Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

POLITIK EKONOMI ISLAM WIWIT RAHAYU, SP MP. Pengertian  POLITIK EKONOMI Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan berbagai kebijakan untuk mengatur dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "POLITIK EKONOMI ISLAM WIWIT RAHAYU, SP MP. Pengertian  POLITIK EKONOMI Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan berbagai kebijakan untuk mengatur dan."— Transcript presentasi:

1 POLITIK EKONOMI ISLAM WIWIT RAHAYU, SP MP

2 Pengertian  POLITIK EKONOMI Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan berbagai kebijakan untuk mengatur dan menyelesaikan berbagai masalah kehidupan manusia dalam bidang ekonomi.  Politik Ekonomi Islam: Penerapan berbagai kebijakan yang dilaksanakan oleh negara untuk menjamin tercapainya pemenuhan semua kebutuhan pokok setiap individu masyarakat secara keseluruhan disertai jaminan yang memungkinkan setiap individu untuk memenuhi kebutuhan pelengkap(sekunder dan tersier) sesuai dengan kemampuan mereka sebagai individu yang hidup dalam masyarakat dengan gaya hidup tertentu

3 Makna yang terkandung  Islam memandang tiap orang sebagai manusia yang harus dipenuhi kebutuhan primernya secara menyeluruh sehingga politik ekonomi Islam tidak hanya mengejar peningkatan taraf hidup dalam suatu negara tanpa memperhatikan terjamin tidaknya tiap orang untuk menikmati kehidupan tersebut.  Islam memandang individu dengan kapasitas pribadinya yang memungkinkan memenuhi kebutuhan pelengkap sesuai dengan kesanggupannya  Islam memandang bahwa setiap orang terikat dengan sesamanya sehingga tidak hanya mengupayakan kemakmuran individu dengan membiarkan mereka sebebas-bebasnya memperoleh kemakmuran tanpa memperhatikan terjamin tidaknya hak hidup orang lain.

4 Cakupan politik ekonomi Islam  Garis-garis besar hukum/aturan yang terkait dengan sumber-sumber ekonomi  Garis-garis besar hukum/aturan yang terkait dengan jaminan pemenuhan kebutuhan pokok

5 Sumber-sumber Ekonomi  Pertanian, industri, perdagangan, dan tenaga manusia (jasa)  Islam memberikan garis-garis besar aturan/hukum terkait dengan 4 hal tersebut misalnya hukum tentang pertanahan (metode kepemilikan dan pengelolaannya), perindustrian (status hukum industri menurut apa yang diproduksi), perdagangan (penerapan hukum jual beli untuk perdagangan dalam negeri dan aturan terkait dengan perdagangan luar negeri, dan perburuhan (pijakan penetapan upah).

6 JAMINAN ISLAM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN POKOK Kebutuhan pokok:  Kebutuhan pokok individu  Kebutuhan pokok masyarakat

7 1. Kebutuhan pokok individu Pangan, sandang, papan  ”Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu”(QS Al Baqarah:233)  ”Tempatkanlah mereka (para isteri) dimana kamu bertempat tinggal(QS.at-Thalaq:6)  ”Dan hak para isteri agar kalian (para suami) berbuat baik kepada para isteri dengan memberi mereka pakaian dan makanan”(HR IBNU MAJAH)

8 Strategi Pemenuhannya: 1. Islam mewajibkan laki-laki yang mampu menafkahi tanggungannya(QS.2:233, QS at- Thalaq:6,8) 2. Negara menyediakan berbagai fasilitas pekerjaan agar setiap orang yang mampu bekerja dapat memperoleh pekerjaan

9 Dorongan bekerja: “Tidaklah seorang makan sesuap saja yang lebih baik, selain ia makan dari hasil kerja tangannya sendiri” Umar: “Orang yang bertawakkal adalah orang yang menanam benih di dalam tanah kemudian bertawakkal kepada Tuhannya”. “maka berjalanlah di segala penjurunya,serta makanlah sebagian dari rizki_Nya” (QS. Al- Mulk:15)

