Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KUALA LUMPUR INTERNATIONAL AIRPORT TEKNOLOGI BAHAN I BAHAN ARSITEKTUR KONTEMPORER 2014.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KUALA LUMPUR INTERNATIONAL AIRPORT TEKNOLOGI BAHAN I BAHAN ARSITEKTUR KONTEMPORER 2014."— Transcript presentasi:

1 KUALA LUMPUR INTERNATIONAL AIRPORT TEKNOLOGI BAHAN I BAHAN ARSITEKTUR KONTEMPORER 2014

2 KUALA LUMPUR INTERNATIONAL AIRPORT  Dimensi KLIA building area : 158, m2 total floor area : 405, m2 terminal building : 1 basement + 1 stories contact pier : 4 stories satellite : 1 basement + 3 stories tower : 130 m  Terletak di sebelah selatan dari Selangor berjarak sekitar 60 km dari kota Kuala Lumpur.

3 KUALA LUMPUR INTERNATIONAL AIRPORT  KLIA dirancang oleh arsitek Jepang yaitu Kisho Kurokawa dan dibangun tahun  Mempunyai konsep ruang luas dan bentang yang lebar yang menentukan fungsi bangunan tersebut.  KLIA merupakan simbol perpaduan arsitektur Islam, modern dan teknologi.  Konsep desain berupa “Airport in the forest, forest in the airport”.

4 KUALA LUMPUR INTERNATIONAL AIRPORT (KLIA)  KLIA memiliki sistem struktur dan konstruksi atap yang spesifik, terdiri dari kelompok massa 3 dimensi parabolik- hiperbolik yang dinamis dibentuk oleh rangkaian konstruksi rangka batang (space beam) yang bertumpu pada satu titik penyangga sekaligus untuk menyalurkan beban.  Struktur atap bangunan yang melengkung terdiri dari bahan baja dan metal, rangka-rangka baja tersebut ditutupi oleh tenda beton, celah yang terdapat pada pinggir-pinggir bagian tenda berfungsi untuk masuknya cahaya dari luar atau cahaya alami.

5 KUALA LUMPUR INTERNATIONAL AIRPORT (KLIA)  Keistimewaan KLIA selain desain dan konstruksinya juga karena didukung oleh elemen- elemen finishing penunjang lain yang modern, seperti elemen granit yang melapisi bidang pada kolom penyangga sehingga terkesan elegan.  Konsep desain KLIA memperlihatkan identitas negara Malaysia yang terkenal akan hutan tropisnya. Sehingga pada bangunan ini terdapat hutan buatan pada bagian tengah terminal utama. Dan bentuk kolom-kolom penyangga juga dipadankan seperti bentuk pohon.

6

7 TERIMA KASIH


Download ppt "KUALA LUMPUR INTERNATIONAL AIRPORT TEKNOLOGI BAHAN I BAHAN ARSITEKTUR KONTEMPORER 2014."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google