Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2012 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2012 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Jo Ann Davidson, Kontributor Utama

5 "...sangat penting bagi kita untuk mengenal Allah yang kita sembah, percayai, dan kita layani--yang harus kita kasihi..." Lukas 10:27 "Triwulan ini kita akan mempelajari tentang Allah, dalam berbagai aspek dari Dia sebagaimana telah dinyatakan kepada kita dan apa artinya bagi kita dalam praktik kehidupan kita...Kita akan memulai dengan beberapa "dasar," seperti Trinitas Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

6 ...kita akan fokus pada Allah sebagai Pencipta...kemudian, kita akan mempelajari pekerjaan penebusan- Nya. Kita juga akan mempelajari tentang Allah, baik Allah kasih karunia, maupun Allah penghakiman. Lalu kita akan mempelajari tentang kekudusan- Nya, hukum-Nya, dan Sabat... Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

7 kita juga akan mempelajari beberapa aspek lain dari Tuhan yang tidak biasa dipikirkan, seperti Tuhan atas keindahan, Tuhan atas sejarah, dan bahkan Tuhan atas percintaan...kita juga akan melihat pada janji Allah yang begitu indah tentang kedatangan-Nya yang kedua kali yang menuntun pada puncak sejarah dan akhir kehidupan manusia yang mengerikan dalam pengalaman dengan dosa. Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

8 Sekilas Tentang Allah Kita Daftar Isi 1. Allah Tri Tunggal 2. Pada Mulanya 3. Allah Sebagai Penebus 4. Allah Kasih Karunia dan Penghakiman 5. Kekudusan Allah 6. Allah Pemberi Hukum 7. Tuhan Atas Hari Sabat 8. Pemeliharaan Ciptaan 9. Alkitab dan Sejarah 10. Janji Doa 11. Allah Sebagai Ahli Seni 12. Kisah Cinta 13. Janji Kedatangan-Nya Kembali

9 Pelajaran 7 Tuhan atas Hari Sabat

10 POKOK PIKIRAN Sabat hari ketujuh, dalam segala hal, memfokuskan kita kepada Yesus, Pencipta kita dan Penebus kita.

11 Kata-kata Pembuka Sebagai umat Allah yang percaya pada pekerjaan penciptaan-Nya dan janji-Nya untuk penciptaan kembali, kita dipanggil untuk menjadi penatalayan dari semua ciptaan. Dengan melakukan ini, kita menyembah Allah dan melayani orang lain, serta mendapatkan pemahaman yang lebih besar terhadap pemeliharaan Allah Pencipta bagi semua mahluk ciptaan-Nya.

12 Ayat Hafalan: “Lalu kata Yesus kepada mereka: ‘Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat, jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat’” (Markus 2:27,28).

13 Pengantar:  Yesus adalah oknum yang menjadikan “segala sesuatu”  PENCIPTA  Yesus adalah Oknum yang memberikan keselamatan  PENEBUS  Kedua aspek penting yang telah Yesus lakukan yakni: mencipta dan menebus ditemukan dalam perintah Sabat.

14 Black Tuhan atas Hari Sabat Sekilas Pandang 1. Sabat Diciptakan, Diperintahkan ( Kej 2, Kel 20, Ulangan 5 ) 2. Yesus dan Sabat: Bagian 1 (Matius 12:7-10) 3. Yesus dan Sabat: Bagian 2 (Yohanes 19:30)

15 Tuhan atas Hari 1. Sabat Diciptakan, Diperintahkan ( Kej 2, Kel 20, Ulangan 5 )

16 Keluaran 20:8,11 “Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

17 Sabat Dalam Kitab Kejadian. [Kejadian 2:1-3]  Kembali ke Taman Eden, satu dunia yang sempurna diciptakan oleh Allah yang sempurna, di sana hari ketujuh telah diasingkan dari hari-hari lainnya dalam sepekan dan menguduskannya.  Pelajaran Yang Dapat Diambil dari pernyataan ini: Latar belakang dan sejarah pemeliharaan Sabat itu jauh sebelum Sinai, itu di mulai dari peristiwa penciptaan Kembali ke Eden!

18 Sabat Dalam Kitab Kejadian. [Kejadian 2:1-3]  Allah menciptakan satu hari, Dia beristirahat pada hari itu, Dia memberkati hari ketujuh itu, dan Dia menguduskannya  Dari pernyataan ini kita dapat menemukan bahwa sedikitnya Allah melakukan 4 tindakan sementara Dia menciptakan hari Sabat (1) Allah menciptakan satu hari, yakni hari Sabat (2) Allah beristirahat pada hari itu (3) Allah memberkati hari itu (4) Allah menguduskannya.

