Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELAS POLYCHAETA. Polychaeta, salah satu kelompok cacing laut yang mempunyai karakteristik tubuhnya bersegmen; masing-masing segmen memiliki sepasang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELAS POLYCHAETA. Polychaeta, salah satu kelompok cacing laut yang mempunyai karakteristik tubuhnya bersegmen; masing-masing segmen memiliki sepasang."— Transcript presentasi:

1 KELAS POLYCHAETA

2 Polychaeta, salah satu kelompok cacing laut yang mempunyai karakteristik tubuhnya bersegmen; masing-masing segmen memiliki sepasang tonjolan seperti daging yang disebut parapodia dan setae, yang digunakan untuk penamaan kelas.

3 Polychaeta adalah anggota yang berlimpah dari komunitas penghuni dasar mulai dari pantai sampai laut dalam. Lebih dari individu per m 2 mungkin ditemukan dalam beberapa tempat. Lebih dari 5300 jenis yang dikenal; kebanyakan memiliki panjang kurang dari 10 cm ( 3,9 inci). Berasal dari bahasa Yunani “poly” berarti banyak dan “chaeta” berarti setae atau sikat. Umumnya berukuran panjang 5-10 cm dengan diameter 2-10 mm. Bentuk anatomi dan morfologi sangat beragam.

4 Morfologi dan Anatomi Parapodia pada umumnya berbentuk datar dan mempunyai dua cuping (notopodium dan neuropodium), masing-masing terdapat setae. Pada cacing api, setae dibuat dari zat kapur dan mengandung racun. Parapodia digunakan untuk bergerak atau untuk menciptakan arus untuk makan dan ventilasi. Kepala berisi otak dan organ saraf, termasuk mata, antena, mekanik dan chemoreceptors, dan mulut. Mata mungkin sederhana, pigmen cangkir peka cahaya, atau mereka mungkin lebih rumit dan mampu untuk membentuk gambar.

5

6 Mulut mengarah ke pharynk, suatu bagian yang berotot dari kerongkongan, dilengkapi taring yang tajam, yang dapat melengkung keluar menonjol pada mulut untuk menyambar mangsa. Beberapa jenis mempunyai kelenjar racun dan dapat menyebabkan gigitan beracun.

7 Polychaeta memiliki sistem sirkulasi cairan dan bernafas dengan cara pertukaran gas melalui parapodia atau permukaan insang. Potongan melintang Polychaeta

8

9 Beberapa spesies hidup selamanya dalam lubang yang mereka bor, makan dengan cara menelan pasir atau lumpur, mencerna bahan organik, dan membuang sisanya. Cacing Christmas tree menggunakan anggota badan mereka untuk menyaring makanan, sementara tentakelnya yang lain berada di atas permukaan untuk mengumpulkan detritus yang dapat dimakan. Sedikitnya satu spesies, yaitu cacing api, bersifat bioluminescent. Spesies yang hidup di zona pelagis (perairan pada kedalaman 180 m) sering kali transparan. Mereka kemungkinan predator, pemakan detritus, atau herbivor. Polychaeta yang menetap meliputi pengebor, penggali dan pembuat tabung. Parapodia dan kepala tereduksi atau memiliki adaptasi yang khusus.

10 Reproduksi Polychaeta memiliki kelamin yang terpisah dan gamet dilepaskan langsung ke lingkungan. Beberapa spesies secara teratur berkumpul dalam kerumunan perkawinan. Menemukan pasangan merupakan masalah tersendiri bagi spesies sedentari. Untuk mengatasinya, bagian ujung dari tubuh khusus digunakan untuk memproduksi gamet. Bagian itu terpisah dan bergerak sendiri menuju permukaan untuk melepaskan gamet. Ujung kepala tetap berada di dalam lubang, dan ujung belakang tumbuh kembali. Proses ini disebut epitoky. Epitoky dari polychaeta Samoan tertentu dipanen oleh manusia sebagai makanan yang lezat. Perkawinan biasanya berhubungan dengan siklus matahari (cacing api cukup terkenal dengan kebiasaan ini).

11 Clam Worm clam worm, salah satu polychaeta, bergerak di dalam air dengan cara menggerakkan parapodia atau tonjolan daging dengan irama yang sama. Polychaeta hidup di atas permukaan dasar laut pada perairan dangkal maupun laut dalam.


Download ppt "KELAS POLYCHAETA. Polychaeta, salah satu kelompok cacing laut yang mempunyai karakteristik tubuhnya bersegmen; masing-masing segmen memiliki sepasang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google