Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS) Metode dan Praktek Penelitian Sejarah Prodi ilmu sejarah (jurusan sejarah) fib - ugm.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS) Metode dan Praktek Penelitian Sejarah Prodi ilmu sejarah (jurusan sejarah) fib - ugm."— Transcript presentasi:

1 RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS) Metode dan Praktek Penelitian Sejarah Prodi ilmu sejarah (jurusan sejarah) fib - ugm

2 IDENTITAS MATA KULIAH Nama: Metode dan Praktek Penelitian Sejarah Kode : BDS 2310 / 5 sks Prasyarat : Pengantar Ilmu Sejarah Status: Wajib Prodi / pada Semester III

3 DISKRIPSI MATA KULIAH Dalam mata kuliah ini dibahas tentang konsep dasar langkah- langkah prosedur penelitian sampai dengan penulisan sejarah. Termasuk di dalamnya sumber-fakta sejarah, dan sejarah lisan, serta dilakukan praktek penelitian dan juga praktek penggunaan teknik penulisan sejarah, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

4 TUJUAN PEMBELAJARAN Dengan mengikuti pembelajaran ini, mahasiswa dapat mengetahui dan memahami konsep-konsep penting metode sejarah, serta mampu menje- laskannya. Lebih lanjut, mahasiswa akan mampu melakukan praktek peneltian sampai merekonstruksi sejarah dalam bentuk penulisan sejarah yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiyah.

5 Learning Outcome  Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan akan :  1. Mampu memahami dan menjelaskan prosedur- langkah-langkah penelitian dan teknik penulisan sejarah.  2. Mampu memahami dan dapat menjelas kan jejak/sumber/fakta sejarah  3. Mampu memilih topik, melakukan penelitian dengan langkah-langkah sestematik, terorganisasikan sesuai dengan metode sejarah  Mampu menrekonstruksi sejarah dengan perangkat teknik penulisan sejarah, hingga tewujud karya ilmiyah sejarah.

6 Materi Pembelajaran  1. Pengertian Metode Sejarah  2. Konsep-konsep dasar Metode Sejarah  3. Pengertian sumber & fakta sejarah  4. Pengertian Penelitian Ilmiyah-Sejarah  5. Memilih Topik & Mendesain Proposal  6. Prosedur penelitian & Teknik Pen.Sejh  7. Praktek Penelitian & Penulisan Sejrah

7 Waktu & Proses Pembelajaran  Perkuliahan satu semester dengan 5 sks  Waktu kuliah 14 minggu (28 pertemuan)  12 X digunakan membahas materi teoritik, pertemuan ke 13, ujian teoritik.  9X untuk praktek penelitian sejarah  6x untuk praktek penulisan sejarah  Diadakan pendampingan tiap kelompok (10 mahasiswa) satu dosen dan asisten.

8 Kegiatan Belajar Dalam Mingguan Minggu Ketopik /pokok bahasanMetode dan kegiatan Pertama 2 X pertemuan Kontrak Pembelajaran dan Penjelasan tentang RPKPS Metode & Praktek Penelitian Sejarah Pengertian tentang Metode Sejarah Metode Sejarah & Metodologi Sejarah Metode Sejarah & Historiografi a)Ceramah didukung paparan power point. b)Diskusi kelompok pendalaman (tiap kelompok didampingi oleh dosen) Kedua 2X pertemuan Konsep – konsep dasar pengertian tentang: Peristiwa atau kejadian yang menyejarah Trace ( Jejak-jejak Sejarah ) sebagai Sumber Sejarah Historical Fact ( Fakta Sejarah ) a.Pre – Test (Bahan Ajar ada di e-lisa) b.Diskusi kelompok (didampingi dosen) c.Pendalaman dengan paparan Ketiga 2X pertemuan Konsep-konsep dasar tentang : Heuristik ( Pengumpulan Sumber Sejarah tertulis ) Sejarah Lisan ( Pengumpulan Sumber Sejarah Informasi Lisan ) Sumber Tradisi Lisan a.Pre-test (bacaan dari Bahan Ajar di e- lisa) b.Diskusi kelom- pok dengan di- dampingi dosen c.Pendalaman dengan paparan power-point.

