. Place branding is the process of image communication to a target market.

8 Personal Branding is the process whereby people and their careers are marked as brands. Personal branding describes the process by which individuals and entrepreneurs differentiate themselves and stand out from a crowd by identifying and articulating their unique value proposition, whether professional or personal, and then leveraging it across platforms with a consistent message and image to achieve a specific goal. In this way, individuals can enhance their recognition as experts in their field, establish reputation and credibility, advance their careers, and build self-confidence,

9 Dimensi Brand Brand memiliki enam tingkatan pengertian /dimensi brand: 1. Atribut: merek mengingatkan pada atribut tertentu 2. Manfaat: atribut perlu diterjemahkan menjadi manfaat fungsional dan emosional. 3. Nilai : merk juga menyatakan sesuatu tentang nilai produsen 4. Budaya: merek juga mewakili budaya tertentu 5. Kepribadian: merek juga mencerminkan kepribadian tertentu 6. Pemakai: merek menunjukan jenis konsumen yang membeli atau menggunakan produk tersebut. (Kotler, 2002)

10 Elemen Brand Nama Logo Slogan Kisah brand

11 Manfaat Brand Manfaat brand dapat dilihat dari dua perspektif yaitu bagi konsumen dan bagi perusahaan / produsen: Bagi konsumen: Melalui merk, konsumen dapat mengidentifikasi pembuat produk atau pihak yang harus bertanggungjwab jika terjadi suatu masalah sehubungan dengan pengkonsumsian sebuah produk dengan merk tertentu. Melalui sebuah merk, konsumen dapat belajar mengenai berbagai program pemsarab yang dikembangkan oleh perusahaan dan konsumen bisa menyikapi sebuah merk berdasarkan pada pengalaman konsumen. (Keller, 2003)

12 Bagi perusahaan: Perusahaan dapat melakukan evaluasi atas berbagai fungsi dalam perusahaan, baik fungsi marketing, fungsi produksi, maupun fungsi lain yang berkaitan dengan keberadaan sebuah merk. Melalui merk dapat perusahaan dapat mengorganisasikan sumberdaya yang dimiliki sehingga akan lebih mampu bekerja secara optimal. Melalui sebuah merk, perusahaan dapat melindungi produk seperti halnya keunikan produk dan perspektif lainnya dari sebuah produk. Melalui sebuah merk dapat memberikan perlindungan hak, seperti halnya hak intelektual dan memberikan kekuatan hukum pada pemilik merk. (Keller, 2003)

13 Brand Image Image adalah seperangkat keyakinan, ide, dan kesan yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu objek. Brand image adalah seperangkat keyakinan konsumen mengenai merk tertentu. (Kotler, Amstrong, 2001). Keuntungan dengan terciptanya brand image yang kuat: Peluang bagi produk/merk untuk terus mengembangkan diri dan memiliki prospek bisnis yang bagus. Memimpin produk untuk semakin memiliki sistem keuangan yang baik Menciptakan loyalitas konsumen Membantu dalam efisiensi marketing, karena merk telah berhasil dikenal dan dingat oleh konsumen Membantu dalam menciptakan perbedaan dengan pesaing. Semakin merk dikenal oleh msayarakat, maka perbedaan/keunikan baru yang diciptakan perusahaan akan miudah dikenali konsumen Mempermudah dalam perekrutan tenaga kerja bagi perusahaan Meminimumkan kehancuran/kepailitan perusahaan Mempermudah mendapatkan investor baru guna mengembangkan produk

14 Manfaat brand image: Dapat dibuat menjadi tujuan dalam strategi pemasaran Dapat dipakai sebagai suatu dasar untuk bersaing dengan brand lain Dapat membantu memperbaharui penjualan suatu merk Dapat dipergunakan untuk mengevaluasi efek kualitas dari strategi pemasaran Dapat dihasilkan dari faktor-faktor lain di luar dari usaha-usaha strategi pemasaran.

