Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERSPEKTIF DATABASE. Pendekatan Basisdata Ada 2 model pendekatan basisdata : Pendekatan Sistem File Tradisional. Pendekatan Sistem Manajemen Database.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERSPEKTIF DATABASE. Pendekatan Basisdata Ada 2 model pendekatan basisdata : Pendekatan Sistem File Tradisional. Pendekatan Sistem Manajemen Database."— Transcript presentasi:

1 PERSPEKTIF DATABASE

2 Pendekatan Basisdata Ada 2 model pendekatan basisdata : Pendekatan Sistem File Tradisional. Pendekatan Sistem Manajemen Database

3 Pendekatan Sistem File Tradisional. Ciri-ciri pendekatan file tradisional : Memiliki database yang terpisah-pisah Redundansi data, data yang sama tersimpan di tempat yang berbeda, mengakibatkan kekacauan informasi, karena merubah data ditempat yang satu tanpa di ikuti perubahan data di tempat yang lain bisa mengakibatkan dual inofrmasi

4 Pendekatan Sistem File Tradisional. Ciri-ciri pendekatan file tradisional : Masing-masing database sangat ber- gantung terhadap aplikasinya sendiri. Misalnya : aplikasi dept. keuangan dirancang khusus untuk database keuangan. System Informasi yang dibangun tidak fleksibel karena kebergantungan terhadap pro-gram aplikasi tertentu saja.

5 Pendekatan Sistem File Tradisional. Ciri-ciri pendekatan file tradisional : Penggunaan database secara bersama sulit dilakukan, karena terpisahnya database. Kurangnya relasi data, data dirancang dan diimplementasikan untuk sebuah aplikasi tunggal tanpa memperhatikan efek dari system yang sudah ada dan system yang akan updating.

6 Pendekatan Sistem File Tradisional. Kelebihan sistem file tradisional : Rancangan data yang sederhana, sangat mudah untuk membuat sebuah model data yang ternormalisasi untuk mendukung sebuah aplikasi atau sekelompok kecil aplikasi.

7 Pendekatan Sistem File Tradisional. Kelebihan sistem file tradisional : Pengaksesan data yang cepat, system file tradisional bersandar pada file-file yang diorganisir dengan basis sekuensial, indeks sekuensial atau direct (langsung).

8 Pendekatan Sistem File Tradisional. Kelebihan sistem file tradisional : Teknologi pendukung yang tidak mahal, metode pengorganisasian file tradisonal didukung oleh sebagian besar system operasi yang ada dan model pengaksesan file yang menyertainya. Mereka tidak membutuhkan pengeluaran untuk perangkat lunak tambahan.

9 Pendekatan Sistem File Tradisional. File 4 File 5 File 6File 3 File 2 File 1 File 4 File 5 File 6File 3 File 2 File 1 File 4 File 5 File 6File 3 File 2 File 1 Database personalia Database Produksi Database Gudang

10 Pendekatan Sistem Manajemen Database Meningkatkan keterpaduan data, Analisis merancang kebutuhan data tidak hanya untuk satu aplikasi tunggal Menambah aksesibilitas data. Memungkinkan seseorang untuk mendapatkan data dari database tanpa harus menuliskan program Ciri-ciri pendekatan sistem manajemen database :

11 Pendekatan Sistem Manajemen Database Meningkatkan keutuhan data. Ketidak konsistenan data akan terhindarkan. Mempermudah pemeliharaan dan pengembangan system aplikasi. Dengan adanya DBMS programmer tidak perlu khawatir terhadap struktur, organisasi, dan lokasi nyata dari sebuah file. Ciri-ciri pendekatan sistem manajemen database :

12 Pendekatan Sistem Manajemen Database Meningkatkan fasilitas pengamanan data. Karena database terpadu maka keamanan data dapat dilakukan secara baik. Ciri-ciri pendekatan sistem manajemen database :

13 Pendekatan Sistem Manajemen Database Kerugian pedekatan system manajemen database (DBMS): Rancangan data yang kompleks. Lambatnya pengaksesan data pada beberapa aplikasi. Teknologi pendukung yang mahal

14 Pendekatan Sistem Manajemen Database File 4 File 5 File 6File 3 File 2 File 1 Database Perusahaan DBMS BAGIAN PERSONALIA BAGIAN GUDANG BAGIAN PRODUKSI

15 Jenjang Data Jenjang data dalam database : Database Database File File Record Record Field Field Character Character

16 Jenjang Data Jenjang data dalam database : Database : Kumpulan dari file-file yang saling terhubung satu sama lain. File : merupakan kumpulan dari record yang saling terkait dan memiliki format field yang sama dan sejenis.

17 Jenjang Data Record : merupakan kumpulan dari field, yang menggambarkan satu unit data individu tertentu. Field : merupakan atribut dari record yang menunjukkan satu item dari data seperti nama, nim, alamat, dll. Jenjang data datalam database :

18 Jenjang Data Character : merupakan atribut dari field yang membentuk nilai dari sebuah field. Jenjang data datalam database :

19 Jenjang Data Andi Nama 19 UmurSexNIM Ina002P L UdinL 20 Karakter Field Record Database File/Tabel Mahasiswa File Item Data Record

20 Jenjang Data

21 Tipe File dalam database Tipe file/jenis file yang ada dalam sebuah sistem basisdata: File Induk, file induk acuan, dimana recordnya bersifat relatif statis (jarang berubah). Misalnya file mahasiswa, karyawan, dll. file induk acuan, dimana recordnya bersifat relatif statis (jarang berubah). Misalnya file mahasiswa, karyawan, dll. File induk dinamik, dimana recordnya sering berubah sebagai hasil dari transaksi. Misalnya file persediaan. File induk dinamik, dimana recordnya sering berubah sebagai hasil dari transaksi. Misalnya file persediaan.

22 Tipe File dalam database File Transaksi, file ini digunakan untuk merekam data yang deperoleh dari suatu transaksi. Misalnya file penjualan, file pengambilan mata kuliah. File Laporan, file ini disebut juga file out- put yang berisi informasi hasil pengolahan dari data yang ada. Tipe file/jenis file yang ada dalam sebuah sistem basisdata:

23 Tipe File dalam database File History, file ini berisikan data-data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi tapi masih tetap disimpan. File Backup, file ini merupakan salinan dari file-file data yang masih aktif dalam databse pada kurun waktu tertentu. Tipe file/jenis file yang ada dalam sebuah sistem basisdata :


Download ppt "PERSPEKTIF DATABASE. Pendekatan Basisdata Ada 2 model pendekatan basisdata : Pendekatan Sistem File Tradisional. Pendekatan Sistem Manajemen Database."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google