Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Capitalized Worth Methode Metode ini menentukan nilai ekivalen sekarang (PW) dari semua pendapatan dan atau pengeluaran selama periode waktu yang tidak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Capitalized Worth Methode Metode ini menentukan nilai ekivalen sekarang (PW) dari semua pendapatan dan atau pengeluaran selama periode waktu yang tidak."— Transcript presentasi:

1 Capitalized Worth Methode Metode ini menentukan nilai ekivalen sekarang (PW) dari semua pendapatan dan atau pengeluaran selama periode waktu yang tidak berhingga, dan digunakan asumsi perulangan. CW atau nilai sekarang (PW) dari deret uniform akhir periode A yang terus menerus, dengan tingkat bunga i% per periode adalah A(P/A,i%,  ). Untuk N  , (P/A,i%,  )  1/i, sehingga CW:

2 Alternatif Investasi dalam entuk Kombinasi Proyek Peluang investasi (proyek) dikategorikan menjadi tiga golongan, yaitu: – Mutually exclusive: proyek yang dipilih paling banyak hanya satu. – Independent (bebas): pilihan atas suatu proyek tidak tergantung pada pilihan dari proyek lain di dalam kelompok, sehingga bisa dipilih satu atau semua atau beberapa dari proyek yang ada. – Contingent (bergantung): pemilihan suatu proyek tergantung pada pilihan satu atau lebih proyek lain.

3 Dalam pengambilan keputusan merupakan hal yang biasa untuk menentukan jenis proyek tersebut, sifatnya eksklusif satu sama lain, independen dan/atau contingent. kombinasi-kombinasi proyek ini sangat berguna untuk menentukan alternatif mana yang mungkin dijalankan berdasarkan arus kas dan modal awalnya pada beberapa proyek yang bersifat eksklusif, independen atau contingent.

4 Jawaban Pemicu Soal 2 2. Alternatif mana yang lebih ekonomis menurut Anda? Jawab: Asumsi 1 : Menggunakan Teknik Perulangan Periode analisisnya ditentukan dengan menggunakan KPK dari umur manfaat kedua alternative yaitu 12 tahun. Nilai ekivalen yang digunakan adalah present worth method.(PW)

5 Untuk Solar Sar, tolong bikinin cash flow yang bagusan dunk…hheheheh…

6 Total Pengeluaran Tahunan Bila Menggunakan Solar: -Biaya bahan bakar Mileage untuk solar = 35 km/ liter sementara harga solar 1 liter = 48 cen. Rata-rata pemakaian taxi per tahun adalah 50,000km maka total biaya tahunan untuk bahan bakar taxi tersebut adalah [50,000/ 35] x 48 c = cen = $ 685,71 (ingat, 1 cen = $0.01 ) -Biaya Reparasi tahunan  $300 -Biaya Premi Asuransi tahunan  $500 TOTAL BIAYA TAHUNAN : biaya bahan bakar + biaya reparasi tahunan + biaya premi asuransi tahunan $ $ $500 = $

7 Total Pemasukan Bila Menggunakan Solar: Nilai Sisa Akhir Tahun ke-4  $2,000 PW solar = PW kas masuk – PW kas keluar PW solar = $2,000( P/F,6%,4) -$13,000 - $ (P/A,6%,4) = $

8 Untuk Bensin Bikinin cash flownya dunk…

9 Total Pengeluaran Bila Menggunakan Bensin Biaya bahan bakar Mileage untuk solar = 28 km/ liter sementara harga bensin 1 liter = 51 cen. Rata-rata pemakaian taxi per tahun adalah 50,000km maka total biaya tahunan untuk bahan bakar taxi tersebut adalah [50,000/28] x 51 cen = = $ Biaya reparasi tahunan  $200 -Biaya Premi Asuransi tahunan  $ 500 TOTAL BIAYA TAHUNAN : $ $200 +$500 = $

