Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FUNGSI DAN KOMPONEN SIG. Fungsi SIG 1. Melakukan sejumlah operasi/perhitungan 2. Display (layer peta - warna, ukuran, bentuk dan lain-lain), 3. Kompilasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FUNGSI DAN KOMPONEN SIG. Fungsi SIG 1. Melakukan sejumlah operasi/perhitungan 2. Display (layer peta - warna, ukuran, bentuk dan lain-lain), 3. Kompilasi."— Transcript presentasi:

1 FUNGSI DAN KOMPONEN SIG

2 Fungsi SIG 1. Melakukan sejumlah operasi/perhitungan 2. Display (layer peta - warna, ukuran, bentuk dan lain-lain), 3. Kompilasi data base non-spasial 4. Overlay 5. Buffering (membuat zona buffer (radius objek) pada jarak tertentu di sekitar/sekelilingnya 6. Memperbaiki/memperbaharui data atau tayangan tabel (SQL) 7. Memuat hubungan-hubungan keruangan (spatial). 8. Membuat peta-peta tematik dan peta arahan yang berguna untuk perencanaan pembangunan wilayah.

3 . Komponen Sistem dalam SIG 1.Perangkat Keras 2.Perangkat Lunak 3.Database 4.Pelaksana/SDM 5.Prosedur 1.Perangkat Keras 2.Perangkat Lunak 3.Database 4.Pelaksana/SDM 5.Prosedur file Data Perangkat Keras Pelaksana/SDM Prosedur SIG Perangkat Lunak

4 FUNGSI KOMPONEN UTAMA PERANGKAT LUNAK SIG INPUT DATA BASIS DATA KUERI DAN ANALISIS DATA OUTPUT DAN PENYAJIAN

5 Perangkat Lunak Terdiri atas sistem operasi, compiler dan program aplikasi. Sistem Operasi (Operating System / OS) : mengendalikan seluruh operasi program, juga menghubungkan perangkat keras dengan program aplikasi. Untuk PC : MS-DOS (IBM PCs) dan WINDOWS adalah sistem operasi yang banyak digunakan. Untuk Workstation : UNIX dan VMS adalah OS yang dominan. Compiler : menerjemahkan program yang ditulis dalam bahasa komputer pada kode mesin sehingga CPU mampu menjalankan program yang harus dieksekusi. Bahasa kompiler yang biasa digunakan adalah C, Pascal, FORTRAN, BASIC, dll. Program Aplikasi : Kini, banyak vendor (perusahaan pembuat software) menyediakan software SIG di antaranya adalah Arc View 3.2, Map Info, Map Basic, Arc info, Arc GIS


Download ppt "FUNGSI DAN KOMPONEN SIG. Fungsi SIG 1. Melakukan sejumlah operasi/perhitungan 2. Display (layer peta - warna, ukuran, bentuk dan lain-lain), 3. Kompilasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google