15 Brand Identity Menurut David Aaker, “Brand identity terdiri dari serangkaian asosiasi brand unik yang mewakili arti dan janji brand pada customer. “ Ada lima identitas brand: 1.Identitas aktual 2.Identitas yang diinginkan 3.Identitas ideal 4.Identitas yang dikomunikasikan 5.Identitas yang dipahami

16 Perbedaan antara identitas dan citra brand: Identitas brand adalah aset abadi yang mewakili nilai brand yang tak terbatas. Citra brand lebih pada aset taktis yang dapat berubah dari waktu ke waktu. Untuk menentukan identitas brand harus memiliki USP (Unique Selling Point). USP adalah fitur spesial yang memberi nilai tambah bagis customer anda dan tidak dapat ditiru atau dijiplak. USP terletak pada dalam produk/jasa, atau terletak proses produksi khusus, atau proses pengiriman, pelayanan luar biasa atau rancangan industrial.

17 Brand Characteristic Dua tipe atribut utama dalam brand: INTRINSIC: Karakter fungsional dari suatu produk seperti: shape, performance dan phiysical capacity. EXTRINSIC: Atribut-atribut di luar Intrinsic: brand name, marketing communication, packaging, price and brand association formed by the consumers (Chris Fill, Marketing Communications)

18 Brand Equity Ekuitas merk (David A. Aaker, 200): Serangkaian aset dan keterpercayaan merek yang terkait dengan sebuah merek, nama, dan simbolnya yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan sebuah produk atau jasa, baik bagi pemasar/perusahaan maupun pelanggan. Dengan ekuitas merk yang kuat maka tujuan pemasar untuk selalu mengembangkan dan merebut pasar akan lebih mudah tercapai. Empat dimensi ekuitas merk: – Brand awareness (pengetahuan akan merk) – Perceived quality (kualitas yang dipercaya dikandung oleh merk) – Brand association (asosiasi merk) – Brand loyalty (kesetiaan merk)

19 Pembangunan Merk Peran Komunikasi Pemasaran: To inform, To persuade, To remind Fungsi Komunikasi Pemasaran: Konsumen dapat diberitahu atau ditunjuk bagaimana dan mengapa sebuah produk digunakan oleh orang seperti apa, dan dimana serta kapan. Konsumen dapat belajar tentang siapa yang membuat produk dan apa yang dipertahankan perusahaan dan merk Dan konsumen dapat diberikan insentif atau imbalan untuk percobaan atau penggunaan

20 Tahapan Proses Branding Tahapan proses branding: Tahap pengenalan (aware) Tahap mengerti benefit atau positioning (understand) Tahap meyakinkan bahwa produk lebih baik dari pesaing (preference) Tahap membangkitkan semangat mencoba, membeli secepatnya (convince) Tahap terciptanya penjualan (action/selling) Tahap pembelian kembali (repeat)

21 Marketing Mix/Promotion Mix Alat bantu dalam membangun brand: Advertising Sales Promotion, Public relations, Direct marketing, Personal selling Trade fair/exhibition

22 The Role of PR In Branding Brand Awareness dan Brand Preference PR harus mampu menciptakan brand awareness: mendorong kesadaran konsumen akan keberadaan nama brand dalam benak konsumen ketika memikirkan suatu kategori produk (brand recognition) dan merupakan nama yang paling mudah diingatnya untuk kategori tersedia (brand recall). Contoh kegiatan: event, pop, pos Brand Loyalty dan Brand Commitment PR perlu menjaga hubungan emosional dengan komunitas konsumennya agar terciptanya loyalitas dan komitmen konsumen yang merupakan iktana antara konsumen dengan brand dan merupakan dimensi utama dalam brand equity. Contoh kegiatan: roadshow musik Sampoerna dari kampus ke kampus

23 The Role of PR In Branding Konsumen yang setia terhadap merek banyak memberikan manfaat: 1.Menjadi hambatan bagi pemain baru 2.Konsumen tidak terlalu reaktif trehadap perubahan harga 3.Memberikan waktu kepada konsumen untuk bereaksi terhadap inovasi pesaing

