Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASPEK EKONOMI dan SOSIAL ERVITA SAFITRI. Aspek Ekonomi dan Sosial Aspek ekonomi dan sosial adalah penelitian tentang dampak yang akan diberikan dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASPEK EKONOMI dan SOSIAL ERVITA SAFITRI. Aspek Ekonomi dan Sosial Aspek ekonomi dan sosial adalah penelitian tentang dampak yang akan diberikan dengan."— Transcript presentasi:

1 ASPEK EKONOMI dan SOSIAL ERVITA SAFITRI

2 Aspek Ekonomi dan Sosial Aspek ekonomi dan sosial adalah penelitian tentang dampak yang akan diberikan dengan adanya usaha lebih ditekankan kepada masyarakat khususnya dn pemerintah umumnya.

3 Aspek-aspek Penilaian Mamfaat Bisnis Yang di Tinjau Dari: 1.Sisi Rencana Pembangunan Nasional a.Memberi kesempatan kerja bagi masyarakat b.Menggunakan sumber daya lokal c.Menghasilkan dan menghemat devisa d.Menumbuhkan industri lain e.Menyediakan kebutuhan konsumen dalam negeri f.Menambah pendapatan nasional 2. Sisi Nilai Investasi Per Tenaga Kerja

4 Hambatan di Bidang Ekonomi : 1.Iklim trofisnya 2.Produktivitas rendah 3.Capital rendah 4.Nilai perdagangan luar negeri yang rendah 5.Besarnya pengangguran 6.Besarnya ketimpangan distribusi pendapatan 7.Penggunaan tana yang produktivitasnya rendah.

5 Dukungan Pemerintah Dukungan pemerintah terhadap usaha/ perusahaan yang baru dengan sistem perdagangan berjalan dengan baik melalui proteksi perdagangan, dengan kebijaksanaan yang dilakukan yaitu : 1.Kebijaksanaan Langsung terhadap komoditi : a.Kebijakan perdagangan Luar Negeri b.Kebijakan Perdagangan dalam Negeri c.Kebijan Produksi 2. Kebijakan Tidal langsung

6 Dampak yang timbul dengan adanya suatu usaha : 1.Meningkatkan ekonomi rumah tangga melalui: peningkatan tingkat pendapatan keluarga,perubahan pola nafkah,adanya pola nafkah ganda, tersediahnya jumlah dan ragam produk barang dan jasa di masyarakat dan tersediahnya sarana dan prasarana 2.Menggali, mengatur dan menggunakan SDM melalui; Pemilikan dan penguasaan sumber daya alam yang teratur, penggunaan lahan yang efisien dan efektif, peningkatan sumber daya alam lain yang belum terjamah.

7 3. Meningkatkan perekonomian pemerintah lokal maupun regional melalui : Menambah peluang dan kesempatan kerja bagi masyarakat, memberkan nilai tambah proses manufaktur, pemerataan pendistribusian pendapatan, peningkatan PDRB dan PAD 4. Pengembangan wilayah melalui : meningkatkan pemerataan pembangunan,Terbuka lingkungan pergaulan, membuka isolasi wilayah dan cakrawala bagi penduduk.

8 Aspek Sosial : 1. Adanya perubahan demografi melalui terjadinya: Perubahan tingkat kepadatan penduduk,perubahan komposisi tanaga kerja 2. Membuka lapangan kerja baru : Dengan dibukanya usaha akan menggairahkan masyarakat sekitar untuk turut membuka lapangan kerja yang baru. 3. Meningkatkan mutu hidup : Dengan adanya usaha yang baru akan mengurangi pengangguran, dengan demikian pekerja sudah mempunyai penghasilan tetap dapat meningkatkan mutu hidup mereka

9 2. Perubahan budaya yang meliputi terjadinya: perubahan adat istiadat, nilai dan norma budaya setempat, perubahan warisan budaya, perubahan pelapisan sosial, perubahan sikap dan persepsi masyarakat terhadap rencana usaha. 3. Perubahan kesehatan masyarakat meliputi terjadinya: Perubahan parameter lingkungan terkena dampak pembangunan terhadap kesehatan, potensi besar timbulnya penyakit, kondisi lingkungan tidak sehat.

10 Tugas Minggu Depan : Aspek Ekonomi dan Sosial a) Dampak Usaha Terhadap Ekonomi b) Dampak Usaha Terhadap Sosial


Download ppt "ASPEK EKONOMI dan SOSIAL ERVITA SAFITRI. Aspek Ekonomi dan Sosial Aspek ekonomi dan sosial adalah penelitian tentang dampak yang akan diberikan dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google