Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PARAGRAF PENGANDAIAN, PERBANDINGAN, PERTENTANGAN, DAN SEBAB AKIBAT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PARAGRAF PENGANDAIAN, PERBANDINGAN, PERTENTANGAN, DAN SEBAB AKIBAT."— Transcript presentasi:

1 1 PARAGRAF PENGANDAIAN, PERBANDINGAN, PERTENTANGAN, DAN SEBAB AKIBAT

2 2 Paragraf : Karangan yang terbentuk dari satu atau beberapa kalimat yang saling berhubungan dan mempunyai satu pikiran utama.

3 3 Paragraf yang baik harus memenuhi kriteria: ~ memiliki satu ide atau satu pikiran utama dan beberapa Pikiran penjelas. utama dan beberapa Pikiran penjelas. ~ antarkalimat saling bertautan (berkoherensi) sehingga membentuk satu kesatuan. sehingga membentuk satu kesatuan.

4 4  Paragraf hubungan pengandaian atau disebut juga penggabungan kalimat menyatakan pengandaian merupakan karangan yang terbentuk dari beberapa kalimat yang saling berhubungan dengan kata penghubung : - andai - andaikan - andaikata - andaipun - jika - kalau - jikalau - bila - bilamana - apabila - dan sebagainya

5 5 Contoh 1 Kemacetan lalu lintas selalu terjadi di simpang tiga Tajur. Kemacetan itu akan terus terjadi jika jalan itu tidak diperlebar. Pelebaran jalan tidak akan dapat dilakukan jika rumah kecil di sudut jalan tidak dibongkar. Pembongkaran rumah kecil itu tidak akan mengalami kesulitan andaikata Lurah Tajur mengusahakan pendekatan dengan pemilik rumah.

6 6 Dalam paragraf di atas, persoalan terletak pada kalimat Kemacetan lalu lintas selalu terjadi di simpang tiga Tajur. Dalam paragraf di atas, persoalan terletak pada kalimat Kemacetan lalu lintas selalu terjadi di simpang tiga Tajur. Kalimat selanjutnya adalah kalimat penjelas yang dikembangkan dengan hubungan pengandaian. Kalimat selanjutnya adalah kalimat penjelas yang dikembangkan dengan hubungan pengandaian. Kata- kata yang menjadi ciri pengandaian dalam paragraf itu adalah jika dan andaikata. Kata- kata yang menjadi ciri pengandaian dalam paragraf itu adalah jika dan andaikata.

7 7 Contoh 2 Pada awal abad kesembilan belas daerah Melayu dipaksa menjadi dua bagian, yaitu Johor dan Riau Laut. Daerah Johor dikuasai oleh Inggris, sedangkan daerah Riau dikuasai oleh Belanda. Daerah ini tentu tidak akan terpecah dua andaikata Inggris dan Belanda tidak memperebutkannya. Kata andaikata merupakan ciri paragraf pengandaian.

8 8  Paragraf hubungan perbandingan atau disebut juga penggabungan kalimat menyatakan perbandingan merupakan karangan yang terbentuk dari beberapa kalimat yang saling berhubungan dengan kata penghubung : - ibarat- bagai - laksana- bagaikan - seperti- sebagaimana - lebih…daripada

9 9 Paragraf hubungan biasanya digunakan membahas dau hal atau dua objek berdasarkan persamaan atau perbedaannya.

10 10 Contoh 1 Peristiwa itu menyadarkan kita agar mewaspadai bahaya petir yang tersembunyi di kawasan industri. Juga mengingat bahwa petir lebih sering menghantam daerah industri daripada daerah- daerah lain yang bukan kawasan industri.

11 11 Paragraf perbandingan berguna untuk membahas suatu persoalan sehingga jelas daripada hanya dengan berputar pada persoalan itu sendiri. Kata lebih … daripada merupakan ciri paragraf perbandingan.