24 The Role of PR In Branding Brand satisfaction dan Brand Trust Kepuasan merek adalah terkait langsung dengan percobaan dan pemakaian. PR berperab aktif dengan berkomuikasi langsung dengan pelanggan dan calon konsumen. Kepuasan dilandaskan pada gagasan untuk sebuah harapan konsumen, yang berpusat pada manajemen brand itu. Kepuasan terkait dengan, ‘apakah brand sudah berbuat sesuai dengan janjinya?’ Kepuasan akan mengarah pada komitmen dan pada akhirnya mengarah pada kesetiaan. Contoh kegiatan: pameran

25 The Role of PR In Branding Brand Image dan Brand Community Brand image terdiri adri 2 komponen yaitu brand assosiation dan favorability, strength dan uniqueness of brand association atau sikap positif, kekuatan dan keunikan dari suatu brand. Brand community adalah bentuk komunitas yang terspealisasi, memiliki ikatan yang tidak berbasis pada ikatan secara geografis, tetapi lebih didasarkan pada seperangkat struktur hubungan sosial diantara penggemar brand tertentu.

26 Building Brand Through Advertising ADVERTISING Rational approach Emotional approach Fungsional aspek brand Benefit bagi konsumen Message fokus product performance dan key attribute USP menjadi perhatian utama konsumen To influence and change attitudes brand awareness and brand strength

27 Build Brands Through Other Techniques Build brand values: Direct marketing, Public Relations Build price values: Sales Promotions Build brand associations: Merchandizing, Packaging, brand name Co-branding Geographical identifiers Ingredient brands Support services Award symbols Business to business branding Event sponsorship Exhibition/conference Joint promotion Online Branding websites, interactive media community forum Build brand experiences Tryvertising (trial + advertising)

28 Brand Management Brand Campaign, istilah dari sebuah aktifitas manajemen kampanye produk/jasa. Kesuksesan kampanye sebuah brand didasarkan atas kemampuan tim marketing dalam memnetukan strategi promosi dan distribusi produk secara simultan. Brand Recognition, tahapan pengenalan produk Brand Preference, konsumen telah melewati sejumlah pengalaman terhadap produk Brand Satisfaction, konsumen benar-benar merasa puas terhadap pengalaman yang dialami berulang-ulang, dari penggunaan satu atau beberapa produk dalam brand.

29 Fakta Seputar Keberhasian Apple Leader dalam era konvergensi digital Penjualan ipod melambung dalam 5 tahun terakhir melebihi pesaingnya Sony Produk iphone segera menggantikan keberhasilan Nokia di pasaran internasional Jutaan orang mengakses Itunes setiap harinya Imac mulai menjadi ikon yang unik diantara pemain notebook dan PC Komunitas apple sudah menggejala di dunia

30 LOGO APPLE Dari waktu ke waktu Logo Apple adalah salah satu logo yang paling terkenal di dunia. Identitas seluruh produk Apple dan toko-tokonya hanya berupa logo Apple, nama Apple pun biasanya tidak dituliskan. Sticker logo Apple terdapat hampir pada seluruh paket Macintosh dan iPod.

31 Leading Products and Leading Brands iMac iPod iTunes iPhone

32 Slogan Corporate: Byte into in apple Think Different iMac: Rapid Transit iPod: Millions of songs. Thousands of videos. Hundreds of games iPhones: ‘Twice as fast, Half the price’

33 The Apple Way Menjadikan pelanggan sebagai raja Menjadikan produk sebagai raja Gemparkan dunia pemasaran Tumbuhkan organisasi pembelajar

34 Strategi Branding Apple Fokus dan konsistensi dalam pesan yang disampaikan kepada konsumen “teknologi yang berestetika tinggi dan tidak sekedar teknologi tetapi brand yang terus menerus berpikir dengan cara yang berbeda” Kekuatan Komunikasi Brand Apple melalui ONLINE BRANDING Komunikasi visual sangat menarik Brand association: Merchandizing, Packaging menarik Brand Awareness sudah established Brand image sebagai hi-class esthetical product and technology Emotional branding : from function to feel Corporate values yang mendunia melalui THE APPLE WAY


Download ppt "Company LOGO B R A N D I N G Dian Anggraeni, M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google