Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR Pertemuan Kedua Titin Nurjanah, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR Pertemuan Kedua Titin Nurjanah, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR Pertemuan Kedua Titin Nurjanah, S.Kom

2 I NTRODUCTION TO C++ C++ merupakan bahasa yang relatif baru dibandingkan C Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarnae Stroustop pada tahun 1982 C++ merupakan pengembangan dari bahasa C dan mendukung pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming (OOP). Software yang bisa digunakan untuk bahasa pemrograman C++ : 1. Borland C++ 2. GCC 3. Microsoft Visual Studio

3 S TRUKTUR P ROGRAM Preprocessor Preposser #include adalah suatu perintah yang digunakan untuk mengatur kompiler agar membaca berkas header yang disertakan di belakang kata include saat pelaksanaan kompilasi. deklarasi preprocessor/header file deklarasi konstanta deklarasi variabel global deklarasi fungsi Main ()

4 File Header Berkas yang berisi prototipe fungsi, definisi konstanta, dan variabel. Prototipe fungsi berupa judul yang dilengkapi argumen serta tipe nilai balik. Prototipe fungsi harus sudah tersedia sebelum pemanggilan fungsi. Ini merupakan syarat selama kompilasi. Fungsi merupakan kumpulan kode C++ yang diberi nama dan ketika nama tersebut dipanggil maka kumpulan kode tersebut dijalankan. Konstanta Bisa ada atau tidak Variabel Global Bisa ada atau tidak

5 Main() Fungsi dijalankan ketika program dieksekusi. Kata in di depan main() menyatakan bahwa program memberikan nilai balik yang bertipe int Fungsi Biasa ada atau tidak, fungsi bisa diletakkan setelah fungsi main();

6 C ONTOH MENGGUNAKAN NILAI BALIK #include int main(){ cout<<“Selamat Datang di Praktikum Pemrograman Terstruktur “; return 0; }

7 C ONTOH C++ #include main(){ cout<<“Selamat Datang di Praktikum Pemrograman Terstruktur “; getch(); }

8 C ONTOH DENGAN B AHASA C #include main(){ printf(“Selamat Datang di Praktikum Pemrograman Terstruktur “); getch(); }

9 P ENGENAL (I DENTIFIER ) Pengenal (identifier) merupakan nama yang biasa digunakan untuk suatu perubah (variabel), konstanta, fungsi, atau obyek lain yang didefinisikan oleh pemrogram.

10 A TURAN P ENGENAL Pengenal harus diawali dengan huruf (A.. Z, a.. z) atau karakter garis bawah ( _ ). Selanjutnya dapat berupa huruf, angka (0.. 9), karakter garis bawah, atau tanda dolar ($). Panjang pengenal boleh terdiri lebih dari 32 karakter, akan tetapi hanya 32 karakter pertama yang dianggap berarti. Contoh: total nilai2 total_per_bulan harga_jual$ Huruf kecil dan huruf Kapital dibedakan pada pengenal (Case Sensitive). Itulah Sebabnya alamat dan Alamat adalah dua buah pengenal yang berbeda

11 T IPE D ATA Tipe DataKeterangan CharMenyatakan sebuah karakter (bisa berupa huruf A atau a, digit seperti 0 atau 9, atau simbol seperti * dan &) DoubleMenyatakan bilangan titik-mengambang (bilangan real) dengan ketelitian tinggi FloatMenyatakan bilangan titik-mengambang (bilangan real) dengan ketelitian rendah IntMenyatakan bilangan bulat antara sampai Long intMenyatakan bilangan bulat yang berkisar sampai

12

13 P ENDEKLARASIAN V ARIABEL Variabel adalah suatu tempat penyimpanan sementara didalam memori komputer yang diberi nama sebagai pengenal. Bersifat sementara karena variabel hanya dialokasikan kedalam memori komputer pada saat program dijalankan saja. Variabel yang akan digunakan dalam program harus dideklarasikan terlebih dahulu Pengertian deklarasi disini berarti memesan memori dan menentukan jenis data yang dapat disimpan di dalamnya. Bentuk umum pendeklarasian suatu variabel adalah: type_data nama_variabel;

14 C ONTOH D EKLARASI V ARIABEL Contoh: int a; char nama; Pada pendeklarasian variabel, daftar-variabel dapat berupa sebuah variabel atau beberapa variabel yang dipisahkan dengan tanda koma. float c, total_harga; int r, luas; tanda koma sebagai pemisah

15 M EMBERIKAN N ILAI KE V ARIABEL Untuk mengisikan nilai ke variabel, pernyataan yang diperlukan berbentuk Contoh : r = 7; Merupakan pernyataan untuk mengisikan 7 ke variabel r. Pemberian nilai juga seperti berikut r = r+1; berarti “hasil penjumlahan nilai r dengan 1 diberikan ke r”. Dengan kata lain isi r dinaikkan sebesar 1. Variabel = nilai;

16 C ONTOH #include main(){ int p,l,luas; //deklarasi variabel p=8; l=6;proses luas = p*l; cout<<"Luas persegi panjang tersebut adalah "<

17 L ATIHAN Buatlah program untuk menghitung luas segitiga dengan ketentuan sebagai berikut alas : 6, tinggi : 8

18 K OMENTAR Komentar biasa digunakan dalam program untuk memberikan penjelasan kepada pembaca program. Komentar tidak memberikan efek apa-apa pada keluaran. Isinya dapat berupa penjelasan atau kegunaan dari program. Komentar ditulis menggunakan pasangan tanda /* dan */. Isinya bisa lebih dari satu baris. Contoh komentar : /*Ini adalah contoh komentar Ini adalah contoh komentar Ini adalah contoh komentar */ // Ini adalah contoh komentar

19 O PERASI M ASUKAN D ATA PADA C++ C++ menyediakan objek cin untuk membaca data masukan dari keyboard dan berlaku untuk sembarang tipe data. Berada pada file header iostream.h Penggunaannya sebagai berikut Contoh : #include main(){ int a,t,luas; cout >a; cout >t; luas = 0.5*(a*t); cout<<"Luas segitiga tersebut adalah "<>nama_variabel

20 O PERASI M ASUKAN D ATA PADA C Pada bahasa C untuk operasi inputan menggunakan scanf() yang ada pada file header stdio.h. Bentuk penggunaanya : #include main(){ int a,t,luas; printf("Masukkan alas : "); scanf("%i",&a); printf("Masukkan tinggi : "); scanf("%i",&t); luas=0.5*(a*t); printf("Luas segitiga tersebut adalah : %i",luas); getch(); } Scanf(“string kontrol,argumen”)

21 F UNGSI GETS () gets() membaca seluruh karakter yang dimasukkan dari keyboard (termasuk spasi). Bentuk pemakaiannya : Contoh pemakaian gets(); #include main(){ char nama[30]; cout<<"Tuliskan Namamu : ";gets(nama); cout<<"Namamu adalah "<

22 J ANGKAUAN V ARIABEL #include int phi=3.14,r1=10;//variabel global main(){ float r, luas2,luas1;//variabel lokal luas1=phi*r1*r1;//proses luas lingkaran pertama cout<<"Luas lingkaran pertama = "<r; //input nilai jari2 luas2=phi*r*r; //proses luas lingkaran kedua cout<<"\nLuas lingkaran kedua = "<

23 L ATIHAN Buatlah program untuk menghitung nilai pemrograman terstruktur dengan ketentuan: Nilai input dari user Nilai tugas 40% Nilai responsi 60%


Download ppt "PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR Pertemuan Kedua Titin Nurjanah, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google