9 Minggu Ketopik /pokok bahasanMetode dan kegiatan Keempat 2X pertemuan Konsep-konsep dasar tentang : Verifikasi (pengelolaan/ klasifikasi sumber sejarah) Aufasung ( intepretasi sejarah ) Imajinasi Sejarah a.Pre-test (hasil baca Bahan Ajar dari e-lisa dan literatur lain ) b.Diskusi kelompok. c.Pendalaman dengan paparan power-point. Kelima 2X pertemuan Konsep-konsep dasar tentang: Sintesis Sejarah (Rekonstruksi Sejarah) Narasi Sejarah (Pengkisahan Sejarah) Bentuk penulisan Sejarah (Diskriptif Naratif dan Diskriptif Analisis ) 1.Pre-test ( hasil baca dari Bahan Ajar di e-lisa dan literature lain ) 2.Ceramah didukung power- point 3.Post-tes Keenam 2X pertemuan Dasar-dasar Teknik Penulisan Sejarah: Proposal Penelitian Sejarah Sistematika Penulisan Teks dan Bahasa Penulisan Sejarah. Referensi Material dan Kutipan Catatan Kaki dan Daftar Pustaka 1.Ceramah dan penayangan beberapa contoh 2.Alat peraga untuk penjelasan 3.Latihan ketrampilan teknis da- lam penulisan sejarah ( didam pingi dosen ).

10 Minggu Ketopik /pokok bahasanMetode dan kegiatan Keempat 2X pertemuan Konsep-konsep dasar tentang : Verifikasi (pengelolaan/ klasifikasi sumber sejarah) Aufasung ( intepretasi sejarah ) Imajinasi Sejarah a.Pre-test (hasil baca Bahan Ajar dari e-lisa dan literatur lain ) b.Diskusi kelompok. c.Pendalaman dengan paparan power-point. Kelima 2X pertemuan Konsep-konsep dasar tentang: Sintesis Sejarah (Rekonstruksi Sejarah) Narasi Sejarah (Pengkisahan Sejarah) Bentuk penulisan Sejarah (Diskriptif Naratif dan Diskriptif Analisis ) 1.Pre-test ( hasil baca dari Bahan Ajar di e-lisa dan literature lain ) 2.Ceramah didukung power- point 3.Post-tes Keenam 2X pertemuan Dasar-dasar Teknik Penulisan Sejarah: Proposal Penelitian Sejarah Sistematika Penulisan Teks dan Bahasa Penulisan Sejarah. Referensi Material dan Kutipan  Catatan Kaki dan Daftar Pustaka 1.Ceramah dan penayangan beberapa contoh 2.Alat peraga untuk penjelasan 3.Latihan ketrampilan teknis da- lam penulisan sejarah ( didam pingi dosen ).

11 Minggu Ketopik /pokok bahasanMetode dan kegiatan Ketujuh 2X pertemuan Evaluasi Pembelajaran Tengah Semester Ujian Teoritik untuk cheking pengetahuan dan pemahaman tentang Metode Sejarah a.Mahasiswa membuat soal, dikumpulkan. b.Diseleksi, diperbaiki oleh dosen c.Soal diujikan. Kedelapan 2X pertemuan Memilih dan menentukan Topic Praktek membuat Proposal Evaluasi & review Draft Proposal a.Ceramah didukung paparan power point b.Tanya jawab c.Diskusi Kesembilan dan Kesepuluh 4x Pertemuan Penelusuran Sumber Sejarah: Penelitian Pustaka Penelitian Arsip Seleksi Sumber (berdasar relevansi) Kritik Sumber : a.Kritik Ekstenal dan b. Kritik Internal b.Mumbuat Kutipan Sumber Mahasiswa melakukan kerja lapangan. Setiap kelompok didampingi oleh dosen.

12 Minggu Ketopik /pokok bahasanMetode dan kegiatan Kesebelas 2 X pertemuan Penelusuran Sumber Sejarah Lisan : Wawancara dengan sumber lisan Transkripsi hasil wawancara Membuat Kutipan Sumber Lisan Mahasiswa mengadakan wawancara dengan sumber lisan, satu kelompok didampingi seorang dosen. Keduabelas 2 X pertemuan Mengelola dan mengelompokkan sumber sejarah. Penulisan Laporan Penelitian Draf awal Mahasiswa melakukan pengelompokan sumber sejarah menurut sistematikanya, dilanjutkan penulisan draft awal. Ketigabelas 2 X pertemuan Review dan pembahasan draft awal laporan penelitian Seminar Hasil Penelitian dan Revisi Keempatbelas 2 X pertemuan Finalisasi Laporan Hasil Praktek Penelitian dan Penulisan Sejarah (sebagai tugas akhir pekuliahan dan pengganti Ujian Akhir Semester ) Mahasiswa menyerahkan Laporan Hasil (praktek) Penelitian dan Penulisan Sejarah.

