Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDIDIKAN, SEKOLAH, DAN PENDIDIKAN POLITIK. Pengertian Pendidikan Politik Pendidikan Politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDIDIKAN, SEKOLAH, DAN PENDIDIKAN POLITIK. Pengertian Pendidikan Politik Pendidikan Politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban,"— Transcript presentasi:

1 PENDIDIKAN, SEKOLAH, DAN PENDIDIKAN POLITIK

2 Pengertian Pendidikan Politik Pendidikan Politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan Politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan politik adalah aktivitas yang bertujuan untuk membentuk dan menumbuhkan orientasi-orientasi politik pada individu. Pendidikan politik adalah aktivitas yang bertujuan untuk membentuk dan menumbuhkan orientasi-orientasi politik pada individu.

3 KELUARGA SEKOLAH NON FORMALFORMAL Lembaga yang berpengaruh dalam pendidikan politik melalui berbagai interaksi antara orang tua dengan anaknya Bentuk kurikulum, baik yang didesain khusus dalam PKn, maupun tidak Secara khusus dimana politik diberikan dalam Mata pelajaran2 lain

4 Sekolah Sebagai Lembaga Pendidikan Politik Formal Pendidikan politik di sekolah diperoleh : Pendidikan politik di sekolah diperoleh : Pada pembelajaran formal di kelas melalui teori-teori yang diajarkan oleh guru dan praktek secara langsung ataupun secara tidak langsung. Pada pembelajaran formal di kelas melalui teori-teori yang diajarkan oleh guru dan praktek secara langsung ataupun secara tidak langsung. Kegiatan upacara bendera Kegiatan upacara bendera Kegiatan ekstrakurikuler Kegiatan ekstrakurikuler

5 Peran Guru dalam Proses Sosialisasi Politik Pemegang dan penyampai nilai-nilai serta pandangan-pandangan politik Pemegang dan penyampai nilai-nilai serta pandangan-pandangan politik Sebagai kreator dan manipulator budaya belajar, karena pada kenyataannya budaya/kebiasaan belajar anak di kelas secara tidak langsung akan menimbulkan akibat politik. Sebagai kreator dan manipulator budaya belajar, karena pada kenyataannya budaya/kebiasaan belajar anak di kelas secara tidak langsung akan menimbulkan akibat politik.

6 KOMPOSISI SOSIAL SEKOLAH Di Amerika ada 2 pendapat tentang komposisi sosial sekolah: Yang pertama, mencampurkan seluruh peserta didik baik yang berbeda status social, ras, agama,maupun adat kebiasaan. Yang pertama, mencampurkan seluruh peserta didik baik yang berbeda status social, ras, agama,maupun adat kebiasaan. yang kedua, adalah dengan tidak mencampurkan peserta didik dalam sebuah kelas dengan komposisi social yang berbeda, akan tetapi terpisah sebagai konsekwensi social. yang kedua, adalah dengan tidak mencampurkan peserta didik dalam sebuah kelas dengan komposisi social yang berbeda, akan tetapi terpisah sebagai konsekwensi social.

7 Komposisi sosial sekolah di Indonesia Di Indonesia yang memiliki masyarakat yang heterogen, komposisi social sekolah umum adalah dicampurkan, baik itu yang berlainan ras, agama, setatus siosial maupun adat kebisaan. Di Indonesia yang memiliki masyarakat yang heterogen, komposisi social sekolah umum adalah dicampurkan, baik itu yang berlainan ras, agama, setatus siosial maupun adat kebisaan. Bahkan komposisi dalam kelas di Indonesia juga sangat diperhatikan. Sekolah menyadari bahwa kelas merupakan perwujudan masyarakat heterogen kecil di mana di dalamnya terdapat variasi komposisi dan hubungan antarpersonal yang melahirkan mekanisme interaksi sosial yang kontinu. Bahkan komposisi dalam kelas di Indonesia juga sangat diperhatikan. Sekolah menyadari bahwa kelas merupakan perwujudan masyarakat heterogen kecil di mana di dalamnya terdapat variasi komposisi dan hubungan antarpersonal yang melahirkan mekanisme interaksi sosial yang kontinu.

8 Kurikulum dalam Pendidikan Politik Kurikulum merupakan salah satu faktor pendukung sosialisasi politik, di mana dalam kurikulum pendidikan politik terdapat dua tipe pengajaran yaitu pendidikan kewarganegaraan dan indoktrinasi politik. Kurikulum merupakan salah satu faktor pendukung sosialisasi politik, di mana dalam kurikulum pendidikan politik terdapat dua tipe pengajaran yaitu pendidikan kewarganegaraan dan indoktrinasi politik.


Download ppt "PENDIDIKAN, SEKOLAH, DAN PENDIDIKAN POLITIK. Pengertian Pendidikan Politik Pendidikan Politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google