Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MULTIPROSESOR. Sebuah sistem komputer menjalankan satu buah aplikasi atau lebih yang kemudian dipecah menjadi sejumlah proses sekuensial yang berko-operasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MULTIPROSESOR. Sebuah sistem komputer menjalankan satu buah aplikasi atau lebih yang kemudian dipecah menjadi sejumlah proses sekuensial yang berko-operasi."— Transcript presentasi:

1 MULTIPROSESOR

2 Sebuah sistem komputer menjalankan satu buah aplikasi atau lebih yang kemudian dipecah menjadi sejumlah proses sekuensial yang berko-operasi. Dapat diimplementasikan pada sistem berprosesor tunggal, namun akan lebih mudah apabila diimplementasikan pada sebuah sistem multiprosesor. Setiap saat, setiap proses jamak akan mengeksekusi proses lainnya. Komunikasi antara proses dilakukan oleh pesan-pesan dan flag-flag yang dapat dikirimkan ke prosesor lainnya melalui memori utama.

3 PROSESOR ARRAY Merupakan bentuk SIMD pengolahan paralel

4 PERBEDAAN DENGAN MESIN VECTOR-BASED Mesin Vector-BasedProsesor Array Mencapai performa tinggi melalui penggunaan pipelining secara ketat Menyediakan paralelisme ekstensif dengan replikasi modul komputasi

5 STRUKTUR MULTIPROSESOR Implementasi Multiprosesor UMA Multiprosesor NUMA Sistem Memori Terdistribusi

6 P1 M1 Interconnection Network P2PnPn M2MkMk Processor Memories...

7 Suatu jaringan interkoneksi memungkinan n prosesor mengakses k memori sehingga tiap prosesor dapat mengakses setiap memori. Jaringan interkoneksi dapat menimbulkan jeda antara prosesor dan memori Memerlukan jaringan interkoneksi yang super cepat  mahal Menyediakan memori global artinya setiap prosesor dapat mengakses tiap modul memori tanpa intervensi prosesor lain

8 P1 Interconnection Network M1... P2M2PnMkMk

9 Kecepatan tinggi dipertahankan di semua prosessor Selain mengakses memori lokal, setiap prosesor juga dapat mengakses memori lain melalui jaringan meskipun memerlukan waktu lebih lama Menyediakan memori global

10 NUMA vs UMA

11 M1 P1 Interconnection Network... M2 P2 Mn Pn

12 Modul memori berfungsi sebagai memori privat bagi prosesor yang terhubung 1 prosesor tidak dapat mengakses remote memori tanpa adanya kerjasama remote prosesor Kerjasama berbentuk pertukaran pesan Perlu protokol Message-Passing

13 Jaringan Interkoneksi Bus Tunggal Crossbar Multistage Jaringan Hypercube Jaringan Mesh Tree Ring

14 CROSSBAR Crossbar Switch Sun’s E10000 Fujitsu’s VPP5000 Hitachi’s SR8000 NEC’s SX-5

15 HYPERCUBE Menggunakan N=2 n prosesor yang disusun dalam sebuah kubus berdimensi n, dimana setiap simpul mempunyai n= log 2 N link bidirectional dengan simpul yang berdekatan. Diameter komunikasi hiperkubus seperti itu sama dengan n.

16 MESH Bentuk mesh yang paling sederhana adalah array dua dimensi tempat masing-masing simpul saling terhubung dengan keempat tetangganya. “Diameter” komunikasi sebuah mesh yang sederhana adalah 2(n-1) Koneksi wraparound pada bagian-bagian ujung akan mengurangi ukuran diameter menjadi 2(n/2). Cocok untuk hal-hal yang berkaitan dengan algoritma yang berorientasi matriks.

17 TREE Jaringan topologi untuk mendukung algoritma divide-and-conquer, seperti searching dan sorting.

18 Fat Tree Untuk mengurangi jalan buntu, jumlah link pada level atas hierarki pohon dapat ditingkatkan

19 RING Sebuah sistem komputer menjalankan satu buah aplikasi atau lebih yang kemudian dipecah menjadi sejumlah proses sekuensial yang berko-operasi. Dapat diimplementasikan pada sistem berprosesor tunggal, namun akan lebih mudah apabila diimplementasikan pada sebuah sistem multiprosesor. Setiap saat, setiap proses jamak akan mengeksekusi proses lainnya. Komunikasi antara proses dilakukan oleh pesan-pesan dan flag-flag yang dapat dikirimkan ke prosesor lainnya melalui memori utama.


Download ppt "MULTIPROSESOR. Sebuah sistem komputer menjalankan satu buah aplikasi atau lebih yang kemudian dipecah menjadi sejumlah proses sekuensial yang berko-operasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google