Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Review Sistem Komputer. SISTEM KOMPUTER Suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Review Sistem Komputer. SISTEM KOMPUTER Suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu."— Transcript presentasi:

1 Review Sistem Komputer

2 SISTEM KOMPUTER Suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah- perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

3 Skema Dasar Sistem Komputer Pemroses/CPU Memori Perangkat Masukan dan Keluaran Interkoneksi Antar Komponen

4 Skema Dasar Sistem Komputer Interkoneksi Antar Komponen Perangkat Masukan dan Keluaran MemoriCPU

5 Interkoneksi antar komponen adalah stuktur dan mekanisme untuk menghubungkan ketiga komponen (pemroses, momori utama, dan perangkat masukan/keluaran) yang saling berkamunikasi. Interkoneksi Antar Komponen

6 ALU CU MEMORYOUTPUTINPUT CPU CCU

7 Pemroses/ CPU Pemroses merupakan jantung dari komputer. Pemroses berfungsi untuk melakukan pengolahan data dan pengendalian operasi komputer.

8 Central Processing Unit (CPU) Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer. CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan, dan menghitung.

9 Komponen Pemroses Register ALU (Arithmatic Logical Unit) Control Unit Untuk membantu pelaksanaan operasi pemroses Untuk melaksanakan berbagai macam perhitungan Untuk mengatur /mengendalikan seluruh yang dilaksanakan sistem komputer

10 *Berfungsi untuk penyimpanan data dan program. *Program harus disimpan di memori utama sebelum dapat dieksekusi dan dimanipulasi oleh pemroses. Memori

11 Alat InputAlat Output CU ALU Register Main Memory RAM ROM CPU Alat Pemroses

12 RAM dan ROM RAM ( Random Acces Memory ) merupakan memory yang dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer; terdiri dari : Input Storage ; untuk menampung input yang dimasukkan oleh alat input Program Storage ; untuk menyimpan semua instruksi program yang akan diproses Working Storage : untuk menyimpan data yang akan diolah dan dari hasil proses Output Storage : untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output. RAM memiliki kemampuan untuk melakukan pengecekan dari data yang disimpannya, disebut dengan istilah PARITY CHECK. Terdiri atas EVEN PARITY CHECK ( Jumlah bit 1 harus genap ) dan ODD PARITY CHECK ( Jumlah bit 1 harus ganjil ) ROM ( Read Only Memory ) merupakan memory yang hanya dapat dibaca saja.

13  SDRAM  Singkatan dari Synchronous DRAM, tipe dari DRAM yang dapat bekerja pada clock yang lebih tinggi dari memory pada umumnya.  SDRAM sebenarnya mengsinkronisasikan sendiri dengan bus CPU dan dapat bekerja pada 133 MHz, lebih cepat dua kali jika dibandingkan dengan EDO DRAM dan BEDO(Burst Extended Data Output) DRAM.  SDRAM menggantikan EDO(extended data output) DRAM pada komputer terbaru. Produk lama Memori

14 DDR-SDRAM ◦ Singkatan dari Double Data Rate-Synchronous DRAM, jenis SDRAM yang mendukung pengiriman data pada kedua batas dari tiap clock cycle ( batas atas dan batas bawah), dengan menggandakan hasil kerja chip memory data ◦ DDR-SDRAM juga membutuhkan lebih sedikit listrik, yang membuat lebih cocok jika digunakan pada komputer notebook. ◦ DDR-SDRAM juga biasa disebut dengan SDRAM II dan DDRAM Produk baru Memori

15 Register Merupakan simpanan kecil yang memiliki kecepatan tinggi ( 5 sampai 10 kali kecepatan main memory ) Digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU (instruksi lain yang menunggu giliran disimpan di main memory ). Terdiri dari : 1. Instruction Register ( IR ) atau Program Register yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses 2. Program Counter ( PC ) atau Control Counter / instruction counter adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat ( address ) lokasi dari main memory yang berisi instruksi yang sedang diproses. Register yang berhubungan dengan data yang sedang diproses disebut General Purpose Register yang memiliki kegunaan sebagai Operand Register ( untuk menampung data atau operand yang sedang diolah ) & sebagai Accumulator ( untuk menyimpan hasil dari operasi aritmatika dan logika yang dilakukan ALU ). Sebagai tambahan dari Register, beberapa CPU menggunakan suatu Cache Memory / Buffer Memory dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien dan dapat mengurangi waktu yang terbuang.

