Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM BERLADANG BERPINDAH (shifting cultivation) DISEBUT JUGA SISTEM TEBAS/TEBANG BAKAR DISEBUT JUGA SISTEM TEBAS/TEBANG BAKAR DIPRAKTEKKAN HAMPIR SEMUA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM BERLADANG BERPINDAH (shifting cultivation) DISEBUT JUGA SISTEM TEBAS/TEBANG BAKAR DISEBUT JUGA SISTEM TEBAS/TEBANG BAKAR DIPRAKTEKKAN HAMPIR SEMUA."— Transcript presentasi:

1 SISTEM BERLADANG BERPINDAH (shifting cultivation) DISEBUT JUGA SISTEM TEBAS/TEBANG BAKAR DISEBUT JUGA SISTEM TEBAS/TEBANG BAKAR DIPRAKTEKKAN HAMPIR SEMUA PULAU DI INDONESIA, DENGAN PERKECUALIAN PULAU JAWA DIPRAKTEKKAN HAMPIR SEMUA PULAU DI INDONESIA, DENGAN PERKECUALIAN PULAU JAWA DI APO KAYAN (KALTIM), HAMPIR SEMUA HUTAN YANG DITEBAS UNTUK PERTANIAN ADALAH HUTAN SEKUNDER, MASA BERA BERKISAR ANTARA 10 SAMPAI 30 TAHUN DI APO KAYAN (KALTIM), HAMPIR SEMUA HUTAN YANG DITEBAS UNTUK PERTANIAN ADALAH HUTAN SEKUNDER, MASA BERA BERKISAR ANTARA 10 SAMPAI 30 TAHUN PARA PETANI BERKEYAKINAN BAHWA MASA BERA HARUS CUKUP PANJANG UNTUK MENGURANGI TANAMAN PENGGANGGU DAN UNTUK MENCEGAH DEGRADASI JANGKA PENDEK HUTAN MENJADI SEMAK BELUKAR PARA PETANI BERKEYAKINAN BAHWA MASA BERA HARUS CUKUP PANJANG UNTUK MENGURANGI TANAMAN PENGGANGGU DAN UNTUK MENCEGAH DEGRADASI JANGKA PENDEK HUTAN MENJADI SEMAK BELUKAR

2 DI LONG SEGAR (KALTIM) PARA PELADANG BERPINDAH LEBIH BANYAK MENEBANG HUTAN PRIMER DARI PADA HUTAN SEKUNDER UNTUK LADANGNYA DI LONG SEGAR (KALTIM) PARA PELADANG BERPINDAH LEBIH BANYAK MENEBANG HUTAN PRIMER DARI PADA HUTAN SEKUNDER UNTUK LADANGNYA MASYARAKAT LONG SEGAR MENANAM PADI, DAN MEREKA DENGAN MUDAH MENJUAL KELEBIHANNYA MELALUI KAPAL- KAPAL PEDAGANG ATAU DI PASAR LOKAL MASYARAKAT LONG SEGAR MENANAM PADI, DAN MEREKA DENGAN MUDAH MENJUAL KELEBIHANNYA MELALUI KAPAL- KAPAL PEDAGANG ATAU DI PASAR LOKAL ADANYA GERGAJI MESIN DI LONG SEGAR, MENJADIKAN LUAS LAHAN HUTAN YANG DIBUKA DAN DIOLAH 33%>DARIPADA DI APO KAYAN ADANYA GERGAJI MESIN DI LONG SEGAR, MENJADIKAN LUAS LAHAN HUTAN YANG DIBUKA DAN DIOLAH 33%>DARIPADA DI APO KAYAN LUAS LAHAN YANG DIOLAH PADA TAHUN ADALAH KIRA-KIRA 400 HA, 82% DIANTARANYA BERASAL DARI HUTAN PRIMER LUAS LAHAN YANG DIOLAH PADA TAHUN ADALAH KIRA-KIRA 400 HA, 82% DIANTARANYA BERASAL DARI HUTAN PRIMER KARENA PASAR, TEKNOLOGI, DAN TEKANAN PENDUDUK, DAUR PERTANIAN BERLADANG BERPINDAH INI MAKIN LAMA MAKIN PENDEK. HAL INI, KARENA PEMULIHAN DARI LADANG KEMBALI MENJADI HUTAN SANGAT LAMBAT, MAKA DAUR YANG MAKIN PENDEK MEMBAWA BAHAYA KERUSAKAN LAHAN. KARENA PASAR, TEKNOLOGI, DAN TEKANAN PENDUDUK, DAUR PERTANIAN BERLADANG BERPINDAH INI MAKIN LAMA MAKIN PENDEK. HAL INI, KARENA PEMULIHAN DARI LADANG KEMBALI MENJADI HUTAN SANGAT LAMBAT, MAKA DAUR YANG MAKIN PENDEK MEMBAWA BAHAYA KERUSAKAN LAHAN.

