Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Chapter Two Ethics and Social Responsibility. Business Ethics Defined Ethics – Etika adalah studi tentang benar dan salah dan moralitas individu dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Chapter Two Ethics and Social Responsibility. Business Ethics Defined Ethics – Etika adalah studi tentang benar dan salah dan moralitas individu dalam."— Transcript presentasi:

1 Chapter Two Ethics and Social Responsibility

2 Business Ethics Defined Ethics – Etika adalah studi tentang benar dan salah dan moralitas individu dalam membuat pilihan. – Keputusan etis adalah salah satu yang benar menurut standart perilaku. Business ethics – Etika bisnis adalah penerapan standart moral untuk situasi bisnis.

3 Ethical Issues Fairness and honesty – Pelaku bisnis diharapkan untuk menahan diri dari kesengajaan menipu, membuat keliru dan mengintimidasi orang lain. Organizational relationships – Pelaku bisnis harus meletakkan kesejahteraan orang lain dan organisasi diatas kesejahteraan dirinya sendiri. Conflict of interest – Masalah akan timbul ketika pelaku bisnis mengambil keuntungan dari situasi ntuk kepentingan pribadi bukan untuk kepentingan organisasi. Communications – Komunikasi bisnis yang salah, menyesatkan atau menipu adalah tidak etis dan ilegal.

4 Factors Affecting Ethical Behavior

5 – Individual factors Pengetahuan individu tentang masalah Nilai pribadi Tujuan pribadi – Social factors Norma budaya Rekan kerja Orang-orang terdekat Penggunaan internet – Opportunity Adanya peluang Kode etik Penegakan

6 Encouraging Ethical Behavior External to a specific organization – Peraturan-peraturan dan peraturan pemerintah – Pedoman asosiasi perdagangan Within an organization – Code of ethics Sebuah panduan yang ditulis untuk perilaku yang dapat diterima dan etis seperti yang didefinisikan oleh organisasi, menguraikan kebijakan, standar, dan hukuman atas pelanggaran. – Organizational environment Arah manajemen Pelatihan karyawan Etika petugas Whistle-blowing – Menginformasikan pejabat pemerintah tentang praktik yang tidak etis dalam organisasi seseorang.

7 Social Responsibility Merupakan usaha suatu bisnis dalam menyeimbangkan komitmennya terhadap kelompok dan individu dalam lingkungannya yang meliputi konsumen, bisnis lain, karyawan, investor dan komunitas lokal. – Tanggung jawab sosial mengeluarkan biaya tapi juga bisnis yang baik. – Tindakan tanggung jawab sosial suatu perusahaan dapat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan atau terus melakukan bisnis dengan perusahaan.

8 Two Views of Social Responsibility Economic model – Pandangan bahwa masyarakat akan mendapatkan keuntungan besar ketika bisnis dibiarkan saja untuk memproduksi dan memasarkan produk-produk yang menguntungkan, yang dibutuhkan masyarakat. – Perusahaan ada untuk menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas, mendapatkan keuntungan yang wajar, dan memberikan pekerjaan. Socioeconomic model – Suatu konsep bahwa bisnis tidak hanya menekankan profit tapi juga dampak dari keputusan-keputusan yang dibuat organisasi, terhadap masyarakat. – Sebaliknya beberapa manajer percaya bahwa mereka memiliki tanggungjawab tidak hanya kepada pemegang saham tapi juga untuk konsumen, karyawan, pemasok, dan masyarakat umum.

9 The Pros and Cons of Social Responsibility Argumen pro tanggung jawab sosial: 1)Karena bisnis adalah bagian dari masyarakat, sehingga masalah sosial yang timbul tidak dapat diabaikan. 2)Bisnis memiliki sumber daya teknis, keuangan, dan manajerial yang diperlukan untuk mengatasi masalah-masalah sosial yang kompleks saat ini. 3)Dengan membantu menyelesaikan masalah sosial, bisnis dapat menciptakan lingkungan yang lebih stabil untuk keuntungan jangka panjang. 4)Keputusan yang bertanggung jawab sosial yang dibuat oleh perusahaan dapat mencegah peningkatan intervensi pemerintah, yang akan memaksa perusahaan untuk melakukan apa yang mereka gagal lakukan dengan sukarela.

10 Argumen menentang tanggung jawab sosial: 1)Manajer bisnis terutama bertanggung jawab kepada pemegang saham, sehingga manajemen harus peduli dengan memberikan laba atas investasi pemilik. 2)Waktu perusahaan, uang, dan bakat harus digunakan untuk memaksimalkan keuntungan, bukan untuk memecahkan masalah masyarakat. 3)Masalah sosial mempengaruhi masyarakat pada umumnya, sehingga usaha perorangan tidak boleh diharapkan untuk memecahkan masalah ini. 4)Isu-isu sosial adalah tanggung jawab pejabat pemerintah yang terpilih untuk tujuan itu dan yang bertanggung jawab kepada pemilih atas keputusan mereka.

11 A Comparison of Economic and Socioeconomic Models of Social Responsibility as Implemented in Business Economic Model Primary Emphasis – Produksi – Eksploitasi sumber daya alam – Internal, keputusan berbasis pasar – Economic return(profit) – Perusahaan atau kepentingan manajer – Peran kecil bagi pemerintah Socioeconomic Model Primary Emphasis – Kualitas hidup – Konservasi sumber daya alam – Keputusan berbasis pasar, dengan beberapa kontrol masyarakat – Balanced of economic return dan social return – Perusahaan dan kepentingan masyarakat – Pemerintah aktif

12 Consumerism The Six Basic Rights of Consumers

13 Who Should Pay for a Clean Environment? Pemerintah dan bisnis menghabiskan miliaran setiap tahunnya untuk mengurangi polusi Sebagian besar uang yang dibutuhkan seharusnya datang dari industri yang sudah tertekan Beberapa perusahaan telah menemukan lebih murah untuk membayar denda daripada memasang peralatan untuk pengendalian polusi Ahli lingkungan mengatakan biaya adalah pengeluaran dalam melakukan bisnis Konsumen mungkin akan membayar sebagian besar biaya- baik sebagai pajak atau dalam bentuk harga yang lebih tinggi

14 Implementing a Program of Social Responsibility Developing a program of social responsibility – Mengamankan komitmen eksekutif puncak – Merencanakan program – Menunjuk eksekutif tingkat atas sebagai direktur untuk melaksanakan rencana tersebut – Mempersiapkan audit sosial Sebuah laporan yang komprehensif tentang apa yang organisasi telah dilakukan dan melakukan berkenaan dengan isu-isu sosial yang mempengaruhi itu Funding the program – Lulus biaya program kepada konsumen karena harga yang lebih tinggi – Menyerap biaya program sebagai biaya bisnis – Carilah pengurangan pajak atau insentif lainnya


Download ppt "Chapter Two Ethics and Social Responsibility. Business Ethics Defined Ethics – Etika adalah studi tentang benar dan salah dan moralitas individu dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google