Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PSIKOLOGI INOVASI KULIAH KE-11 Faktor keberuntungan dalam meraih kesuksesan Arundati Shinta Fakultas Psikologi Universitas 45 Yogyakarta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PSIKOLOGI INOVASI KULIAH KE-11 Faktor keberuntungan dalam meraih kesuksesan Arundati Shinta Fakultas Psikologi Universitas 45 Yogyakarta."— Transcript presentasi:

1 1 PSIKOLOGI INOVASI KULIAH KE-11 Faktor keberuntungan dalam meraih kesuksesan Arundati Shinta Fakultas Psikologi Universitas 45 Yogyakarta

2 2 Apa keberuntungan itu? Keberuntungan = hal-hal yang menyenangkan dan tidak terduga datangnya. Keberuntungan = faktor shio, bintang, hari lahir, bentuk badan, nama, keturunan. Keberuntungan = segala sesuatu yang tidak dapat dipahami, karena faktor supra natural. Keberuntungan = adanya campur tangan teman, keluarga, penguasa, tetangga.

3 3 Bisakah keberuntungan diciptakan? 1)Perbanyaklah kita berada dalam situasi yang tinggi probabilitasnya dalam meraih keberuntungan Contoh: Sering beli lotre (seminggu 50 buah) vs beli lotre 2buah /minggu Kirim 100 tulisan ke koran vs 2 tulisan Kirim lamaran pekerjaan 200 dari Aceh – Papua vs kirim lamaran hanya 10 di Kodya Yogya

4 4 Menciptakan keberuntungan 2) Perbanyklah bergaul, berteman, bercakap-cakap sambil menunggu bis, kereta, dll. Arti: sering bergaul = punya banyak informasi yang dibagikan = mudah mencari informasi yang dibutuhkan. Contoh: Ngobrol dg teman lama, dapat pekerjaan sampingan Ngobrol dg teman baru, dapat kesempatan untuk tampil di berbagai acara.

5 5 Menciptakan keberuntungan 3 ). Menghadapi situasi sulit = ambil sisi positifnya. Arti = Tidak menyalahkan lingkungan / pihak lain Kenali penyebabnya (identifikasi) Bisa menerima hal-hal yang buruk Penerimaan = solusi langsung ada di depan mata Memacu strategi untuk mengatasinya.

6 6 Menciptakan keberuntungan 4). Kenali naluri dengan cara meditasi, perenungan, proses pengambilan keputusan yang tidak sembrono Cara orang Jawa: -Menahan diri -Tirakat

7 7 REFERENSI: Shinta, A. (2012). Psikotes dan keberuntungan dalam berburu pekerjaan. /psikotes-dan-keberuntungan-dalam.html Wiseman, R. (2003). The luck factor: The four essential principles. New York: Hyperion.


Download ppt "1 PSIKOLOGI INOVASI KULIAH KE-11 Faktor keberuntungan dalam meraih kesuksesan Arundati Shinta Fakultas Psikologi Universitas 45 Yogyakarta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google