16 Berfungsi memidahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal. Lingkungan eksternal meliputi : 1. Data 2. Perangkat Komunikasi Perangkat-perangkat tersebut berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan luar, sehingga komputer dapat dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungan. Perangkat Masukan dan Keluaran

17 Input A. Keyboard Keyboard komputer, secara phisik mempunyai bentuk seperti halnya keyboard pada mesin ketik manual/elektronik. Dengan digunakannya micro processor, maka data yang ada bisa langsung dikirim ke-CPU melalui keyboard

18 Input B. Mouse Mouse merupakan salah satu input yang sangat populer pada akhir-akhir ini. Pengertian mouse bisa diartikan dengan tikus, dimana dengan adanya mouse, maka kursor (titik kecil yang berkedip pada layar, yang menandakan suatu posisi pada layar monitor) yang ada dilayar monitor bisa digerak-gerakkan seperti halnya gerak seeokor tikus, yaitu kesamping, kebawah, miring, melingkar atau kemana saja seperti yang dikehendaki oleh para pemakai komputer.

19 Input C. Light Pen Light pen juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis. Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Dengan menyentuhkan ujung light pen pada monitor, maka komputer bisa mengetahui posisi titik mana yang tersentuh oleh light pen.

20 Input D. Scanner Scanner merupakan salah satu input yang secara prinsip mempunyai cara kerja seperti halnya foto-copy. Hanya bedanya, hasil pembacaan scanner bisa disimpan didalam memory komputer, sedang pada fotocopy, hasil pembacaannya akan dicetak diatas Dengan adanya scanner ini, maka pekerjaan memasukkan data kedalam komputer bisa dipercepat selembar kertas.

21 SUMBER DAYA SISTEM KOMPUTER Adalah semua komponen di sistem komputer yang dapat memberi manfaat Sumber daya ini terdiri : 1. Sumber Daya Fisik 2. Sumber Daya Abstrak

22 Sumber Daya Sistem Komputer Sumber daya fisik Misalnya : keyboard, printer, modem, scanner, monitor, dan lain sebagainya Sumber daya abstrak Misalnya : Data, Aplikasi, Program, utility dan lain sebagainya.

23 SISTEM OPERASI SISTEM OPERASI DOS (Disk Operating System) Microsoft Windows Apple Mac OS Linux Unix

24 DOS (Disk Operating System)

25 Microsoft Windows Micosoft Windows atau orang lebih sering menyebut Windows saja pada awalnya hanyalah add-on dari MS-DOS karena tingginya tuntutan pada sistem operasi yang berbasis GUI. Versi awal Windows berjalan di atas MS-DOS. Meski demikian Windows versi awal telah menunjukkan beberapa fungsi-fungsi yang umum dijumpai dalam sistem operasi, antara lain: memiliki tipe file executable tersendiri, memiliki driver perangkat keras sendiri, dan lain-lain.

26 Windows versi 3.11

27 Windows Vista

28 Apple Mac OS Apple Mac OS merupakan turunan dari UNIX melalui jalur BSD (Berkeley Software Distribution). Mac OS adalah sistem operasi berbasis GUI Apple merupakan pelopor dalam penggunaan GUI pada sistem operasi Versi awal dari Mac OS hampir secara penuh mengandalkan pada kemampuan GUI-nya dan sangat membatasi penggunaan CLI

29 Mac OS X

30 L I N U X Perkembangan Linux dimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds menulis Linux, sebuah kernel untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC. Linux merupakan salah satu sistem operasi yang perkembangannya paling cepat. Masalah utama yang dihadapi Linux dahulu adalah interface yang berupa teks (text based interface). Tetapi keadaan ini sudah mulai berubah dengan kehadiran KDE dan GNOME. Keduanya memiliki tampilan desktop yang menarik sehingga mengubah persepsi dunia tentang Linux.

31 Linux

32 TUGAS 1. Cari Artikel dengan tema “SISTEM OPERASI” 2. Sejarah Sistem Operasi 3. Perkembangan Sistem Operasi 4. Cara Intalasi Windows, MacOS, dan Linux. Format dalam bentuk laporan. Judul : Tugas 1 Isi : NIM & Nama Lengkap Dikumpulkan: pertemuan minggu depan dan dipresentasikan.

33 WASSALAM


Download ppt "Review Sistem Komputer. SISTEM KOMPUTER Suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google