Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TOPIK 2 KONSEP INFORMASI DAN BERITA DALAM KOMUNIKASI INTERNASIONAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TOPIK 2 KONSEP INFORMASI DAN BERITA DALAM KOMUNIKASI INTERNASIONAL."— Transcript presentasi:

1 TOPIK 2 KONSEP INFORMASI DAN BERITA DALAM KOMUNIKASI INTERNASIONAL

2 TIPOLOGI KLASIK Libertarian Otoritarian Soviet Komunis Tanggung Jawab Sosial Konsep Informasi Internasional

3 TIPOLOGI KLASIK Sistem Informasi Internasional Filsafat Manusia Masyarakat Negara Kebenaran

4 PANDANGAN ARUS INFORMASI INTERNASIONAL Dalam teori modernisasi, arus informasi dari negara-negara maju dianggap sebagai keniscayaan bagi pembangunan negara-negara berkembang dalam rangka mempelajari nilai-nilai yang dibutuhkan dalam proses modernisasi.

5 PANDANGAN ARUS INFORMASI INTERNASIONAL Kelompok teori imperialisme memandang arus informasi sebagai penyebab keterbelakangan negara berkembang dan timbulnya berbagai konflik dalam masyarakat. Dalam hal ini, komunikasi dipandang sebagai sarana pendidikan negara berkembang untuk menjadi bergantung pada negara-negara maju.

6 SALURAN KOMUNIKASI INTERNASIONAL Yang dimaksud dengan saluran adalah keseluruhan dari media komunikasi dan fasilitas lain yang dapat menyebabkan komunikasi kita tersebar kepada negara-negara yang dituju.

7 SALURAN KOMUNIKASI INTERNASIONAL 1.Diplomasi seperti, konferensi, forum internasional, kunjungan 2.Media massa seperti pers, radio, TV, film dan internet. 3.Fasilitas-fasilitas internasional yang lain seperti organization channel, international Travele dan Cultural Events.

8 KONSEP BERITA Laporan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi, yang ingin diketahui oleh umum dengan sifat-sifat yang aktual dimana akibat peristiwa tersebut berpengaruh terhadap audiens.

9 KONSEP BERITA News as timely report News as record News as objective facts News as interpretation News as sensation News as human interest News as prediction News as picture

10 KRITERIA BERITA Delapan unsur : Konflik Kemajuan Penting Dekat Aktual Unik Manusiawi Berpengaruh

11 KAJIAN BERITA INTERNASIONAL Pola arus berita internasional (the patterns of international news flow). Sifat dan tipologi liputan berita internasional (the nature and type of international news coverage). Struktur organisasi berita internasional dan prilaku jurnalisnya (the structure of international news organization and the behaviour of journalist in the organization).

12 KAJIAN BERITA INTERNASIONAL Faktor-faktor struktural yang mempengaruhi arus dan liputan berita internasional (the structural factors affecting international news flow and coverage).

13 FAKTOR PENGARUH BERITA INTERNASIONAL The ownership of the great avenues or exchange agencies The ownership of long distance telecommunication facilities The concentration of wealth, technology and power in a few highly developed nations

14 DOMINASI BERITA BARAT 80 persen penyiaran berita internasional setiap harinya berasal dari kantor berita barat. Pengendalian ketat dari pemerintah negara-negara berkembang sendiri telah turut mendorong tumbuhnya dominasi barat terhadap media.

15 DOMINASI BERITA BARAT Bagi kantor-kantor berita Barat, berita adalah komoditi, sehingga corak berita yang mereka tawarkan akan sangat tergantung pada pertimbangan- pertimbangan: siapa pasar potensial mereka, apa yang dibutuhkan serta disukai dan tidak disukai pasar tersebut, berapa biaya yang harus dikeluarkan dan komponen biaya apa yang dapat ditekan.

16 KESENJANGAN KOMINTER Ketimpangan arus berita internasional, didominasi oleh tiga kantor berita yang semuanya berpusat di Barat. Ketiga kantor tersebut adalah CNN, BBC dan Reuter. Tiga kantor berita tersebut dapat dikategorikan sebagai kantor berita “dunia”, yang semakin memperkokoh dominasinya antara lain dengan memperluas keragaman jasa, versi bahasa, dan corak berita yang ditawarkan bagi para klien yang semakin beragam.

17 ASPEK KETIMPANGAN Johan Galtung menulis a Structural Theory of Imperialism menyebutkan ada tiga aspek yang mempengaruhinya: Politik (political aspect of information). Hukum (legal aspect of information). Teknik-finansial (technico-financial aspect of information).

18 ASPEK KETIMPANGAN Menurut Schramm : the pattern of international news flow, the nature and type international news coverage, the structure of international news organization and the behaviour of journalist in the organization and the structural factors affecting international news flow and coverage.

19 ASPEK KETIMPANGAN Pola arus informasi yang tidak berimbang. Sifat dan tipe peliputan yang selalu tertinggal. Struktur dan organisasi institusi media. Profesionalitas awak pers yang masih perlu dibenahi. Kekuatan politik dan modal

20 FAKTOR LAHIRNYA KETIMPANGAN Negara barat adalah perintis media Keterkaitan negara barat dalam percaturan politik-ekonomi-militer interasional pada masanya. Negara barat menguasai teknologi yang dibutuhkan. Pemberitaan tentang negara-negara berkembang dianggap tidak proporsional jumlahnya.

21 FAKTOR LAHIRNYA KETIMPANGAN Pemberitaan tentang negara-negara berkembang cenderung bersifat negatif. Pemberitaan tentang negara-negara berkembang tidak ditempatkan dalam konteks keseluruhan Berita-berita barat lebih merefleksikan nilai Barat, dan mengabaikan dimensi pembangunan.

22 FAKTOR LAHIRNYA KETIMPANGAN Kepentingan ekonomi media Barat yang berusaha menjadikan Dunia Ketiga sebagai pasar

23 TERIMA KASIH


Download ppt "TOPIK 2 KONSEP INFORMASI DAN BERITA DALAM KOMUNIKASI INTERNASIONAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google