19 DISKUSIKAN Menurut pendapat anda, apakah arti penting dari 4 tindakan Allah pada saat dia menciptakan hari Sabat itu. Apakah yang Allah inginkan untuk kita ketahui melalui tindakan yang dilakukan-Nya itu? Jelaskan!

20 Jawaban: Ini menunjukkan betapa seriusnya Allah menciptakan hari Sabat itu. Itu dibuktikan dengan beristirahatnya Allah pada hari Sabat itu.

21 Sabat Dalam Kitab Kejadian. [Kejadian 2:1-3]  Allah menunjukkan kuasa-Nya tidak hanya terhadap ruang dan segala sesuatu yang ada pada ruang itu tetapi juga terhadap waktu.

22 o Seisi rumah, termasuk beberapa pembantu apa pun jenis kelaminnya, golongan pekerjaan setara dengan “boss,” harus istirahat bersama. o Sabat ialah penyeimbang yang hebat, pembebas dari segala ketidakadilan dari struktur sosial. Sabat Dalam Kitab Keluaran. [Keluaran 20:8-11]

23 Diskusikan Apakah yang dapat dilakukan oleh hari Sabat sehubungan dengan status sosial manusia yang sekarang ini jurang pemisahnya semakin dalam? Jelaskan pendapat anda berdasarkan apa yang terdapat dalam kitab Keluaran 20:8-11

24 Jawaban: Di hadapan Allah, semua manusia adalah sama, dan Sabat adalah cara yang unik untuk menyatakan kebenaran yang penting ini, terutama dalam sebuah dunia yang didominasi oleh struktur kelas yang menimbulkan berbagai macam kelompok “di atas” atau “di bawah” yang lain.

25 Pelajaran SSD, Selasa 14 Februari 2012 “... hari Sabat menolong membawa majikan dan hamba bersama-sama dalam martabat yang sama; keduanya berhenti di hari yang sama. Hari Sabat, pada tingkat pelaksanaan yang murni, memberikan kepada hamba beberapa perlindungan dari majikan yang ingin mempekerjakan mereka nonstop— sebuah perlindungan yang benar sesuai dengan perintah yang asli pada saat penciptaan.”

26  sebagaimana arti semula, hari Sabat ialah sebuah symbol untuk penciptaan; sesudah dosa, menjadi symbol baik untuk penciptaan maupun Penebusan, yang mana keduanya adalah tipe dari penciptaan kembali  Penciptaan dan penebusan sangat berhubungan erat dalam Alkitab; hanya Allah Pencipta dapat menjadi Allah penebus, dan kita dapat memiliki keduanya dalam Yesus Sabat Dalam Kitab Ulangan. [Ulangan 5:12-15]

27 Black Tuhan atas Hari Sabat 2. Yesus dan Sabat: Bagian 1 (Matius 12:7-10)

28 Matius 12:7-10 “Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah...Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya. Mereka bertanya kepada-Nya: "Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?" Maksud mereka ialah supaya dapat mempersalahkan Dia.”

29 Yesus dan Sabat-Nya Yesus hidup sebagai seorang Yahudi yang setia. Ia menghadiri bait suci untuk perayaan-perayaan dan memiliki kebiasaan secara teratur pergi ke rumah ibadat pada hari Sabat (Lukas 4:16) Tetapi, dengan tindakan-Nya, Dia menantang status quo yang menganggap Sabat hanya sekedar menuruti peraturan. Dia mengatakan bahwa Sabat bukan hanya peraturan, sebaliknya ia adalah suatu pemberian kepada umat manusia.

30 Menyembuhkan pada Hari Sabat ayat kunci, yang menjelaskan semuanya itu, adalah Matius 12:7. Peristiwa itu adalah: mengenai kebutuhan orang-orang, mengenai belas kasihan dan kebaikan dan mengasihi orang lain. Dengan memelihara Sabat secara benar, mengizinkan kita lebih berkesempatan untuk menunjukkan kebaikan dan kemurahan hati kepada mereka yang membutuhkan daripada hari yang lain dalam satu pekan ketika kita dipaksa untuk mencari nafkah.

31 Diskusikan Menurut anda, mengapa Yesus menyembuhkan orang sakit pada hari Sabat padahal Dia bisa saja melakukan hal itu pada hari yang lain?

32 Jawaban:  Hari Sabat sudah menjadi dibebani dengan sejumlah ketentuan dan peraturan yang dibuat oleh manusia.  Hari Sabat telah menjadi hukum tanpa kasih, yang merupakan legalisme yang keras.  Inilah yang dilawan Yesus dengan penyembuhan yang dilakukan-Nya.

