Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Etika Profesi dan Pengembangan Diri

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Etika Profesi dan Pengembangan Diri"— Transcript presentasi:

1 Etika Profesi dan Pengembangan Diri

2 Abdulkadir Muhammad (2001) mengklasifikasikan kebutuhan manusia menjadi empat kelompok sebagai berikut : 1. Kebutuhan Ekonomi 2. Kebutuhan Psikologis 3. Kebutuhan Biologis 4. Kebutuhan Pekerjaan

3  Pada hakekatnya bekerja adalah kodrat manusia  Pekerjaan adalah hal yang dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya  Thomas Aquinas seperti yang dikutip Sumaryono (1995) menyatakan bahwa setiap wujud kerja dan pekerjaan mempunyai empat macam tujuan yaitu :

4  Memenuhi kebutuhan hidup.  Mengurangi tingkat pengangguran dan kriminalitas.  Melayani sesama.  Mengontrol gaya hidup.

5  Profesi merupakan bagian dari pekerjaan, tetapi tidak semua pekerjaan adalah profesi.  Sebagai contoh, staf administrasi vs akuntan

6  Bulle seperti dikutip Gilley Dan Eggland (1989) mendefinisikan profesi sebagai bidang usaha manusia berdasarkan pengetahuan, dimana keahlian dan pengalaman pelakunya diperlukan oleh masyarakat.

7  Mengandalkan ketrampilan atau keahlian khusus yang tidak didapatkan pada pekerjaan- pekerjaan pada umumnya.  Sebagai sumber utama nafkah hidup dengan keterlibatan pribadi yang mendalam dalam menekuninya.  Menuntut pengemban profesi tersebut untuk terus memperbaharui ketrampilannya sesuai dengan perkembangan teknologi.

8 Bekerjalah dengan cinta… Jika engkau tidak dapat bekerja dengan cinta, lebih baik engkau meninggalkannya.... Dan mengambil tempat di depan pintu gerbang candi-candi, Meminta sedekah kepada mereka yang bekerja dengan penuh suka dan cita.. Kahlil Gibran (Sang Nabi)

9  Seorang yang profesional, adalah seseorang yang menjalankan profesinya secara benar dan melakukannya menurut etika dan garis-garis keprofesionalan yang berlaku pada profesinya tersebut.  Titik penekanan dari profesionalisme adalah penguasaan ilmu pengetahuan atau kemampuan manajemen beserta strategi penerapannya.

10 TTanggung jawab. BBerpikir sistematis. PPenguasaan materi. KKomitmen tinggi. MMenjadi bagian masyarakat profesional

11  Kata profesional ditambah dengan “isme” yang kemudian menjadi profesionalisme.  Kata isme berarti paham. Ini berarti pula bahwa nilai-nilai profesional harus menjadi bagian dari jiwa seseorang yang mengemban sebuah profesi.

12

13 Gilley Dan Eggland (1989), prespektif pendekatan yaitu :  Pendekatan berorientasi filosofis   Pendekatan perkembangan bertahap   Pendekatan berorientasi karakteristik  Pendekatan berorientasi non-tradisional

14  Pendekatan lambang keprofesionalan. Contoh : sertifikat, lissensi, dan akreditasi.  Pendekatan sikap individu Layanan individu pemegang profesi diakui oleh umum dan bermanfaat bagi penggunanya.  Pendekatan electic, Proses profesionalisasi dianggap merupakan kesatuan dari kemampuan, hasil kesepakatan dan standar tertentu menggunakan prosedur, teknik, metode dan konsep dari berbagai sumber, sistim, dan pemikiran akademis.

15 Mengukur profesionalisme dilihat dari proses professional yaitu proses evolusi yang menggunakan pendekatan organisasi dan sistemastis untuk mengembangkan profesi ke arah status professional.

16  Adanya asosiasi informal individu-individu yang memiliki minat yang sama terhadap suatu profesi.  Melakukan identifikasi dan adopsi terhadap ilmu pengetahuan tertentu untuk mendukung profesi yang dijalani.  Setelah individu-individu yang memiliki minat yang sama berkumpul, selanjutnya para praktisi akan terorganisasi secara formal pada suatu lembaga.

17  Melakukan penyepakatan adanya persyaratan profesi berdasarkan pengalaman atau kualifikasi tertentu.  Penentuan kode etik profesi yang merupakan aturan main dalam menjalankan sebuah profesi yang harus ditaati oleh semua anggota profesi yang bersangkutan.  Revisi persyaratan berdasarkan kualifikasi tertentu seperti syarat akademis dan pengalaman melakukan pekerjaan di lapangan.

18 CU Next Week… Pertemuan 4 Tinjauan Profesi di Bidang Teknologi Informasi


Download ppt "Etika Profesi dan Pengembangan Diri"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google