3 TEMUAN COLFER (1982): BERLADANG BERPINDAH DAPAT BERKEMBANG PADA SITUASI LAHAN LUAS DAN KEKURANGAN TENAGA KERJA, DIMANA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA LEBIH PENTING DIBANDINGKAN PRODUKTIVITAS LAHAN ITU SENDIRI BERLADANG BERPINDAH DAPAT BERKEMBANG PADA SITUASI LAHAN LUAS DAN KEKURANGAN TENAGA KERJA, DIMANA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA LEBIH PENTING DIBANDINGKAN PRODUKTIVITAS LAHAN ITU SENDIRI UNTUK BERTANI MENETAP PADA LAHAN LADANG, SANGAT BERESIKO TINGGI. SISTEM YANG BERGANTUNG PADA TANAMAN PANGAN SAJA AKAN KURANG STABIL DISEBABKAN KARENA KEKERINGAN, LAHAN BANJIR, HAMA DAN PENYAKIT. WALAUPUN DEMIKIAN, MEREKA DAPAT BERADAPTASI DENGAN SISTEM DIVERSIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN STABILITAS SISTEM UNTUK BERTANI MENETAP PADA LAHAN LADANG, SANGAT BERESIKO TINGGI. SISTEM YANG BERGANTUNG PADA TANAMAN PANGAN SAJA AKAN KURANG STABIL DISEBABKAN KARENA KEKERINGAN, LAHAN BANJIR, HAMA DAN PENYAKIT. WALAUPUN DEMIKIAN, MEREKA DAPAT BERADAPTASI DENGAN SISTEM DIVERSIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN STABILITAS SISTEM

4 TEMUAN COLFER LAINNYA: MEREKA BIASANYA AKAN SANGAT FLEKSIBEL DAN MUDAH UNTUK MENERAPKAN VARIETAS TANAMAN BARU, KB, UANG, MESIN PENGGILING BERAS, MOTOR TEMPEL, GERGAJI MESIN DAN GEROBAK MEREKA BIASANYA AKAN SANGAT FLEKSIBEL DAN MUDAH UNTUK MENERAPKAN VARIETAS TANAMAN BARU, KB, UANG, MESIN PENGGILING BERAS, MOTOR TEMPEL, GERGAJI MESIN DAN GEROBAK LAHAN BEKAS TEBANGAN HUTAN SEKUNDER TUA BERPRODUKSI LEBIH TINGGI DIBANDING LAHAN DARI JENIS HUTAN LAINNYA (HUTAN PRIMER, HUTAN SEKUNDER BARU, DAN LAHAN YANG DIGUNAKAN UNTUK LADANG PADI PADA TAHUN SEBELUMNYA). LAHAN BEKAS TEBANGAN HUTAN SEKUNDER TUA BERPRODUKSI LEBIH TINGGI DIBANDING LAHAN DARI JENIS HUTAN LAINNYA (HUTAN PRIMER, HUTAN SEKUNDER BARU, DAN LAHAN YANG DIGUNAKAN UNTUK LADANG PADI PADA TAHUN SEBELUMNYA).

5 Lihat Gambar 2

6 SISTEM BERA YANG DISEMPURNAKAN (improved fallows) SALAH SATU ALTERNATIF UNTUK MENGENDALIKAN KEBIASAAN- KEBIASAAN BERLADANG BERPINDAH YANG MERUSAK, DAN MENGEMBANGKAN SISTEM PERTANIAN LAHAN KERING YANG BERKELANJUTAN. SALAH SATU ALTERNATIF UNTUK MENGENDALIKAN KEBIASAAN- KEBIASAAN BERLADANG BERPINDAH YANG MERUSAK, DAN MENGEMBANGKAN SISTEM PERTANIAN LAHAN KERING YANG BERKELANJUTAN. LAHAN-LAHAN YANG DITINGGALKAN DITANAMI DENGAN TANAMAN PENUTUP TANAH YANG TUMBUH CEPAT, SEPERTI TANAMAN Pueraria javanica, UNTUK MEMULIHKAN KESUBURAN TANAH DAN SEBAGAI TANAMAN PERDAGANGAN BERUMUR PANJANG. LAHAN-LAHAN YANG DITINGGALKAN DITANAMI DENGAN TANAMAN PENUTUP TANAH YANG TUMBUH CEPAT, SEPERTI TANAMAN Pueraria javanica, UNTUK MEMULIHKAN KESUBURAN TANAH DAN SEBAGAI TANAMAN PERDAGANGAN BERUMUR PANJANG.

7 Lanjutan sistem bera yang disempurnakan TANAMAN PANGAN DAPAT DITANAM LAGI SETELAH 3 – 4 TAHUN, HAL INI MENUNJUKKAN SUATU MASA BERA YANG JAUH LEBIH SINGKAT DARI YANG SECARA TRADISIONAL DIIKUTI. TANAMAN PANGAN DAPAT DITANAM LAGI SETELAH 3 – 4 TAHUN, HAL INI MENUNJUKKAN SUATU MASA BERA YANG JAUH LEBIH SINGKAT DARI YANG SECARA TRADISIONAL DIIKUTI. POLA TANAM YANG DIPERBAHARUI INI AKAN MENGHASILKAN PADI DAN UBI KAYU DALAM WAKTU SINGKAT, JAHE DAN KACANG TANAH DALAM MASA PENDEK, SERTA MELINJO DALAM JANGKA PANJANG. POLA TANAM YANG DIPERBAHARUI INI AKAN MENGHASILKAN PADI DAN UBI KAYU DALAM WAKTU SINGKAT, JAHE DAN KACANG TANAH DALAM MASA PENDEK, SERTA MELINJO DALAM JANGKA PANJANG.

