Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lomba Karya Ilmiah se Propinsi Riau Diselenggarakan oleh : Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bengkalis Johny Custer Johny Custer Edy Haryanto.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lomba Karya Ilmiah se Propinsi Riau Diselenggarakan oleh : Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bengkalis Johny Custer Johny Custer Edy Haryanto."— Transcript presentasi:

1 Lomba Karya Ilmiah se Propinsi Riau Diselenggarakan oleh : Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bengkalis Johny Custer Johny Custer Edy Haryanto Afriantoni Penerapan Teknologi Lampu Celup Bawah Air Untuk Meningkatkan Hasil Tangkap Ikan Di Perairan Bengkalis

2 Latar Belakang : NoUraian Rumah Tangga Perikanan / Nelayan Produksi Perikanan Tangkap (ton)9.443,89.291,98.530,0 Sumber : Kabupaten Bengkalis Dalam Angka Penggunaan Lampu Celup Bawah Air yang telah berkembang di beberapa daerah di indonesia Penggunaan Lampu Celup Bawah Air yang Ramah Lingkungan 3.

3 Rumusan Masalah Bagaimana meningkatkan hasil tangkapan ikan diperairan Bengkalis. Bagaimana pengaruh intensitas cahaya lampu dibawah air terhadap reaksi ikan diperairan atau laut sekitar pulau bengkalis

4 Tujuan Penelitian Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui berapa besar intensitas cahaya dan warna lampu yang digunakan untuk memberikan jumlah hasil tangkapan yang terbesar.

5 Manfaat Penelitian Memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat. Membantu masyarakat nelayan dalam meningkatkan hasil tangkapan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tepat guna namun tetap memperhatikan ekosistem dan kelestarian sumberdaya perikanan. Sebagai bahan pemikiran dan pertimbangan pemerintah dalam membuat kebijakan atau peraturan dalam pemanfaatan sumber daya perikanan terutama pengelolaan ikan tangkap. Dapat menambah wawasan dan mengembangkan pola pikir masyarakat desa dalam pemanfaatan teknologi tepat guna.

6 Teori Pendukung Fungsi Cahaya – Untuk mengumpulkan ikan dalam suatu areal penangkapan Peristiwa tertariknya ikan pada cahaya disebut dengan “photoaxis”

7 Beberapa Alasan Mengapa Ikan Tertarik Pada Cahaya Penyesuaian intensitas cahaya dengan kemampuan mata ikan untuk menerima cahaya. – Cahaya yang masuk kemata ikan akan diteruskan ke otak bagian Cone dan Rod – Kemampuan ikan untuk tertarik pada sumber cahaya berbeda-beda – Sensitifitas mata ikan laut pada umumnya tinggi dan tingkat sensitifitasnya 100 x dari mata manusia. Oleh sebab itu ikan dapat mengindera mangsanya dari kejauhan 100 m. Adanya cahaya merupakan suatu indikasi adanya makanan

8

9 Sumber dan Letak Cahaya Sumber Cahaya : Obor, Lampu petromax, gas karbit, listrik Letak Cahaya : – Diatas permukaan air (surface lamp) – Didalam air (under water lamp)

10 Persyaratan Lacuba Persyaratan Lingkungan – Malam dalam kondisi gelap – Air sebaiknya jernih atau tidak terlalu keruh Persyaratan Penangkapan – Cahaya harus mampu menarik ikan pada jarak yang jauh baik secara vertikal maupun horizontal – Sekali ikan berkumpul, hendaklah ikan-ikan tersebut jangan melarikan diri atau menyebarkan diri

11 Panjang Gelombang Dari Masing- masing Warna WarnaPanjang Gelombang (nm) Violet Biru Hijau Kuning Orange Merah – – – – – – 7.700

12

13

14 Lokasi Penelitian

15 Metode Penelitian

16 Prototipe

17


Download ppt "Lomba Karya Ilmiah se Propinsi Riau Diselenggarakan oleh : Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bengkalis Johny Custer Johny Custer Edy Haryanto."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google