10 Total Pemasukkan Bila Menggunakan Bensin: Nilai Sisa Pada Akhir tahun ke-3  $3,000 PW bensin = PW kas masuk – PW kas keluar PW bensin = $3,000( P/F,6%,3 ) - $12,000 – ( P/A, 6%, 3 ) = $

11 PW solar = $ sementara PW bensin = Syarat Keekonomisan Suatu Investasi : Bila PW kas masuk – PW kas keluar ≥ 0. Namun, pada kasus soal di atas kedua nilai PW memberikan nilai negative, PW≤ 0, sehingga untuk menentukan syarat keekonomisan diantara keduanya adalah PW yang nilai negatifnya lebih kecil. Oleh karena itu yang lebih ekonomis adalah bahan bakar bensin.

12 Asumsi 2 : Menggunakan Teknik Pengakhiran Nilai ekivalen yang digunakan adalah future worth method ( FW ) Dengan biaya tahunan $ ( perhitungan pada bagian sebelumnya ), harga mobil $ 13,000 untuk bensin dan $ 12,000 untuk solar serta nilai sisa di akhir tahun ke-4 untuk solar $ 2,000 dan nilai sisa di akhir thun ke-3 untuk bensin $ 2,000, maka

13 Untuk Solar: FW solar = FW masuk – FW keluar FW solar = $2,000 - $13,000(F/P,6%,4) – $ ( F/A,6%,4) = $ Untuk Bensin: FW bensin = FW masuk – FW keluar FW bensin = $3,000 - $12,000(F/P,6%,3) – $ ( F/A,6%,3) = $

14 Syarat Keekonomisan Suatu Investasi : Bila FW kas masuk – FW kas keluar ≥ 0. Namun, pada kasus soal di atas kedua nilai FW memberikan nilai negative, FW≤ 0, sehingga untuk menentukan syarat keekonomisan diantara keduanya adalah FW yang nilai negatifnya lebih kecil. Oleh karena itu yang lebih ekonomis adalah bahan bakar bensin. Dengan menggunakan 2 buah asumsi didapatkan hasil yang sama, yakni bahan bakar bensin lebih ekonomis daripada solar.

15 3. Termasuk alternative apakah alternative pada kasus di atas? Bagaimana criteria keekonomiannya? Ada berapa jenis alternative yang Anda ketahui dan bagaimana menentukan criteria keekonomiannya?

16 Alternatif pada soal ke (3) merupakan alternatif biaya yaitu hanya memperhitungkan arus kas keluar dan nilai sisa di akhir umur proyek. Kriteria keekonomiannya ialah alternatif dengan nilai ekivalen negatif terkecil yang dipilih. Baik nilai ekivalen dengan menggunakan AW, PW atupun FW.

17 Jenis alternatif ada 2 yaitu: Alternatif investasi Alternatif investasi adalah alternatif dengan investasi modal awal yang menghasilkan aliran kas positif dari peningkatan pendapatan, penghematan melalui pengurangan biaya, atau keduanya. Kriteria keekonomiannya ialah memililih nilai ekivalen alternatif yang terbesar, atau apabila PW yang dihasilkan dari selisih > 0, maka tambahan modal yang diinvestasikan oleh alternatif yang satu dinilai menguntungkan, sehingga investor memilih alternatif yang satu dibandingkan yang lain.

18 Alternatif biaya Alternatif biaya adalah alternatif yang memperhitungkan semua aliran kas negatif dan nilai sisa aset pada akhir umur proyek. Kriteria keekonomiannya ialah alternatif dengan nilai ekivalen negatif terkecil yang dipilih atau apabila alternatif yang satu memiliki nilai PW lebih kecil dari alternatif yang lain.


Download ppt "Capitalized Worth Methode Metode ini menentukan nilai ekivalen sekarang (PW) dari semua pendapatan dan atau pengeluaran selama periode waktu yang tidak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google