8 Trees and Shrubs for Soil Improvement Prioritas 1: Acacia auriculiformis Acacia auriculiformis Acacia mearnsii Acacia mearnsii Faidherbia (syn. Acacia) albida Faidherbia (syn. Acacia) albida Flemingia macrophylla Flemingia macrophylla Leucaena leucocephala Leucaena leucocephala Paraserianthes falcataria Paraserianthes falcataria Prioritas 2: Acacia mangium Acacia mangium Calliandra calothyrsus Calliandra calothyrsus Glericidia sepium Glericidia sepium Albizia lebbeck Albizia lebbeck Sesbania grandiflora Sesbania grandiflora

9 BUDIDAYA LORONG (alley cropping) TEKNOLOGI INI TELAH DIKEMBANGKAN SEJAK TAHUN AN DALAM PROGRAM-PROGRAM PERTANIAN LAHAN KERING DI DAERAH NUSA TENGGARA. TEKNOLOGI INI TELAH DIKEMBANGKAN SEJAK TAHUN AN DALAM PROGRAM-PROGRAM PERTANIAN LAHAN KERING DI DAERAH NUSA TENGGARA. TEKNOLOGI INI TERDIRI DARI PENANAMAN LARIKAN PADA GARIS-GARIS KONTUR DENGAN JENIS-JENIS LEGUMINOSA. TEKNOLOGI INI TERDIRI DARI PENANAMAN LARIKAN PADA GARIS-GARIS KONTUR DENGAN JENIS-JENIS LEGUMINOSA. SEBELUM TAHUN 1986, JENIS-JENIS TANAMAN UTAMA: LAMTORO GUNG, TETAPI SETELAH TERJADI SERANGAN KUTU LONCAT, YANG DIGUNAKAN TANAMAN GAMAL DAN KALIANDRA MERAH. SEBELUM TAHUN 1986, JENIS-JENIS TANAMAN UTAMA: LAMTORO GUNG, TETAPI SETELAH TERJADI SERANGAN KUTU LONCAT, YANG DIGUNAKAN TANAMAN GAMAL DAN KALIANDRA MERAH.

10 Lanjutan budidaya lorong LARIKAN-LARIKAN DIMAKSUDKAN UNTUK MEMPERBAIKI KONSERVASI TANAH DAN AIR. LARIKAN-LARIKAN DIMAKSUDKAN UNTUK MEMPERBAIKI KONSERVASI TANAH DAN AIR. DIANTARA LARIKAN-LARIKAN DITANAM TANAMAN SEMUSIM, TANAMAN UMUR PANJANG, DAN RERUMPUTAN. DIANTARA LARIKAN-LARIKAN DITANAM TANAMAN SEMUSIM, TANAMAN UMUR PANJANG, DAN RERUMPUTAN. KEUNTUNGAN: MENGURANGI ALIRAN AIR PERMUKAAN DAN EROSI, MENGURANGI KEHILANGAN UNSUR HARA, MEMPERCEPAT PENGOLAHAN TANAH APABILA MENGGUNAKAN TENAGA TERNAK ATAU TRAKTOR, KARENA BERGERAK PADA KETINGGIAN YANG TETAP. KEUNTUNGAN: MENGURANGI ALIRAN AIR PERMUKAAN DAN EROSI, MENGURANGI KEHILANGAN UNSUR HARA, MEMPERCEPAT PENGOLAHAN TANAH APABILA MENGGUNAKAN TENAGA TERNAK ATAU TRAKTOR, KARENA BERGERAK PADA KETINGGIAN YANG TETAP. KELEMAHAN: PENENTUAN GARIS KONTUR YANG KURANG TEPAT DAPAT MEMPERBESAR RESIKO TERJADI EROSI, PERLU KETERAMPILAN KHUSUS UNTUK MENENTUKAN KONTUR, MEMBUTUHKAN PENGERAHAN TENAGA KERJA YANG CUKUP INTENSIF KELEMAHAN: PENENTUAN GARIS KONTUR YANG KURANG TEPAT DAPAT MEMPERBESAR RESIKO TERJADI EROSI, PERLU KETERAMPILAN KHUSUS UNTUK MENENTUKAN KONTUR, MEMBUTUHKAN PENGERAHAN TENAGA KERJA YANG CUKUP INTENSIF


Download ppt "SISTEM BERLADANG BERPINDAH (shifting cultivation) DISEBUT JUGA SISTEM TEBAS/TEBANG BAKAR DISEBUT JUGA SISTEM TEBAS/TEBANG BAKAR DIPRAKTEKKAN HAMPIR SEMUA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google