12 12 Contoh 2 Bagai anak kehilangan anutan, siswa- siswa dan guru – guru SMP Taruna merasa sangat kehilangan atas kepergian Ibu Anita. Beliau adalah kepala sekolah yang mengabdikan jiwa dan raganya demi pendidikan. Kata bagai merupakan ciri paragraf perbandingan.

13 13  Paragraf hubungan pertentangan atau disebut juga penggabungan kalimat yang menyatakan pertentangan merupakan karangan yang terbentuk dari beberapa kalimat yang saling berhubungan dengan kata penghubung : - namun- tetapi - akan tetapi- sedangkan

14 14 Paragraf hubungan pertentangan biasanya digunakan untuk mempertentangkan / menjelaskan perbedaan atau pertentangan-pertentangan. Bagian kalimat yang satu menyanggah bagian kalimat sebelumnya.

15 15 Contoh 1 Senang sekali aku bergaul dengannya. Tidak hanya keramahannya, yang membuatku betah duduk di sampingnya adalah caranya dalam berbicara. Ia begitu santun walaupun orang yang dihadapannya itu anak kecil. Namun, keasyikanku bergaul dengannya tiba-tiba berubah menyeramkan bila adiknya datang. Anak kecil itu begitu cerewet dan cengeng. Watak kedua saudara itu memang berbeda dalam banyak hal. Mudah tersinggung, itulah sifatnya yang paling membuatku jengkel. Senang sekali aku bergaul dengannya. Tidak hanya keramahannya, yang membuatku betah duduk di sampingnya adalah caranya dalam berbicara. Ia begitu santun walaupun orang yang dihadapannya itu anak kecil. Namun, keasyikanku bergaul dengannya tiba-tiba berubah menyeramkan bila adiknya datang. Anak kecil itu begitu cerewet dan cengeng. Watak kedua saudara itu memang berbeda dalam banyak hal. Mudah tersinggung, itulah sifatnya yang paling membuatku jengkel.

16 16 Kata namun dan bila merupakan ciri dalam kalimat hubungan pertentangan.

17 17 Contoh 2 Satu kejadian yang saya alami pada hari Senin membuat saya merasa sedikit kagum. Pada hari itu dompet saya tertinggal di dalam taksi, tetapi Selasa pagi dompet beserta isinya sudah kembali lagi.Begituolah yang saya alami. Terima kasih Pak Sopir Taksi.

18 18 Kata tetapi merupakan kata penghubung untuk menyatakan kalimat hubungan pertentangan. Kata tetapi merupakan kata penghubung untuk menyatakan kalimat hubungan pertentangan.

19 19  Paragraf hubungan sebab akibat disebut juga penggabungan kalimat yang menyatakan hubungan sebab akibat merupakan karangan yang terbentuk dari beberapa kalimat yang saling berhubungan dengan kata penghubung: - sebab- karena - sebab itu- karena itu - sehingga- sampai-sampai - maka - dan sebagainya

20 20  Paragraf sebab – akibat - dimulai dengan mengemukakan fakta yang menjadi sebab. menjadi sebab. - menuju simpulan yang menjadi akibat.  Paragraf akibat - sebab - dimulai dengan mengemukakan fakta-fakta yang menjadi akibat. yang menjadi akibat. - kemudian dianalisis untuk mencari penyebabnya.

21 21 Contoh 1 Contoh 1 Pesatnya pembangunan di Jawa Barat berdampak positif pada semakin tingginya tingkat kemakmuran masyarakat. Kondisi ini menjadikan tuntutan kebutuhan dasar manusia akan perumahan cenderung semakin mudah terpenuhi karena didukung oleh menurunnya suku bunga kredit perumahan. Dalam paragraf tersebut memperlihatkan hubungan sebab akibat dengan menggunakan kata karena.

22 22 Contoh 2 Contoh 2 Adit adalah anak yang pemalas. Tiap hari di kelas kerjanya hanya mengganggu temannya. Dia suka bolos, padahal gurunya sudah menasihatinya. Peringatan dari guru selalu diabaikannya. Di rumah pun dia tidak pernah belajar. Kesukaannya hanya bermain. Akibatnya, pada saat kenaikan kelas, Adit satu-satunya anak yang tinggal kelas.

