Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Taktik Pembelajaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Taktik Pembelajaran."— Transcript presentasi:

1 Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Taktik Pembelajaran

2

3 Pendekatan pembelajaran  Titik tolak proses pembelajaran,  Merujuk pandangan terjadinya proses umum  Mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.

4 Pendekatan 1.Student centered approach 2.Teacher centered approach

5 Strategi Pembelajaran  Kemp : kegiatan pembelajaran guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.  J. R David: dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan.  Masih bersifat konseptual tentang keputusan- keputusan dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.

6 Bentuk Strategi  Strateginya pembelajaran: exposition- discovery learning dan group- individual learning  Dari cara penyajian dan cara pengolahannya : strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif

7   Strategi : “a plan of operation achieving something”   Metode : “a way in achieving something”

8 Metode pembelajaran  Cara yang digunakan mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.  Contohnya?

9 Metode2 Pembelajaran 1.Ceramah Ceramah 8. Simulasi Simulas 2. Demonstrasi Demonstrasi 9. Brainstorming Brainstorming 3. Penampilan Penampilan 10. Studi Kasus Studi KasusStudi Kasus 4. Diskusi Diskusi 11. Computer Assisted Learning Computer Assisted LearningComputer Assisted Learning 5. Studi Mandiri Studi MandiriStudi Mandiri 12. Metode Insiden Metode InsidenMetode Insiden 6. Kegiatan Instruksional Terprogram Kegiatan Instruksional TerprogramKegiatan Instruksional Terprogram 13. Praktikum Praktikum 7. Latihan dengan Teman Latihan dengan TemanLatihan dengan Teman 14. Metode Proyek Metode ProyekMetode Proyek

10 15. Role Playing Role PlayingRole Playing 16. Seminar Seminar 17. Simposium Simposium 18. Tutorial Tutorial 19. Deduktif Deduktif 20. Induktif Induktif

11 Teknik pembelajaran  Cara mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.  Misal : ceramah jumlah siswa banyak membutuhkan teknik tersendiri, berbeda ceramah pada kelas siswanya terbatas.

12 Taktik pembelajaran  Gaya melaksanakan metode atau teknik  Sifatnya individual.  Dua orang menggunakan metode ceramah, berbeda dalam taktik yang digunakannya.

13 model pembelajaran  Merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.  Bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.  Bruce Joyce dan Marsha Weil : 4 kelompok model pembelajaran, yaitu: (1) model interaksi sosial; (2) model pengolahan informasi; (3) model personal- humanistik; dan (4) model modifikasi tingkah laku.  Penggunaan istilah model pembelajaran tersebut diidentikkan dengan strategi pembelajaran.

14 Desain Pembelajaran  Cara-cara merencanakan sistem lingkungan belajar setelah ditetapkan strategi pembelajaran.  Strategi : kemungkinan tipe atau jenis rumah yang hendak dibangun (rumah joglo, rumah gadang, rumah modern, dan sebagainya), masing-masing akan menampilkan kesan dan pesan yang berbeda dan unik.  Blue print rumah yang akan dibangun beserta bahan- bahan yang diperlukan dan urutan-urutan langkah konstruksinya, maupun kriteria penyelesaiannya, mulai dari tahap awal sampai dengan tahap akhir, setelah ditetapkan tipe rumah yang akan dibangun.


Download ppt "Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Taktik Pembelajaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google