Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komunikasi Paket Switching. Definisi Kegiatan pengiriman data dengan membagi data ke dalam paket-paket kecil. Jika source mempunyai message yang lebih.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komunikasi Paket Switching. Definisi Kegiatan pengiriman data dengan membagi data ke dalam paket-paket kecil. Jika source mempunyai message yang lebih."— Transcript presentasi:

1 Komunikasi Paket Switching

2 Definisi Kegiatan pengiriman data dengan membagi data ke dalam paket-paket kecil. Jika source mempunyai message yang lebih panjang untuk dikirim, message itu akan dipecah ke dalam barisan-barisan paket. Tiap paket berisi data dari user dan info control.

3 Paket Switching Keuntungan: High Eficiency Line Connection Hubungan single node-to-node dapat dishare secara dinamis oleh banyak paket. Paket-paket diqueue dan ditransmisikan secepat mungkin. Secara kontras, dalam circuit switching, waktu pada link node-to-node adalah dialokasikan terlebih dahulu menggunakan time-division multiplexing.

4 Paket Switching Konversi Data Rate Jaringan packet-switched dapat membuat konversi data-rate. Dua buah station yang berbeda data-ratenya dapat saling menukar paket. Block Connection ketika traffic mulai padat, beberapa call diblok, yang menunjukkan jaringan menolak permintaan koneksi tambahan sampai beban di jaringan menurun.

5 Paket Switching Queue Priority Prioritas dapat digunakan. Jadi kalau sebuah node mempunyai sejumlah queued packet untuk ditransmisikan, paket dapat ditransmisikan pertama kali berdasarkan prioritas yang lebih tinggi. Paket-paket ini mempunyai delay yang lebih kecil daripada lower-priority packets.

6 Teknik Switching Teknik switching terbagi atas dua pendekatan : Datagram Sirkuit Virtual

7 Teknik Switching Datagram Masing-masing paket diperlakukan terpisah, tanpa dikaitkan dengan paket sebelumnya. Keuntungan: Panggilan untuk setup fase dapat dihindari Layanan datagram lebih sederhana dan fleksibel sehingga dapat diarahkan menjauhi kemacetan. Bila sebuah simpul mengalami kegagalan, paket- paket berikutnya dapat menemukan rute pengganti yang melewati simpul tersebut (reliable tinggi)

8 Teknik Switching Datagram Kerugiannya: Setiap simpul harus memutuskan routing pada setiap paket data yang akan dikirimkan.

9 Teknik Switching Sirkuit Virtual Rute yang telah direncanakan sebelumnya ditetapkan untuk paket-paket yang dikirimkan. Keuntungan: Sequencing Error Control

10 Teknik Switching Sirkuit Virtual Kerugian: Paket-paket tersebut mengikuti rute yang sama sehingga menjadi sulit bagi jaringan untuk beradaptasi terhadap kemacetan. Bila sebuah simpul mengalami kegagalan, maka seluruh sirkuit virtual yang melintasi simpul mengalami kegagalan.

11 Layanan network: Connection-oriented 1.Call Request  Logical Connection 2.Sequencing Connectionless 1. Call Request  Logical Connection 2.Sequencing Operasi Eksternal dan Internal Services X

12 Operasi Eksternal dan Internal External virtual circuit, internal virtual circuit Jika user meminta virtual circuit, sebuah dedicated route yang melintasi dalam jaringan akan dibangun. Semua paket mengikuti route yang sama.

13 Sirkuit Virtual Eksternal B C A Jaringan Packet Switching Koneksi Logik dibangun diantara 2 station. Packet diberi Label no. urut dan no. Sirkuit Virtual. Packet tiba dalam Bentuk urutan.

14 Sirkuit Virtual Internal A C B Sebuah rute utk packet-packet diantara 2 station ditetapkan dan diberi label. Seluruh packet utk sirkuit virtual mengikuti rute yang sama dan tiba dalam urutan yang sama pula.

15 Operasi Eksternal dan Internal External virtual circuit, internal datagram Jaringan menangani tiap paket secara terpisah. Jadi, paket-paket yang berbeda dalam external virtual circuit yang sama akan mengambil route yang mungkin berbeda.

16 Operasi Eksternal dan Internal External datagram, internal datagram Tiap paket diperlakukan secara bebas dari segi user atau dari segi jaringannya. External datagram, internal virtual circuit Pemakai eksternal tidak melihat koneksi apapun sehingga mengirimkan satu packet begitu saja. Sedangkan jaringan menyusun koneksi logik diantara station-station untuk mengirimkan packet.

17 Datagram Eksternal B.3 C.3C.2C.1 B.2B.1 B C B.3 B.2 C.2 A Jaringan Packet Switching C.1 C.3 Masing-masing packet ditransmisikan terpisah. Packet diberi Nomor dan tujuan tapi mungkin tiba tidak berurutan

18 A C B B.2 B.1 B.2B.1 B.3 Masing-masing packet diperlakukan scr terpisah, Paket diberi Label alamat tujuan serta kemungkinan tiba pada simpul tujuan Tidak sesuai nomor urut. Datagram Internal


Download ppt "Komunikasi Paket Switching. Definisi Kegiatan pengiriman data dengan membagi data ke dalam paket-paket kecil. Jika source mempunyai message yang lebih."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google