Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan Materi Presentasi 1 Allah dan Manusia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan Materi Presentasi 1 Allah dan Manusia."— Transcript presentasi:

1 Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan Materi Presentasi 1 Allah dan Manusia

2 A. Pengantar 1.Apa yang anda ketahui tentang Tuhan ? 2.Ceriterakan pengalaman anda dengan Tuhan? 3. Bagaimana cara anda mengenal Tuhan? 4.Siapa Tuhan atau Allah itu 5.Apa itu agama ? 6.Mengapa kita beragama

3 Tuhan atau Allah adalah suatu nama yang diberikan kepada yang transeden. Dalam kekristenan, Tuhan maupun Allah bukanlah suatu konsep yang abstrak tetapi pribadi yang menyatakan kehendakNya kepada ciptanNya termasuk manusia. Agama adalah suatu pencarian manusia akan yang transeden serta hubungan denganNya, maupun manifestasi dari hubungan itu dalam bentuk ritus atau upacaran

4 1. Agama dan kepercayaan kepada Allah Pembahasan tentang agama selalu berkaitan dengan Allah atau sesuatu yang dianggap sebagai Allah Setiap manusia pada dasarnya mempunyai kesadaran religius, yakni kesadaran bahwa ada suatu kodrat ilahi diatas realitas dunia ini dan di dalam berbagai agama diberi nama yang bermacam-macam. Gejala yang disebut agama sudah ada sejak dulu.

5 Gejala fenomena agama senantiasa terjadi ditengah masyarakat Mengapa? Karena manusia merasa dirinya terbatas dan ilmu pengetahuan tidak dapat menjawabnya Timbulnya agama karena manusia merasa dirinya terbatas mencari sesuatu yang lebih tinggi dari dirinya (yang kodrati) Timbulnya agama juga dalam rangkah manusia mencari jati dirinya,siapa aku dan kemana aku? Untuk apa aku hidup? Kekristenan Allah menyatakan dirinya sebagai pencipta sehingga manusia memiliki kesadaran religius, suatu kesadaran adanya kodrat ilahi.

6 Dalam konteks masyarakat Indonesia yang berdasarkan pancasila, gejala agama adalah suatu gejala yang sangat penting, maka semua warga negara mempunyai kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa meskipun dengan konsep Tuhan yang berbeda-beda. Memahami masyarakat Indonesia harus dilihat dari konteks keagamaan. Agama di Indonesia telah meresapidi dalam berbagai kehidupan pendidikan, sosial, politik dan lain-lainya.

7 2 Allah dan Penyataan-Nya Dapatkah manusia mengenal Allah dan Hakikat-Nya? Pada jawaban itu ada 2 kemungkinan: 1. Tidak mungkin manusia dapat mengenal Allah dan hakikatnya, karena manusia terbatas dan Allah tidak terbatas. 2. Manusia mungkin mengenal Allah dan hakikatnya apabilah Allah menyatakan diri- Nya

8 Ada 2 cara Allah menyatakan diri-Nya 1.Penyataan umum 2.Penyataan khusus

9 Apakah penyataan umum itu? Penyataan umum adalah cara Allah menyatakan diri-Nya melalui penciptaan, sejarah dunia dan suara hati ( artinya pengamatan manusia melalui alam semesta) Roma.1:19-20, Maz.19) Pertanyaanya adalah, apakah mungkin manusia mencapai pengenalan yang benar akan Allah melalui penyataan umum? Artinya kesadaran releiigius tidak cukup. Itulah sebabnya menurut kepercayaan kristen manusia membutuhkan penyataan khusus.

10 Penyataan umum tidak cukup untuk membawa manusia kepada Allah, Mengapah? Karena adanya dosa, dosa menghalangi manusia untuk dapat mengenal Allah (roma.1:21-24) Meskipun mereka mengenal Allah tetapi tidak memuliakan Allah (Roma.1:21) Mereka mengganti Allah dengan ciptaanya (Roma.2:23) Menggantikan kebenaran dengan dusta (25)

11 Penyataan khusus Penyataan khusus adalah cara Allah menyatakan diri dan kehendak-Nya melalui firman-Nya dan mencapai puncaknya dalam diri Tuhan Yesus Kristus Penyataan Allah secara khusus dalam inisiatif Allah mencari manusia yang telah jatuh dalam dosa (Bandingkan dengan kej.3)

12 Dalam penyataan khusus atas inisiatif Allah untuk mencari manusia yang berdosa 1.Allah menyatakan dirinya sebagai firman (Kej.1:1 ; Yoh.1:1) 2.Allah berinisiatif untuk mencari manusia yang berdosa (Kej.3:9) 3.Perjanjian Allah akan datangnya juruselamatan (Kejadian 3:3)

