Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kolonialisme – Imperialisme di India Hingga Pecahnya Pemberontakan Sepoy Materi 6: Sejarah Asia Selatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kolonialisme – Imperialisme di India Hingga Pecahnya Pemberontakan Sepoy Materi 6: Sejarah Asia Selatan."— Transcript presentasi:

1 Kolonialisme – Imperialisme di India Hingga Pecahnya Pemberontakan Sepoy Materi 6: Sejarah Asia Selatan

2 Jejak Kolonialisasi  Sejak 1500-an, Inggris mulai meluaskan kerajaannya di wilayah koloninya.  Tujuan perluasannya adalah agar wilayah yang berada di bawah kontrolnya menyediakan bahan-bahan industri dan produk yang dapat dijual ke pasaran dunia.

3 The British Empire

4  Britania Raya memiliki wilayah-wilayah koloninya di hampir seluruh belahan dunia. Ungkapan populer yang didengungkan oleh orang-orang Inggris: “The sun never sets on the British Empire.”  India adalah mahkota emas Britania Raya yang banyak memberikan keuntungan.

5  Pada 1600-an, British East India Company (EIC) membangun pos-pos niaga di sebagian wilayah perkotaan India.  Pada pertengahan 1700-an, Dinasti Mughal yang berkuasa, mulai melemah. Pada 1830-an EIC, mengambil keuntungan dari melemahnya Mughal; perlahan mengambil alih India dengan kekuatan politik dan militernya.

6 Wilayah-Wilayah Koloni Kolonisator Eropa di Asia Selatan Pada abad ke-19, kekuasaan pemerintah koloni Inggris di India meliputi keamanan, pemerintahan, dan niaga.

7 Keuntungan bagi Inggris…  India menyediakan bahan mentah besar yang dapat diekspor ke Inggris.  Bahan-bahan manufaktur diproduksi oleh Pabrik-pabrik industri milik Inggris.  India adalah pasar besar barang-barang produksi Inggris bagi 300 juta orang di Eropa hingga tanah koloni.  Sayangnya, sedikit sekali keuntungan bagi orang-orang pribumi.

8  Inggris tidak melibatkan orang-orang pribumi dalam indsutri manufaktur. Justru pribumi membeli barang- barang hasil produksi dari Inggris.  Inggris membangun sebuah jaringan jalan kereta api, tapi ditujukan untuk kepentingan transportasi barang-barang produksi Inggris saja.

9 Sepoy Mutiny  Pada 1857, Sepoy, tentara India dalam kemiliteran Inggris, memberontak.  Mulai muncul kebencian pribumi terhadap Inggris atas kontrol dan perlakuan mereka.  Pemberontakan bersenjata pecah.

10  Rumor berkembang bahwa peluru untuk senjata yang digunakan Inggris dilumasi lemak sapi dan babi.  Orang –orang Hindu terlukai perasaannya karena sapi disucikan dalam keyakinan mereka.  Adapun Muslim India ternodai karena babi dalam Islam adalah binatang haram.

11 Sepoy Mutiny…1

12 Sepoy Mutiny…2

13  Tentara Sepoy yang menolak menggunakan peluru berpelumas tersebut dipenjarakan.  Sehari setelah insiden penahanan, pemberontakan pecah.  Pertikaian berlangsung selama hampir setahun. Namun, akhirnya EIC mendapatkan kembali kendali kekuasaannya.  Setelah itu, pemerintahan Inggris lebih intensif menguasai India.

14 Sepoy Mutiny…3

15 Sepoy Mutiny…4

16 Sepoy Mutiny…5

17 Dampak Pemberontakan  Jurang pemisah makin melebar antara orang-orang Inggris dengan pribumi.  Sikap rasis Inggris terhadap pribumi mendominasi kehidupan sosial India.

18 Kuotasi  It is the consciousness of the inherent superiority of the European which has won for us India. However well-educated and clever a native may be, and however brave he may prove himself, I believe that no rank we can bestow on him would cause him to be considered an equal of the British officer. - LORD KITCHENER, Komandan Tentara Koloni Inggris di India


Download ppt "Kolonialisme – Imperialisme di India Hingga Pecahnya Pemberontakan Sepoy Materi 6: Sejarah Asia Selatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google