Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Barnabas, uskup di Heraclea Phygellus, uskup di Efesus. Oleh : pdt. Alex Letlora Seri Tokoh Alkitab. GPIB.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Barnabas, uskup di Heraclea Phygellus, uskup di Efesus. Oleh : pdt. Alex Letlora Seri Tokoh Alkitab. GPIB."— Transcript presentasi:

1 Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Barnabas, uskup di Heraclea Phygellus, uskup di Efesus. Oleh : pdt. Alex Letlora Seri Tokoh Alkitab. GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI

2 Powerpoint Templates Page 2 Barnabas adalah salah satu anggota jemaat mula-mula di Yerusalem. Nama aslinya adalah Yusuf. Ia dipanggil Barnabas oleh para rasul.[1] Arti Barnabas adalah "anak penghiburan". Barnabas adalah orang Yahudi dari keturunan suku Lewi yang berasal dari Siprus. Barnabas dikenal sebagai orang jujur yang menjual ladangnya dan uang hasil penjualannya diletakkan di depan kaki rasul-rasul (Kisah Para Rasul 4:37).

3 Powerpoint Templates Page 3 Barnabas pertama kali berjumpa dengan Paulus ketika Paulus berkunjung ke Yerusalem dan Barnabaslah yang kemudian memperkenalkan Paulus kepada para rasul (Kisah Para Rasul 9:27). Barnabaslah yang meyakinkan pengikut Yesus, jika Paulus yang saat itu dikenal sebagai Saulus yang terkenal penganiaya pengikut Yesus, sekarang sudah menjadi bagian dari murid-murid Yesus sejak Paulus melihat Tuhan dan mengajar di Damsyik dalam nama Yesus (Kisah Para Rasul 9:27).

4 Powerpoint Templates Page 4 Bersama dengan Paulus, Barnabas diutus oleh jemaat di Antiokhia untuk memberitakan Injil kepada orang-orang bukan Yahudi. Kemudian Yohanes yang disebut Markus ikut bergabung bersama mereka untuk memberitakan Injil ke Siprus. Buah dari pekabaran Injil di Siprus adalah bertobatnya Gubernur pulau itu yakni Sergius Paulus.

5 Powerpoint Templates Page 5 Bernabas terus mengikut Paulus melanjutkan perjalanan demi mengabarkan Injil ke Pisidia, Ikonium, Listra dan Derbe hingga kembali ke Antiokhia. Ketika ia berada di Listra, banyak orang menganggapnya sebagai Zeus. Di Antiokhia, Barnabas bersama Paulus menghadapi keributan yang terjadi dalam jemaat mengenai sunat.

6 Powerpoint Templates Page 6 Barnabas bersikeras ingin membawa Yohanes yang disebut Markus tetapi Paulus menolak dengan alasan Markus sudah tidak setia. Akhirnya mereka berdua berpisah. Paulus pergi bersama Silas sedangkan Barnabas berangkat ke Siprus bersama Markus (Kisah Para Rasul 15:35- 41). Namun demikian, Barnabas tetap berhubungan baik dengan Paulus (Galatia 2:9; 2 Timotius 4:11).

7 Powerpoint Templates Page 7 Barnabas terlibat dalam perselisihan dengan Paulus ketika mereka hendak melakukan perjalanan Pekabaran Injil untuk kedua kalinya. [1] Barnabas bersikeras ingin membawa Yohanes yang disebut Markus tetapi Paulus menolak dengan alasan Markus sudah tidak setia. [ [1] [

8 Powerpoint Templates Page 8 Perbedaan Barnabas dan Paulus. Barnabas lebih menekankan adanya sebuah proses, sementara Paulus lebih menekankan adanya tugas. Dari perbedaan ini nampak bahwa keduanya memiliki sudut pandang yang berbeda tentang pelayanan. Bagaimana menurut saudara ?

9 Powerpoint Templates Page 9 Phygellus ( Figelus ) Nama ini berarti : Buronan Cilik. Namanya disebut di 2 Tim. 1 : 15. Salah satu pengikut Hermogenes yang berpisah dengan Paulus di Troas.

10 Powerpoint Templates Page 10 2 Timotius 1 :15-18 memberikan kontras antara Onesiforus sebagai contoh mereka yang tidak menjadi malu (bdk. 8 dan 12), dengan orang seperti Figelus dan Hermogenes, yang menjadi malu dan meninggalkan Paulus.

11 Powerpoint Templates Page 11 2Tim 1:15 Inilah salah satu saat yang paling menyedihkan dalam kehidupan Paulus. Dia berada dalam penjara di Roma tanpa harapan akan bebas lagi. Dia sedang menderita karena Injil yang begitu dicintainya dan yang untuknya dia sebentar lagi akan mati (2Tim 4:6-7). 2) Keadaan Paulus yang menyedihkan akan dialami banyak orang yang setia pada akhir zaman. Mereka yang setia kepada Injil PB akan menderita kesedihan yang sama apabila melihat banyak meninggalkan iman alkitabiah yang sejati (lih. Mat 24:10; lihat cat. --> 1Tim 4:1)Mat 24:101Tim 4:1 [atau ref. 1Tim 4:1]1Tim 4:1 dan bila pelayanan mereka ditolak oleh orang yang ingin menyesuaikan diri dengan suasana yang umum pada zaman jahat ini (lihat cat. --> 2Tim 4:3-4;2Tim 4:3-4 lihat cat. --> 2Tim 4:4).2Tim 4:4 [atau ref. 2Tim 4:3-4]2Tim 4:3-4

12 Powerpoint Templates Page 12 Pada saat ini juga dia dan Injilnya ditinggalkan oleh begitu banyak orang sehingga ia berkata, "semua mereka yang di daerah Asia Kecil berpaling daripadaku".

13 Powerpoint Templates Page 13 1) Namun, sekalipun menghadapi pencobaan berat ini, Paulus tetap beriman kepada Allah. Dia tetap yakin bahwa Kristus akan memelihara Injil dan pelayanannya (ayat 2Tim 1:12), bahwa senantiasa akan ada orang seperti Timotius yang akan memelihara dan memberitakannya (ayat 2Tim 1:14; 2:2) dan bahwa ketika mati Allah akan membawanya ke dalam Kerajaan-Nya di sorga (2Tim 4:6,8,18).

14 Powerpoint Templates Page 14 2) Keadaan Paulus yang menyedihkan akan dialami banyak orang yang setia pada akhir zaman. Mereka yang setia kepada Injil PB akan menderita kesedihan yang sama apabila melihat banyak meninggalkan iman alkitabiah yang sejati (lih. Mat 24:10 ) dan bila pelayanan mereka ditolak oleh orang yang ingin menyesuaikan diri dengan suasana yang umum pada zaman jahat ini ( 2Tim 4:3-4 )

15 Powerpoint Templates Page 15 Renungkan: Pengetahuan yang makin dalam akan karya keselamatan Allah seharusnya menimbulkan rasa syukur yang makin meluap dan hidup yang makin melayani Allah. Phygelus adalah contoh dari seorang apostate ( murtad ).

16 Powerpoint Templates Page 16 Sekian.


Download ppt "Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Barnabas, uskup di Heraclea Phygellus, uskup di Efesus. Oleh : pdt. Alex Letlora Seri Tokoh Alkitab. GPIB."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google