13 Mengapa diperlukan penyataan khusus? 1.Penyataan khusus diperlukan karena tidak ada lagi pengetahuan yang benar di dlam manusia (karena dosa) tentang Allah (Roma.1:21-22 ; Ef.4:9) 2.Penyataan khusus penting karena penyataan umum (melalui alam semesta) tidak menyelmatkan, tetapi hanya menuntun penyataan khusus sehingga manusia mendpat keselamatan 3.Penyataan khusus Allah ini penting karena apa yang tidak jelas dalam penyataan umum disatukan dan dibuat jelas dalam penyataan khusus

14 2. Allah dalam kepercayaan Kristen Dalam kepercayaan Kristen Allah dikenal dari tindakan-Nya: Allah sebagai pencipta,Penyelamat dalam Yesus Kristus dan penebus dalam Rohkudus. 2.1 Allah Sang Pencipta Ada 2 cara dalam pendekatan pembahasan Allah. Pertama,Melalui kodrat dan sifat-sifatnya, lalu dilanjutkan dengan karya-karya-Nya

15 Kedua, Melalui karya-karya-Nya lalui dilanjutkan dengan sifat-sifat dan kodrat-Nya. Di dalam Alkitab pendekatan pengenalan Allah melalui Karya-karyanya kemudian berlanjut dengan sifat dan kodrat-Nya. Apakah yang dilakukan Allah yang menujukan sifat dan hakikat-Nya Alkitab memulai kesaksianya tentang Allah sebagai pencipta langit dan bumi dan seluruh isinya termasuk manusia (Kej.1-2) dalam iman Kristen Allah dikenal melalui pencipta Alam semesta beserta isinya.

16 Penyataan Allah sebagai sang pencipta harus mendapat tekanan di dalam iman kristen utuk menolak semua teori tentang asal-usul dunia. Iman Kristen menolak teori evolusi darwin Big bang Teori Kekritenan percaya akan adanya pencipta dibalikkeberadaan dunia yang begitu menakjubkan (Kej.1-2, Maz.33:6) Penciptaan yang dilakukan oleh Allah dari tidak ada menjadi ada (Rm.4:17 ;Ibr.11:13)

17 1 Allah Sang pribadi Yang Maha Kuasa Dari mengkaji bahwa Allah adalah sang pencipta tiba pada suatu kesimpulan sifat dan hakikat Allah bahwa Allah adalah sang pribadi yang Maha Kuasa. Pribadi yang berpikir dan membuat keputusan, tetapi juga Allah mebangun relasi dengan pihak lain. Kita akan sulit untuk dapat membayangkan kepribadian Allah namun sedikit kita akan tertolong bilamana membayangkan kepribadian manusia. Kepribadian manusia mengandung tanda-tanda kepribadian Allah.

18 2. Implikasi kepercayaan kepada Allah sebagai Pencipta. Apakah arti dan konsekuensi dari kepercayaan tersebut bagi kehidupan kita di dunia? Pertama, Allah adalah sumber hidup kita dan keberadaan kita, kehidupan kita sepenuhnya bergantung kepada Allah, kita adalah milik Allah sang pencipta kita. Hanya Allah yang dapat menentukan untuk apa kita hidup didunia ini? (I Kor.6:20, Roma 11:36)

19 Kedua, Pengakuan Kemaha Kuasaan Allah mendorong kita memiliki sikap bersyukur dan mengakui kebesaranya dan beribadah kepada- Nya, berdoa memohon pertolonga-Nya ini semua dasar kehidupan beribadah Ketiga, Karena Allah pencipta adalah pribadi maka manusia terpanggil untuk menjawab pernyataan diri Allah dengan memasuki hubungan yang bersifat pribadi dengan-Nya.

20 A. Allah adalah penyelamat 1 Allah, Agama dan Keselamatan Ide keselamatan mempunyai tempat dalam setiap agama dengan cara yang bervariasi. Ajaran tentang keselamatan ini kemungkinan yang mendorong seseorang untuk beragama.

21 2 Keselamatan menurut Perjanjian Lama Konsep tentang Allah sebagai Penyelamat bukan monopoli di dalam perjanjian baru, di dalam perjanjian lama mempunyai syahadat (Kel.14:13; Maz.3:8;62:2-3) Ada beberapa istilah yang dipakai oleh PL untuk menunjukan konsep keselamatan. Ada berbagai tindakan Allah dalam menyelamatkan umat-Nya Kel.15,Ul.16:1

22 Konsep keselamatan dalam PL terjadi secara berkembang. Apakah Allah menyelamatkan umat-nya maka diawali dari. Diselamatkan dari ketidak beruntungan, dari sakit penyakit, dari perbudakan, dari kekeringan dari kelaparan. Kemudian keselamat mengalami pergeseran menunjuk kemasa yang akan datang

23 Pernyataan khusus artinya tindakkan Allah untuk menyatakan dirinya melalui Yesus Kristus dan firmanNya yang tertulis a.Melalui Yesus Kristus Yesus Kristus adalah Allah sendiri yang menyatakan dirinya kepada manusia (Yoh.1:18; Ibr. 1:3;Gal.1:12) b. Melalui alkitab Alkitab adalah perkataan Allah dicatat oleh orang yang dipilih untuk itu agar manusia di dalamnya, manusia dapat mengenal Allah dengan benar. (Yoh.2:30; 1 Tes.2:13, 2 Tim.3:15-17)

24 PROSES DOSA MASUK DALAM KEHIDUPAN MANUSIA B. Keselamatan Dalam Perjanjian Baru

25 C. Kejatuhan manusia dalam dosa 1.Allah dan manusia Manusia di tempatkan di taman eden untuk menguji manusia Karena manusia diberi kehendak bebas untuk memilih (Kej.2:15) Manusia perlu membuktikan kesetianya kepada Allah dengan keputusanya.