33 Dengan pilihan-Nya untuk menyembuhkan orang pada hari Sabat, Ia menunjukkan bahwa hari Sabat bukanlah satu hari hanya untuk kita saja, tetapi hari untuk menjangkau membantu dan mengangkat orang lain agar mereka juga, boleh mendapat manfaat dari karunia Allah atas hari Sabat. Menyembuhkan pada Hari Sabat

34 Yesus, melalui mukjizat-mukjizat Sabat-Nya, menunjukkan bagaimana Sabat yang sebenarnya. Itu adalah suatu hari untuk penyembuhan dan pemulihan. Yesus berkmaksud agar Sabat juga mengingatkan kita akan kuasa Allah. Jadi, Sabat adalah hari dimana Dia membebaskan para tawanan (Lukas 4:31-37), membuat orang lumpuh bisa berjalan (Lukas13:10-17; Yoh 5:1-9), dan memulihkan penglihatan orang buta (Yohanes 9) Menyembuhkan pada Hari Sabat

35 Pelajaran SSD, Kamis 16 Februari 2012 Bagi Yesus, hari Sabat lebih fokus mengenai manusia daripada mengenai peraturan, sehingga tidak ada bagian yang diragukan mengapa Dia membuat pernyataan-Nya yang terkenal mengenai hari Sabat, bahwa hari Sabat dibuat untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat.

36 Black Tuhan atas Hari Sabat 3. Yesus dan Sabat: Bagian 2 (Yohanes 19:30)

37 Yohanes 19:30 “Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala- Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.”

38

39 Yesus tidak hanya memperkuat keabsahan dan pentingnya berhenti pada hari Sabat ketika Dia masih hidup, tetapi juga dalam kematian-Nya

40 Setelah Dia berkata, “Sudah selesai!,” yaitu sesudah pekerjaan penebusan-Nya dilakukan, apakah yang Yesus lakukan? Dia beristirahat pada hari ketujuh. Kedengarannya lazim? Sesudah Allah menyelesaikan pekerjaan penciptaan, Dia beristirahat pada hari ketujuh. Sekarang, sesudah pekerjaan penebusan- Nya, Dia melakukan hal yang sama

41 Yesus Beristirahat Jika itu [hari Sabat] telah dihapuskan, mengapa beristirahat pada hari Sabat menjadi hal pertama yang Yesus lakukan sesudah kematian-Nya di kayu salib? Jadi, baik dalam kematian-Nya maupun dalam kehidupan-Nya, Yesus menunjukkan kepada kita kesinambungan keabsahan dan pentingnya hari Sabat.

42 DISKUSIKAN Menurut anda, apakah yang diajarkan hari Sabat tentang Allah kepada kita? Apa sajakah yang membuat anda sulit untuk mengingat atau memelihara hari Sabat?

43 KUTIPAN ROH NUBUAT “Alam harus melanjutkan tugasnya yang tidak berubah-ubah itu. Allah tidak dapat sedikit pun menghentikan tangan-Nya, kalau tidak manusia itu akan pingsan dan mati. Maka manusia pun mempunyai suatu pekerjaan yang patut dilakukan pada hari ini. Kebutuhan hidup harus tetap diteruskan, orang sakit patut dirawat, keperluan orang yang berkekurangan harus disediakan. Ia dianggap bersalah jika tidak menolong orang-orang yang menderita pada hari Sabat. Hari perhentian Allah yang suci telah dijadikan bagi manusia, dan perbuatan kebajikan adalah sesuai dengan maksud hari itu. Allah tidak mengingini mahluk kejadian-Nya menderita kesakitan yang dapat disembuhkan pada hari Sabat atau pada hari yang lain.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld.5, hlm.212, 213

44 RANGKUMAN Alkitab menyatakan Yesus sebagai Tuhan atas hari Sabat hari ketujuh, tanda yang paling mendasar dari Dia sebagai Pencipta dan Penebus.

45 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Memelihara kekudusan Sabat dalam ketaatan kepada perintah Allah adalah pertanda bukan hanya menghormati Pencipta kita tetapi Penebus kita, yang beristirahat di dalam kubur setelah menyelesaikan pekerjaan-Nya di kayu Salib. Sebagai umat Masehi Advent Hari Ketujuh yang percaya bahwan Yesus adalah pencipta dan Penebus, saya wajib memelihara dan menguduskan hari Sabat seperti yang telah dilakukan oleh Yesus baik pada saat hidup dan mati-Nya. Cara saya menguduskan Sabat juga harus seperti Yesus, yakni menjadikan Sabat itu sebagai berkat dan melayani sesama Saya lemah dan kurang menyadari hal ini. Minggu ini melalui pertolongan Tuhan dengan belajar Alkitab dan berdoa saya akan memelihara Sabat dan menyucikannya seperti apa yang dilakukan oleh Yesus. Saya tidak akan memelihara Sabat dengan cara legalis tetapi saya akan menjadikan Sabat sebagai satu hari untuk menolong dan melayani sesama

46 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google