Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Gerbang Logika UP. Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Gerbang Logika UP. Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi."— Transcript presentasi:

1 Gerbang Logika UP. Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi

2 Logic Gate (Gerbang Logika) Logic Gate (Gerbang Logika) Logic Gate (Gerbang Logika) adalah merupakan dasar pembentuk sistem digital Gerbang logika beroperasi dengan bilangan biner, sehingga disebut juga gerbang logika biner. Tegangan yang digunakan dalam gerbang logika adalah TINGGI atau RENDAH. Tegangan tinggi berarti 1, sedangkan tegangan rendah berarti

3 UP. Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi GERBANG AND Keterangan: A & B adalah saklar Y adalah lampu INPUTOUTPUT ABY Tabel Kebenaran Simbol Gerbang AND Gerbang AND digunakan untuk menghasilkan logika 1 jika semua masukan mempunyai logika 1, jika tidak maka akan dihasilkan logika 0.

4 GERBANG OR GERBANG OR INPUTOUTPUT ABY Keterangan: A dan B =Saklar Y= lampu Tabel kebenaran Simbol Gerbang OR UP. Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Gerbang OR akan memberikan keluaran 1 jika salah satu dari masukannya pada keadaan 1. jika diinginkan keluaran bernilai 0, maka semua masukan harus dalam keadaan 0.

5 GERBANG NOT Jika saklar dibuka maka berlogika 0, jika saklar ditutup disebut berlogika 1. INPUTOUTPUT AY Simbol Gerbang NOTTabel Kebenaran UP. Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Gerbang NOT adalah gerbang yang mempunyai sebuah input dan sebuah output. Gerbang NOT berfungsi sebagai pembalik (inverter), sehingga output dari gerbang ini merupakan kebalikan dari inputnya.

6 GERBANG NAND  Operasi dari gerbang NAND ekivalen dengan gerbang AND yang diikuti inverter (gerbang NOT) : Menjadi: InputOutput ABY Tabel kebenaran NAND sebagai sakelar UP. Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Gerbang NAND akan mempunyai keluaran 0 bila semua masukan pada logika 1. sebaliknya jika ada sebuah logika 0 pada sembarang masukan pada gerbang NAND, maka keluaran akan bernilai 1.

7 GERBANG NOR Gerbang NOR ekivalen dari OR gate yang diikuti dengan inverter(gerbang NOT). menjadi: NOR dengan saklar InputOutput ABY Tabel Kebenaran UP. Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Gerbang NOR akan memberikan keluaran 0 jika salah satu dari masukannya pada keadaan 1. jika diinginkan keluaran bernilai 1, maka semua masukannya harus dalam keadaan 0.


Download ppt "Gerbang Logika UP. Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google