26 2.Iblis dan manusia Iblis bekerja melalui ular untuk mencoba manusia agar tidak mentaati perintah Tuhan. Pencobaan manusia dilakukan melalui 3 cara: a.Melalui tubuh Kej.3:6 Hawa telah melihat bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan b. Melalui jiwa/perasaan Kej.3:6 Hawa merasa bahwa pohon itu sedap kelihatannya c. Melalui roh Kej.3:5Tawaran untuk menjadi seperti Allah

27 Langkah-langkah kejatuhan Adam dan Hawa 1.Mendengar dan menanggapi fitnah yang ditujukan kepada Allah Kej.3:1// 2:16 2.Lebih percaya kepada perkataan iblis drp Allah Kej.3:4-5 3.Mengabaikan hal yang dilarang Tuhan dan mengikuti tawaran iblis 4.Ingin akan hal yang dilarang Tuhan (Kej.3:6) 5.Melanggar larangan Tuhan.

28 Akibat Dosa 1.Manusia diusir dari taman eden (Kej.3:23-24) hal ini menyebabkan keterpisahan persekutuan antara manusia dan Allah (Rm.6:23) wanita dan pria akan susah 2.Kematian jasmani Sebagai hukuman atas ketidak taatan kepada perintah Allah (Kej.3:17)

29 3. Kematian Rohani Perpisahan roh manusia dengan Allah (Ef.2:1) 4. Kematian kekal Ini akibat dari kematian rohani dan sekaligus merupakan puncak dari kematian rohani/hukuman kekal (Wy.21:8)

30 MENGAPA MANUSIA PERLU DI DAMAIKAN DENGAN ALLAH? DOSA MEMISAHKAN MANUSIA DENGAN ALLAH

31 Usaha manusia

32 Penghalang antara manusia dengan Allah

33 Yesus Kristus mendamaikan kita dengan Allah

34 Dosa dan kesalah kita dihapuskan

35 PERTANYAAN DIANOSTIK 1.Jika anda meninggal hari ini apakah anda yakin pasti masuk sorga? 2.Jika anda meninggal hari ini dan Allah bertanya” mengapa aku harus mengijinkan engkau masuk surgaku? Apa jawaban anda

36 2. Allah dalam kepercayaan Kristen Kristus adalah puncak penyataan Allah Keberadaan Yesus Kristus a. Yesus adalah Allah sejak kekekalan b.Yesus adalah Allah yang melakukan berbagai hal Arti Kedatangan Tuhan Yesus kedunia KedatanganNya sudah diberitahukan sebelumnya Maksud kedatangan Tuhan Yesus ke dunia Penebusan dan pendamaian

37 KONSEPSI TUHAN DALAM PERSPEKTIF KRISTEN II 1.KRISTUS ADALAH PUNCAK PENYATAAN ALLAH 2.KEBERADAAN YESUS KRISTUS 3.ARTI KEDATANGAN TUHAN YESUS KEDUNIA 4.KEDATANGANYA SUDAH DIBERITAHUKAN SEBELUMNYA 5.MAKSUD KEDATANGAN TUHAN YESUS KEDUNIA 6.PENEBUSAN DAN PENDAMAIAN

38 1. KRISTUS ADALAH PUNCAK PENYATAAN /WAHYU ALLAH Pentingnya penyataan khusus a. Penyataan khusus penting, karena tidak ada lagi pengetahuan yang benar di dalam manusia (karena dosa) tentang Allah (Rm.1:21- 22;Ef.4:19) b. Penyataan khusus penting karena penyataan umum melalui (alam semesta) tidak menyelamatkan tetapi hanya menuntun kepenyataan khusus, sehingga manusia bisa mendapat keselamatan (kis.4:12)

39 Penyataan Allah adalah tindakkan Allah untuk menyatakan atau memperkenalkan diriNya kepada manusia yang berdosa, dengan maksud agar manusia menerima pertolongan Allah dalam Yesus Kristus yang akan mengeluarkan mereka dari dosa. Dan juga melalui penyataan Allah ini, manusia dapat menyembah Allah yang benar dan memuliakanNya

40 KISAH PARA RASUL 4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di dalam kolong langit ini tidak ada nama lain yangdiberikan kepada manusia yang olehnya kita diselamatkan


Download ppt "Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan Materi Presentasi 1 Allah dan Manusia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google