23 23 Dalam paragraf tersebut terdapat kata akibatnya sebagai penanda adanya hubungan sebab akibat.

24 24 Contoh 3 Contoh 3 Ada saja perangko yang ditarik dari peredaran. Hal tersebut terjadi akibat terdapat kesalahan- kesalahan yang cukup mengganggu. Nasib demikian dialami perangko seri flora dan fauna terbitan 1994 yang dicetak Perum Peruri atas pesanan Ditjen Postel.Uniknya, tiba-tiba saja harga perangko itu melonjak.

25 25 Latihan ! 1.Didit bertanya dalam hati, mengapa bangun pagi selalu dikaitkan dengan kebiasaan untuk tertib. Seolah-olah mereka yang bangun pagi lebih tertib daripada yang bangun siang. Memang dia tidak pernah melihat Kak Anto mengantarkan koran pada pukul pagi atau menyaksikan semua kegiatan yang dilakukannya pagi-pagi. Akan tetapi apakah perlu dia menyaksikan semua kejadian itu ?

26 26 Kalimat pada paragraf di atas menyatakan hubungan …. Jawaban : perbandingan dan pertentangan.

27 27 2. Walaupun tidak ada ulangan, Andi tetap belajar. Kebiasaan itu dilakukan karena dia ingin pandai seperti kakaknya. Kalau pandai, dia akan membantu temannya yang kurang. Dia tidak ingin ada temannya yang tinggal kelas. Paragraf di atas menyatakan hubungan …. Jawaban : sebab akibat dan pengandaian.

28 28 3. Tidak sampai hati aku melihat daerah itu. Mereka terpaksa harus memperbaiki rumah yang rusak karena gempa. Banyak para dermawan datang untuk memberi bantuan. Walaupun begitu mereka menerima semua cobaan hidup ini dengan hati yang tabah.

29 29 Kalimat dalam paragraf tersebut yang mempunyai hubungan sebab akibat terdapat pada kalimat…. Jawaban : Mereka terpaksa harus memperbaiki rumah yang rusak karena gempa. rumah yang rusak karena gempa.

30 30 4. Tingkah laku Amin yang tak senonoh membuat orang tidak senang padanya. Istrinya, orang yang seharusnya dekat dengan Amin, tidak menyukai suaminya. Tetangga dekat jarang yang mau bersahabat dengan Amin. Teman-teman sekerjanya pun hanya berhubungan kalau tidak bisa mengelak lagi. Apalagi kepala kantor tempat Amin bekerja tidak pernah menyapanya. Paragraf di atas mengandung kalimat hubungan…. Paragraf di atas mengandung kalimat hubungan….

31 31 Pembahasan: Pembahasan: Sebuah paragraf, adakalanya menyatakan sesuatu secara implisit, kadang tidak memakai kata penghubung. Sebab : tingkah laku Amin tidak senonoh. Akibat : orang tidak senang kepadanya.

32 32 5. Pantai adalah salah satu lokasi untuk mencari penghidupan banyak orang. Jika tidak dijaga kebersihannya, kehidupan terancam bahaya. Paragraf tersebut dikembangkan dengan hubungan….

33 33 Jawaban : hubungan pengandaian ( jika ) Jawaban : hubungan pengandaian ( jika )

34 34 6. Bagi anggota, meningkatnya minat melakukan perjalanan ke ASEAN merupakan sebuah keberuntungan. Hal tersebut akan berdampak semakin banyaknya persaingan di antara anggota. Oleh karena itu, semangat persatuan di antara anggota harus dipertahankan agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat.

35 35 Menjual ASEAN sebagai daerah wisata tunggal serta mempromosikan perjalanan intraregional merupakan usaha kongkrit ke arah itu.

36 36 Paragraf di atas mengandung kalimat hubungan…. Jawaban : sebab akibat

37 37


Download ppt "1 PARAGRAF PENGANDAIAN, PERBANDINGAN, PERTENTANGAN, DAN SEBAB AKIBAT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google