Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TekMIRA Pusat Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara Disusun Oleh : Sevira Nur J Shinta Asmarani Syafe’I Dwiyoga A Thamzez Nuur A Umiyatun Khasanah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TekMIRA Pusat Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara Disusun Oleh : Sevira Nur J Shinta Asmarani Syafe’I Dwiyoga A Thamzez Nuur A Umiyatun Khasanah."— Transcript presentasi:

1 TekMIRA Pusat Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara Disusun Oleh : Sevira Nur J Shinta Asmarani Syafe’I Dwiyoga A Thamzez Nuur A Umiyatun Khasanah Wahyu Ari H Wahyu Wijayanto Wijonarko Yanayir Ahmad Yudistiro Dwi S

2  Pusat pengembangan teknologi Mineral dan Batubara.  Tempat ini didirikan yang bertujuan untuk meneliti dan mengembangkan, perekayasaan teknologi, pengkajian dan survei serta pelayanan jasa di bidang mineral dan batubara.  Latar belakang didirikannya karena di Indonesia bahan galian masih berkadar rendah, maka diperlukan teknologi untuk memaksimalkan nilai jual. Juga diberlakukannya UNDANG-UNDANG MINERBA TAHUN No.4,2009 bahwa tidak boleh menjual bahan mentah.

3  Jl. Jendral Sudirman No. 623 Bandung Kantor Pusat TekMIRA dan galeri teknik- teknik tambang.  Jl. Raya Cipatat Km 31 Bandung Kantor bagian penelitian dan pengembangan Mineral  Palimanan, Cirebon Kantor bagian penelitian dan pengembangan Batubara

4

5

6  Pupuk ini merupakan hasil pengembangan pihak tekmira yang memanfaatkan bahan galian Fosfat dan Dolomit.  Ke-2 bahan galian ini di campurkan untuk memperoleh P 2 O 5 CaO MgO yang bermanfaat untuk kesuburan tanaman. Pupuk ini cocok untuk berbagai jenis tanaman.  Keuntungan Penggunaan pupuk ini lebih hemat karena dosis yang digunakan lebih rendah di banding pupuk lain serta lebih menghemat biaya ( Pelet ).  Kekurangan untuk produk ini adalah produktifitasnya yang rendah karena belum banyak yang memproduksi pupuk ini. Selain itu produksi pupuk ini dapat menyebabkan kerusakan lingkungan apabila penambang tidak memperhatikan pelestarian lingkungan.  Usaha pupuk ini cocok untuk jenis UKM untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

7 Dolomit + Fosfat Jaw Crusher Bucket Elevator Rotary Dryer Hummer Mill Bucket Elevator Vibrating Screen Mixing Machine Pupuk Majemuk

8 Jaw Crusher Bucket Elevator Rotary Dryer Vibrating Screen Mixing Machine Pupuk Majemuk

9 Bijih emas dikecilkan(crusher) lalu dihaluskan Ball Mill, lalu digiling diberi air. Diperkirakan ukurannya sampai 100 mikron.Dipompa ke tangki reaktor untuk mengendapkan Au dan Ag, lalu konsentrat dicampur sianida, maka Carbon Au dan Ag dilarutkan akan terpisah, dimasukkan katoda lalu dilakukan smelting dan dicetak menjadi emas. Bijih EmasCrusherBall Mill Tabung Reaktor + Carbon Aktif

10

11 Kegunaan Kiserit secara umum : 1. Pupuk ( Pertanian, Perkebunan, Tanaman Industri) 2. Pakan Ternak Pupuk Kiserit berbentuk kristal dengan rumus kimia MgSO 4 2H 2 O berkadar MgO 25,5 % kadar sulfur 21 % dan air bebas max 0,5 %.

12 Dolomit + AirCrusher Dicampur H2SO4 ThicknerFilter PressEvaporator Padatan Kiserit (Basah) Kiserit

13 Filter Press Evaporator Thickneer

14 TERIMA KASIH


Download ppt "TekMIRA Pusat Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara Disusun Oleh : Sevira Nur J Shinta Asmarani Syafe’I Dwiyoga A Thamzez Nuur A Umiyatun Khasanah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google