Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pahami bahwa konflik di tempat kerja bersifat ALAMIAH By James Gwee & Tjantana Jusman Blessed Bussiness Ideas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pahami bahwa konflik di tempat kerja bersifat ALAMIAH By James Gwee & Tjantana Jusman Blessed Bussiness Ideas."— Transcript presentasi:

1 Pahami bahwa konflik di tempat kerja bersifat ALAMIAH By James Gwee & Tjantana Jusman Blessed Bussiness Ideas

2 Karena : A. setiap individu dlm team mempunyai kepribadian yang berbeda-beda B. Ada kecenderungan konflik kepentingan. C. Kapasitas IQ, EQ dan SQ yang berbeda- beda dalam merespon tantangan

3 Penyebab Konflik ?

4 Penyebab Konflik di Tempat Kerja : 1. Asumsi yang Berbeda 2. Pengharapan yang Berbeda 3. Penafsiran yang Berbeda 4. Tujuan Pribadi yang Berbeda 5. Gaya Manajemen atau kepemimpinan (management or leadership styles) yang berbeda 6. Kepribadian (personalities) yang berbeda.

5 Komunikasi untuk mencapai persetujuan

6

7 Bukalah pintu komunikasi dan capailah persetujuan baik formal maupun tidak formal tentang hal-hal berikut.

8 Permasalahan apa yang perlu dikomunikasikan ? Bagaimana cara mengkomunikasikannya ? Siapa yang memiliki informasi ? Bagaimana dengan pertemuan – pertemuan antar departemen ? Seminggu sekali ? Sebulan sekali ?

9 Cepat untuk mendengar.

10 Dalam berkomunikasi, yakinkan bahwa kita mendengar terlebih dahulu dan coba mengerti setiap hal atau permasalahan yang disampaikan oleh lawan bicara kita.

11 “Jikalau seseorang memberi jawab sebelum mendengar, itulah kebodohan dan kecelaannya.”

12 “ Kewajiban pertama dari KASIH adlh MENDENGAR” (Paul Tillich)

13 “Banyak orang mendengar bukan dengan maksud untuk mengerti, mereka mendengar dengan maksud untuk menjawab balik.”

14

15 Lambat untuk berkata-kata. Perhatikan waktu yang tepat untuk anda berbicara. “ Perkatkaan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak”

16 “Lidah lebih ditakuti daripada sebilah pedang samurai” (Peribahasa Jepang.)

17 “Kesalah-pahaman dan permusuhan timbul krn ucapan yang tidak pada tempatnya. Bisa mengendalikan diri, tahu kapan harus diam dan tahu kapan harus berbicara adalah sikap yg bijak” (Andrie Wongso)

18 Lambat Untuk Marah. Kemarahan tidak menyelesaikan masalah. Justru jawaban lembut kita yang akan meredakan kemarahan lawan bicara kita.

19 Mendiskusikan untuk mencari jalan keluar terbaik & Adil

20 DISKUSIKAN : A.Dalam hal-hal apa saja biasanya konflik terjadi ? B.Langkah – langkah apa yang harus dilakukan ketika konflik tersebut terjadi ?

21

22 Disaat kita cepat melakukan RESPON terhadap konflik, itu SIKAP yang sangat POSITIF terhadap KEHIDUPAN (Zig Ziglar)


Download ppt "Pahami bahwa konflik di tempat kerja bersifat ALAMIAH By James Gwee & Tjantana Jusman Blessed Bussiness Ideas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google