Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Siklus Bisnis dan Permintaan Agregat. Pengertian Siklus Bisnis Siklus bisnis adalah fluktuasi ekonomi yang melanda produksi nasional, pendapatan, kesempatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Siklus Bisnis dan Permintaan Agregat. Pengertian Siklus Bisnis Siklus bisnis adalah fluktuasi ekonomi yang melanda produksi nasional, pendapatan, kesempatan."— Transcript presentasi:

1 Siklus Bisnis dan Permintaan Agregat

2 Pengertian Siklus Bisnis Siklus bisnis adalah fluktuasi ekonomi yang melanda produksi nasional, pendapatan, kesempatan kerja, yang biasanya berlangsung selama 2 sampai 10 th, yang ditandai dengan adanya kontraksi dan ekspansi di seluruh sektor ekonomi.Siklus bisnis adalah fluktuasi ekonomi yang melanda produksi nasional, pendapatan, kesempatan kerja, yang biasanya berlangsung selama 2 sampai 10 th, yang ditandai dengan adanya kontraksi dan ekspansi di seluruh sektor ekonomi.

3 Tahapan Siklus Bisnis 1.Peak, Puncak 2.Kontraksi, Resesi 3.Trough, Kondisi terburuk 4.Ekspansi, Pertumbuhan

4 Teori Siklus Bisnis Mekanisme InternalMekanisme Internal –Multiplier Akselerator Theory –Teori Moneter –Teori Politik –Teori Keseimbangan Siklus Bisnis –Teori Siklus Bisnis Riil –Teori Shok Penawaran Faktor EksoginFaktor Eksogin –Perang –Revolusi –Shok Minyak –Pemilu

5 Macam-Macam Model Peramalan Terhadap Siklus Bisnis Leading IndicatorLeading Indicator Model Econometrics (dipelpori oleh Jan Tinbergen dan Lawrence Klein)Model Econometrics (dipelpori oleh Jan Tinbergen dan Lawrence Klein) Naïve Forecast (timeseries)Naïve Forecast (timeseries)

6 Komponen Agregat Demand KonsumsiKonsumsi InvestasiInvestasi Belanja PemerintahBelanja Pemerintah Net Ekspor (Ekspor- Impor)Net Ekspor (Ekspor- Impor)

7 Kurva Permintaan Mikro dan Makro Makro : Kurva permintaan miring dari kiri atas ke kanan bawah, karena dampak harga untuk jumlah uang beredar yang samaMakro : Kurva permintaan miring dari kiri atas ke kanan bawah, karena dampak harga untuk jumlah uang beredar yang sama Mikro : Efek Substitusi dan Efek PendapatanMikro : Efek Substitusi dan Efek Pendapatan

8 Perubahan Permintaan Variabel Dampak Terhadap Permintaan Agregat Variabel Kebijakan Moneter Peningkatan uang beredar menurunkan suku bunga Fiskal Peningkatan Belanja meningkatkan permintaan barang dan jasa Variabel Eksogin Pertumbuhan Negara Lain Ekspor meningkat Peningkatan Aset Pendapatan meningkat, konsumsi meningkat Lainnya WTO, NAFTA, AFTA, APEC

9 Beberapa Aliran Pemikiran Terhadap Faktor-Faktor yang Menentukan AD (lihat chapter 33) Monetaris (kebijakan moneter penting)Monetaris (kebijakan moneter penting) Keynesian (kebijakan fiskal yang terpenting)Keynesian (kebijakan fiskal yang terpenting) InstitusionalInstitusional

10 Apakah Siklus Bisnis dapat Dihindari? Dengan berjalannya waktu, siklus bisnis semakin berkurang kualitasnya.Dengan berjalannya waktu, siklus bisnis semakin berkurang kualitasnya. Faktor-Faktor Penentu StabilitasFaktor-Faktor Penentu Stabilitas –Semakin sempurnanya aliran modal –Kebijakan pemerintah semakin terbuka dan dapat diprediksi –Pemahaman pemerintah yang semakin baik terhadap kondisi perekonomian dapat mencegah perekonomian menuju resesi Pada dekade 1990, ekonom AS berfikir bahwa siklus bisnis sudah mati. Di AS siklus bisnis sudah tidak terjadi, tetapi SB muncul di negara lain.Pada dekade 1990, ekonom AS berfikir bahwa siklus bisnis sudah mati. Di AS siklus bisnis sudah tidak terjadi, tetapi SB muncul di negara lain. Okun mengatakan bahwa memang karena penyebab resesi sudah dikenali, sehingga resesi dapat ditekan terjadinya, tetapi kita tidak akan mampu menghadang terjadinya resesi.Okun mengatakan bahwa memang karena penyebab resesi sudah dikenali, sehingga resesi dapat ditekan terjadinya, tetapi kita tidak akan mampu menghadang terjadinya resesi.


Download ppt "Siklus Bisnis dan Permintaan Agregat. Pengertian Siklus Bisnis Siklus bisnis adalah fluktuasi ekonomi yang melanda produksi nasional, pendapatan, kesempatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google