Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMBANGUNAN EKONOMI & EKONOMI PEMBANGUNAN Pembangunan Ekonomi (Pembangu- nan) diartikan sebagai rangkaian usaha dalam suatu perekonomian untuk mengem-

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMBANGUNAN EKONOMI & EKONOMI PEMBANGUNAN Pembangunan Ekonomi (Pembangu- nan) diartikan sebagai rangkaian usaha dalam suatu perekonomian untuk mengem-"— Transcript presentasi:

1

2 PEMBANGUNAN EKONOMI & EKONOMI PEMBANGUNAN Pembangunan Ekonomi (Pembangu- nan) diartikan sebagai rangkaian usaha dalam suatu perekonomian untuk mengem- bangkan kegiatan ekonominya sehingga infrastruktur lebih banyak tersedia, perusahaan semakin banyak dan semakin berkembang, taraf pendidikan semakin tinggi dan teknologi semakin meningkat, kesempatan kerja bertambah, pendapatan bertambah shg tercipta kemakmuran masy.

3 Ekonomi Pembangunan adalah suatu bidang studi dalam ilmu ekonomi yang mempe- lajari tentang masalah-masalah, hambatan, metode metode ekonomi di negara-negara berkembang dan kebijakan-kebijakan yang perlu dilakukan untuk mewujudkan pembangunan ekonomi. Dengan demikian pada dasarnya ekonomi pembangunan menganalisis tentang: - Berbagai masalah ekonomi yg dihadapi negara berkembang erbagai kebijakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dan mempercepat tingkat pembangunan ekonomi.

4 PERKEMBANGAN PERHATIAN TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI 1.Penyebab Kekurangperhatian Terhadap Pembangunan Sebelum Perang Dunia II a. Penjajahan masih berlangsung secara meluas b. Kurangnya perhatian dalam masyarakat yang terjajah c. Kurangnya perhatian di kalangan cendikiawan

5 2.Penyebab Perkembangan Perhatian Terhadap Pembangunan Ekonomi. a. Keinginan negara berkembang untuk mengatasi keterbelakangan mereka b. Membantu mewujudkan pembangunan ekonomi untuk menghambat perkemba- ngan komunis. c. Sebagai usaha untuk meningkatkan hubungan ekonomi. d. Berkembangnya keinginan untuk mem- bantu negara berkembang.

6 Perbedaan Antara Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi 1.Pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai suatu ukuran kuantitatif yang menggambarkan perkembangan suatu perekonomian dalam suatu tahun tertentu apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

7 2. Pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi ditambah dengan perubahan. Artinya adanya pembangunan ekonomi dalam suatu negara pada satu tahun tertentu tidak saja diukur dari kenaikan produksi barang dan jasa yang berlaku dari tahun ketahun tetapi juga perlu diukur dari perubahan lain yang berlaku dalam berbagai aspek kegiatan ekonomi seperti perkembangan pendidikan, teknologi, peningkatan dalam kesehatan, infra-struktur dan pendapatan serta kemakmuran masyarakat.

8 Oleh karenanya data pendapatan per kapita selalu digunakan untuk menggam- barkan taraf pembangunan ekonomi yang dicapai ber- bagai negara dan untuk menggambarkan tingkat perkembangannya dari tahun ketahun

9 Dalam literatur lain pembangunan ekonomi didefinisikan sebagai suatu proses yang menyebabkan pendapatan per kapita penduduk suatu negara meningkat secara terus menerus dalam jangka panjang. Hal ini sepertinya bertentangan dengan definisi terdahulu, namun karena belum ada alat ukur yang lebih sesuai, maka para ahli ekonomi menggunakan pendapatan per kapita untuk : – menunjukkan secara kasar tingkat kelajuan atau kecepatan pembangunan ekonomi dl setahun –M–Membandingkan tingkat kemakmuran yang dicapai berbagai negara

10 Pendapatan Per Kapita dan Kecepatan Pembangunan ekonomi Telah dijelaskan, tingkat pertumbuhan ekonomi menggambarkan tentang kenaikan riil dari produksi barang dan Jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam suatu tahun tertentu. Namun pertumbuhan ekonomi yang berlaku belum tentu melahirkan pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini terjadi bila pertumbuhan ekonomi lebih rendah dari tingkat pertumbuhan penduduk, sehingga pendapatan rata-rata masyarakat (pendapatan perkapita) akan mengalami penurunan.

