Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Langkah-Langkah Membuat Tulisan Ilmiah. Langkah-langkah 1.Menemukan masalah/ topik 2.Melakukan studi kepustakaan 3.Menentukan disain penelitian 4.Melakukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Langkah-Langkah Membuat Tulisan Ilmiah. Langkah-langkah 1.Menemukan masalah/ topik 2.Melakukan studi kepustakaan 3.Menentukan disain penelitian 4.Melakukan."— Transcript presentasi:

1 Langkah-Langkah Membuat Tulisan Ilmiah

2 Langkah-langkah 1.Menemukan masalah/ topik 2.Melakukan studi kepustakaan 3.Menentukan disain penelitian 4.Melakukan penelitian, mengolah data & membuat simpulan

3 1. Menemukan Masalah/Topik Masalah harus jelas Memiliki dampak yang luas Pada dasarnya setiap gejala psikologis sehari-hari dapat menjadi masalah penelitian Butuh kejelian & ketanggapan dalam melihat gejala/ fenomena yang ada Butuh keluasan pengalaman & pilihan untuk menemukan masalah yang menarik

4 Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Topik Pilih topik yang ada di sekitar Pilih topik yang paling menarik Pilih topik dengan lingkup yang sempit/ terbatas Pilih topik yang memiliki data/ fakta yang obyektif Pilih topik yang sesuai dengan prinsip-prinsip ilmiah yang telah kita ketahui Pilih topik yang memiliki sumber acuan/ bahan kepustakaan

5 Sumber-Sumber Menemukan Topik/ Masalah Pengalaman pribadi Observasi terhadap gejala di sekitar Tukar pendapat dengan teman, dosen, ahli bidang tertentu. Seminar, kongres, konferensi, pertemuan ilmiah. Jurnal, majalah, skripsi, tesis, hasil penelitian.

6 2. Melakukan Studi Kepustakaan  Mencari info yang lebih lengkap & mendalam tentang teori dan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik yang akan diteliti, melalui :  Membaca buku teks, jurnal, makalah,  Skripsi, tesis, disertasi,  Makalah seminar, kongres,  Internet  Mempertajam topik/ masalah penelitian, menyusun pertanyaan & hipotesis serta membuat alat ukur.

7 3. Menentukan Desain Penelitian Yang baik adalah menentukan desain penelitian sebelum pengambilan data. Dengan menentukan desain penelitian berarti sekaligus : –Menentukan bagaimana mengolah data –Menentukan bagaimana mengumpulkan data

8 4. Melakukan Penelitian, Mengolah Data & Membuat Simpulan Persiapan : Menentukan subyek penelitian Mempersiapkan alat ukur/ pengumpulan data Menghubungi pihak terkait.

9 Sekian & Terima Kasih


Download ppt "Langkah-Langkah Membuat Tulisan Ilmiah. Langkah-langkah 1.Menemukan masalah/ topik 2.Melakukan studi kepustakaan 3.Menentukan disain penelitian 4.Melakukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google