10 …. Strategi pemenuhannya 3. Apabila kepala keluarga tidak ada atau tidak mampu memberi nafkah kepada orang yang menjadi tanggungannya, maka kewajiban nafkah beralih ke kerabat dekat. “mulailah memberi nafkah itu dari orang yang menjadi tanggunganmu: ibumu, ayahmu, saudara perempuanmu, saudara laki-lakimu, kemudian famili terdekatmu “(HR Nasa’i)

11 4. Tetangga terdekat wajib memenuhi sementara kebutuhan pokok(pangan) tetangga yang kelaparan “Siapa pun penduduk suatu masyarakat, di mana di antara mereka terdapat seseorang yang kelaparan maka telah lepas dari mereka jaminan Allah SWT”(HR Imam Ahmad) “tidak beriman orang yang tetap kekenyangan, sedangkan tetangga sampingnya kelaparan, sementara dia mengetahuinya.”(HR Al Bazzar)

12 5. Negara secara langsung memenuhi kebutuhan pokok individu bagi yang tidak mampu dan membutuhkan.

13 2. Kebutuhan Pokok Masyarakat keamanan, kesehatan, dan pendidikan  ”Siapa saja yang ketika memasuki pagi hari mendapati keadaan aman kelompoknya, sehat badannya, memiliki bahan makanan hari itu, maka seolah-olah dunia telah menjadi miliknya”(HR Bukhori, Tirmidzi, Ibnu majah)  ”Ingat! Bahwasannya darah dan harta benda kalian haram bagi kalian”  ”Diantara tanda-tanda (datangnya hari) kiamat adalah menghilangnya ilmu dan menyebarnya kebodohan”(HR Bukhori, Muslim,Ahmad)

14 Strategi Pemenuhannya: Islam menetapkan pemenuhan kebutuhan primer masyarakat kepada negara. ”Seorang (pemimpin) adalah bagaikan penggembala dan dia akan dimintai pertanggungjawaban atas gembalaannya(rakyatnya)”(HR Bukhari)

15 Kesehatan  Rasulullah mendapat hadiah dokter dari Mauquqis, Raja Mesir dan oleh Rasulullah dijadikan dokter umum bagi seluruh rakyat.  Rasulullah membangun tempat pengobatan umum dan membiayainya dari baitul mal.  Dibangun rumah sakit dan rumah sakit keliling. Keamanan  Mekanisme menjamin keamanan dengan menerapkan hudud(hukum pidana) yang tegas kepada siapa saja yang mengganggu keamanan jiwa, harta, dan darah.

16 Pendidikan  Rasulullah menetapkan kebijakan terhadap para tawanan perang badar bahwa mereka dapat bebas dengan mengajarkan baca tulis 10 orang penduduk Madinah.  Khalifah Umar bin Khatab menggaji guru anak-anak sebesar 15 dinar setiap bulan (1 dinar=4,25 gram emas murni)

17  Khalifah Al-Muntashir membangun Madrasah Mustansiriah di Baghdad, setiap siswa menerima beasiswa satu dinar (4,25 gram emas)tiap hari, makan dan sarana perpustakaan lengkap dengan ruang diskusi, kertas dan tinta  Sulthan Nuruddin Muhammad Zanky membangun sekolah di Damaskus dilengkapi dengan perumahan staf pengajar, asrama mahasiswa, dll.

18  Masa Khalifah Harun Al-Rasyid: orang- orang yang tekun menuntut ilmu, menghafal alqur’an, memenangkan hadiah 1000 dinar (4,25 kg emas).  Disediakan perpustakaan umum: darul Hikmah di Kairo dengan puluhan ribu buku, ruang diskusi, dan fasilitas lain untuk pengembangan ilmu.

19  PT Freeport: total penjualan US$ juta = Rp 259,34 triliun, laba bersih US$ juta= Rp150,33 triliun, Royalty yang diterima Indonesia Rp 6,588 Triliun (http:/Ekonomi kompasiana.com/2010/11/04) Deviden Tahun 2009: Ina:Rp 2 trilliun (saham 9,36%), Freeport :Rp 20 triliun Kandungan tersisa ; Rp 600 triliun


Download ppt "POLITIK EKONOMI ISLAM WIWIT RAHAYU, SP MP. Pengertian  POLITIK EKONOMI Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan berbagai kebijakan untuk mengatur dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google