Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Overview Computer System Structure. Soal Apa yang dimaksud dengan : ▫System Operation ▫I/O Structure ▫Storage Structure ▫Storage hierarchy ▫Hadware protection.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Overview Computer System Structure. Soal Apa yang dimaksud dengan : ▫System Operation ▫I/O Structure ▫Storage Structure ▫Storage hierarchy ▫Hadware protection."— Transcript presentasi:

1 Overview Computer System Structure

2 Soal Apa yang dimaksud dengan : ▫System Operation ▫I/O Structure ▫Storage Structure ▫Storage hierarchy ▫Hadware protection ▫Network structure

3 Modern Computer System

4 Sistem Operasi Sistem Operasi didefinisikan sebagai sebuah program yang mengatur perangkatkeras komputer, dengan menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras.

5 Tujuan Sistem Operasi CPU dan device controller dapat dijalankan secara bersamaan, namun demikian diperlukan mekanisme sinkronisasi untuk mengatur akses ke memori.

6 I/O Structurre Struktur I/O, Interupsi I/O, DMA,

7 I/O Structure User request I/O: ▫CPU: load instruksi ke register controller ▫Controller: menjalankan instruksi Setelah I/O mulai, control kembali ke user program jika operasi I/O telah selesai ▫Instruksi khusus: wait => CPU menunggu sampai ada interrupt berikutnya dari I/O tersebut. ▫Paling banyak hanya mempunyai satu I/O request. ▫Keuntungan: CPU mengetahui secara pasti device mana yang melakukan interrupt (operasi I/O selesai). ▫Kerugian: operasi I/O tidak dapat serentak untuk semua device

8 Struktur I/O

9 I/O Interrupts Pilihan lebih baik: asynchronous I/O Setelah I/O mulai, kendali langsung kembali ke user program tanpa menunggu I/O selesai ▫CPU dapat melanjutkan operasi I/O untuk device yang lain ▫User program dapat menjalankan program tanpa menunggu atau harus menunggu sampai I/O selesai. ▫System call – request ke OS untuk operasi I/O dan menunggusampai I/O selesai. Potensi lebih dari satu device ▫User hanya dapat menggunakan I/O melalui system call ▫Device-status table memuat informasi untuk setiap I/O device: tipe, alamat, status dll ▫OS mengatur tabel ini dan mengubah isinya sesuai dengan status device (interrupt)

10 Direct Memory Access (DMA) Jika I/O devices sangat cepat (“high-speed”), beban CPU menjadi besar harus mengawasi transfer data dari controller ke memory dan sebaliknya. Hardware tambahan => DMA controller dapat memindahkan blok data dari buffer langsung ke memory tanpa menggangu CPU. ▫CPU menentukan lokasi memory dan jika DMA controller telah selesai => interrupt ke CPU ▫Hanya satu interrupt ke CPU untuk sekumpulan data (blok).

11 Storage Structure Memori Utama (RAM) Memori utama adalah satu-satunya tempat penyimpanan yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Magnetic Disk Berperan sebagai secondary storage pada sistem komputer modern.

12 Storage Hierarchy Dalam storage hierarchy structure, data yang sama bisa tampil dalam level berbeda dari sistem penyimpanan.

13 Hadware Protection Pemakaian bersama sistim resources ▫OS menjamin dan melindungi resources tersebut ▫Program user tidak secara bebas dapat mengakses atau menjalankan instruksi ke device/resources. ▫Bagaimana membatasi user ? Terdapat dua jenis/tingkat “privilege”/hak menggunakan sistim. Hardware harus mendukung/membedakan dua jenis operasi dalam sistim: ▫User mode – execution done on behalf of a user. ▫Monitor mode (also supervisor mode or system mode) execution done on behalf of operating system.

14 Mode bit ditambahkan pada computer hardware (CPU) untuk indikasi mode sekarang: monitor (0) atau user (1). Jika terjadi interrupt/fault/error => hardware mengubah mode ke monitor

15 Hadware Protection Pengguna bisa mengacaukan sistem operasi dengan melakukan instruksi I/O ilegal dengan mengakses lokasi memori untuk sistem operasi atau dengan cara hendak melepaskan diri dari prosesor Salah satu proteksi perangkat keras ialah dengan proteksi memori yaitu dengan pembatasan penggunaan memori.

16 I/O Protection Semua instruksi I/O adalah instruksi privileged: ▫Hanya dapat dilakukan melalui OS ▫OS dapat mencegah “request” ke I/O dengan melihat mode saat ini. OS menjaga supaya program user tidak dapat menjadi “monitor mode” untuk mencegah user program melakukan: ▫Menangani interrupt: dengan mengubah alamat interrupt vector. ▫Mengubah status dan data pada “device table”

17 Memory Protection Melindungi memori terutama untuk isi: ▫interrupt vector and the interrupt service routines. Cara umum adalah setiap user program hanya dapat mengakses lokasi memori yang telah dibatasi (disediakan untuk program tsb). ▫Range address – alamat yang valid ▫Base register – holds the smallest legal physical memory address. ▫Limit register – contains the size of the range Memori diluar range tersebut tidak dapat diakses oleh user program tsb.

18 Logical Address Protection

19 Hadware Protection

20 Network structure LAN WAN MAN etc

21 Pertemuan Selanjutnya Operating System Structure ▫System Component ▫Operating System Services ▫System Calls ▫System Programs ▫System Structures ▫Virtual Machines ▫System Design and Implementation ▫System Generation


Download ppt "Overview Computer System Structure. Soal Apa yang dimaksud dengan : ▫System Operation ▫I/O Structure ▫Storage Structure ▫Storage hierarchy ▫Hadware protection."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google