13 Bentuk Evaluasi Proses evaluasi pada bembelajaran metode sejarah dan praktek penelitian sejarah ini akan dijalankan atas komponen-komponen sebagai berikut :  Evaluasi atas daya serap mahasiswa Evaluasi atas daya serap mahasiswa Evaluasi atas daya serap mahasiswa  Evaluasi terhadap dosen dan asisten Evaluasi terhadap dosen dan asisten Evaluasi terhadap dosen dan asisten

14 Evaluasi atas daya serap mahasiswa Evaluasi atas daya serap mahasiswa  Tes awal untuk mengechek apakah mahasiswa sudah belajar buku ajar yang telah disampaikan sebelumnya (baik melalui e-learning atau dibagikan sebelumnya)  Melalui diskusi kelas dan diskusi dalam mentoring (pendalaman)  Ujian tengah semester dengan ujian kelas, dalam rangkan untuk mengukur capaian pengetahuan dan pemahaman mahasiswa pada materi pembelajaran yang telah diberikan  Ujian akhir semester, untuk mengukur kompetensi kemampuan menjelaskannya. (bentuk hasil karya ilmiah dan diseminarkan).

15 Evaluasi terhadap dosen dan asisten Evaluasi terhadap dosen dan asisten  Evaluasi internal dilakukan oleh tim dosen dan asisten terhadap jalannya perkuliahan, tutorial, mentoring/pendampingan ( dilakukan dalam sebulan sekali, kecuali ada kasus yang mendesak, akan dilakukan sesegera mungkin ). Dengan demikian segala permasalahan akan segera dapat diatasi.  Evaluasi dari mahasiswa pada tim dosen dan asisten, berupa kritik, saran, dan masukan untuk memperbaiki dan lebih menyempurnakan proses pembelajaran.

16 Proposi Evaluasi Mahasiswa Proporsi dari bentuk evaluasi bagi mahasiswa ditentukan sebagai berikut:  Pre-test dan post-test %  Ujian tengah semester ……………………………… 30%  Mentoring ( diskusi & seminar) …………………….10%  Tugas akhir (karya ilmiah sejarah) …………………45%  Kehadiran dalam perkuliahan ……………………….10%

17 Sumber Informasi dan Refrensi Sumber informasi untuk mendukung proses pembelajaran ini adalah, pertama perpustakaan, dan juga kedua situs internet, selain itu dianjurkan para mahasiswa mengikuti forum-forum ilmiah (seminar, lokakarya, dan sebagainya ). Adapun sebagai sumber referensi, dapat dibaca literature antara lain di bawah ini: Ahmad Adaby Darban, “ Sejarah Lisan: Memburu sumber sejarah dari pelaku dan penyaksi peristiwa sejarah. Dalam majalah” Humaniora, No.4/1999.: Yogyakarta: Bagian Penerbitan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, 1999 Campbell, W.G. & Stephen V.Ballou, From and Style: Theses, Reports, Term Papers. Boston: Houghton Mifflin, Barnes, Harry Elmer, A History of Historical Writting. New York: Dover Publication, Ltd Bloch, Marc. The Historian’s Craft. New York: Vintage Books, Burke, Peter (ed.), New Perspective on Historical Writing. Cambridge: Polity Press, Garraghan, Gilbert J, A Guide to Historical Method. New York: Fordham University Press, Gottschalk, Louis, Understanding History: A Primer of Historical Method New York: Alfred A. knopf Publisher, Hoops, James, Oral History : An Introduction for Students. Chapel Hill: The University of North Carolina Press, 1980.

18 Sumber Informasi dan Refrensi Jordanova, Ludmilla, History in Practice. New York: Oxford University Press, Kent, Sherman, Writing History. New York: Appleton Century Crofts, Kuntowijoyo, Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Jurusan Sejarah FIB UGM be-kerjasama dengan PT. Tiara wacana Yogya, Agustus __________, Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Bentang, Munslow, Alun, Narrative and History. New York: Palgrave Macmillan,2007. Renier, G.J., History : Its Purpose and Method. London : George Allen & Unwin Ltd., 1950 Storey, William Kelher, Writing History: A Guide for Students, New York: Oxford University Press, 2004 Tosh, John, The Pursuit 0f History: Aims, Methods and New Directions in the Study of Modern History. New York : Longman Group Limited, 1985.

19 Cekap Semanten, ……Matur Nuwun Sejarah FIB UGM, Agustus 2009


Download ppt "RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS) Metode dan Praktek Penelitian Sejarah Prodi ilmu sejarah (jurusan sejarah) fib - ugm."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google