11 Dengan demikian salah syarat penting yang akan mewujudkan pembangunan ekonomi adalah: tingkat (presentase) pertumbuhan ekonomi harus melebihi tingkat pertambahan penduduk. Dua cara dapat digunakan untuk menen- tukan tingkat kecepatan pertambahan pendapatan per kapita : 1.ΔY pk = ΔGDP riil – Δpenduduk

12 Y pk.1 – Y pk.0 ΔY pk = X 100 Y pk.0 dimana ΔY pk = pertambahan pendapaan per kapita pada tahun 1 Y pk.1 = pendapatan per kapita tahun 1 Y pk.0 = pendapatan perkapita tahun 0

13 Pendapatan per kapita sebagai pembanding tingkat kemakmuran Fungsi lain pendapatan per kapita dalam analisis pembangunan ekonomi adalah menggambarkan jurang kemakmuran di antara berbagai negara. Semakin tinggi pendapatn tersebut, semakin tinggi daya beli penduduk, ini berarti meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

14 Untuk itu nilai pendapatan per kapita di setiap negara perlu dinyatakan dalam dollar Amerika. Pendapatanberbagai golongan negara th 2001 Golongan negara Pendapatan per kapita (US$) Jumlah Penduduk (juta) Persentase Penduduk (%) 1. Neg. pendapatan rendah ,640,9 2. Golongan bawah negara berpendapatan menengah ,535,3 3. Golongan atas negara berpendapatan menengah ,78,2 4. Negara berpendapa- tan tinggi ,015,6

15 Kesimpulan yang bisa diambil dari tabel tersebut : 1. Terdapat jurang besar antara negara yang berpendapatan rendah dengan negara berpendapatan tinggi 2. Negara berpendapatan rendah meliputi 40,9% dari penduduk dunia 3. Yang tergolong negara berkembang terutama dari negara yang berpendapatan rendah dan golongan bawah berpendapatan menengah 4. Dua golongan pertama penduduknya mencapai 76,2% dari penduduk dunia

16 Pandangan ekonomi baru mengenai pembangunan Pembangunan sebagai proses multi dimensional yang menyangkut perubahan besar dalam struktur sosial, sikap, dan institusi nasional, disamping akselerasi pertumbuhan ekonomi, penurunan kesenjangan, dan penghapusan kemiskinan. Jadi pembangunan harus menunjukkan perubahan sistem sosial secara keseluruhan yg diarahkan pada kebutuhan dasar dan keinginan individu maupun kelompok-kelompok sosial dalam sistem tersebut.

17 Pembangunan dari Amartya Sen approach (1985) Pemb. Ekonomi berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan penduduk menyangkut kemampuan untuk berfungsi atau capability to function diatas ketersediaan barang dan jasa. Functioning adalah apa yg penduduk lakukan dgn brg dan jasa. Capability adalah kebebasan memilih diantara barang dan jasa yg tersedia. Jadi pembangunan tidak hanya uang dan pendapatan tetapi hrs melihat kesehatan dan pendidikan sebagai ukuran pembangunan yg lengkap.

18 3 nilai inti pembangunan 1. Dukungan, kemampuan memenuhi kebutuhan dasar. 2. Harga diri menjadi orang. 3. Bebas dari penguasaan dapat memilih.

19 3 Tujuan Pembangunan Pembangunan meliputi baik realitas fisik maupun situasi pikiran dimana masyarakat melalui proses sosial, ekonomi, institusional mendapatkan cara-cara untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. Jadi pembangunan harus mempunyai 3 tujuan pembangunan.

20 1. Meningkatkan tersedianya dan memperluas distribusi barang dan jasa spt pangan, tempat tinggal, pendidikan, kesehatan, dsb. 2. Mempertinggi tingkat hidup, termasuk pendapatan yang lbh tinggi, lap. pekerjaan yang lebih banyak, pendidikan yg lbh baik, dan perhatian yg lbh besar pd nilai nilai budaya dan kemanusiaan, semuanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan harga diri yg lebih besar.

21 3. Memperluas pilihan pilihan ekonomis dan sosial yang tersedia bagi individu dan bangsa dgn membebaskan dari penindasan dan ketergantungan serta bebas dari kebodohan dan penderitaan manusia.


Download ppt "PEMBANGUNAN EKONOMI & EKONOMI PEMBANGUNAN Pembangunan Ekonomi (Pembangu- nan) diartikan sebagai rangkaian usaha dalam suatu perekonomian untuk mengem-"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google