Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Januari Februari Maret 2014 Pedoman Pendalaman Alkitab Januari Februari Maret 2014 Rumah Produksi: ® WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Pedoman Pendalaman Alkitab Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Format.pptx Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh 2014

5 Allah mengundang setiap orang percaya di mana saja untuk mengumandangkan rahmat yang tak tertandingi ini, sebagai duta besar yang mengkomunikasikan karya penebusan Ilahi kepada mereka yang diperbudak oleh Iblis dengan jalan memanggil mereka untuk mengikuti, beribadah, dan memuji Sang Pencipta mereka. Pendahuluan Umum

6 Pada akhirnya, mengikut Yesus jauh melebihi sebuah pandangan yang sempit yang menyatakan bahwa pemuridan itu sama dengan sebuah metode yang memperbaiki perilaku dan kebiasaan yang menyimpang, betapapun pentingnya perubahan itu. Sebuah pemahaman yang konprehensif tentang pemuridan tidaklah lengkap kecuali hal itu mencakup kerinduan untuk mengikut Yesus dan oleh kuasa supra alami, timbullah kerinduan untuk menuntun orang lain kepada Kristus. Pendahuluan Umum

7 ma “Segera setelah seseorang datang kepada Kristus maka lahirlah sebuah kerinduan dalam hatinya untuk memperkenalkan Yesus kepada orang lain sebagai sahabat yang paling berharga; kebenaran yang menyelamatkan dan menguduskan tidak dapat tersembunyi dalam hatinya. Bilamana kita mengenakan pakaian kebenaran Kristus dan kita dipenuhi dengan hadirat Roh Kudus, kita tidak akan mampu menahan damai dalam hati kita. Jika kita sudah pernah merasakan dan melihat bahwa Tuhan itu baik maka kita memiliki sesuatu yang perlu dibagikan.... Akan ada suatu kerinduan untuk mengikuti jalan yang Yesus sudah lewati ” Ellen G. White, Kebahagiaan Sejati, hlm. 78,79 Pendahuluan Umum

8 Agar masing-masing kita mengikuti teladan Kristus dalam melakukan pemuridan. Pada pelajaran Sekolah Sabat Triwulan I 2014 ini kita akan melihat pemuridan sebagai sebuah proses yang membuat kita menjadi pengikut Yesus, dengan demikian, dapat menjadi pemenang jiwa yang lebih baik lagi. TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI

9 1. Murid dan Alkitab 2. Pemuridan Melalui Metafora 3. Pemuridan dan Doa 4. Memuridkan Anak-anak 5. Memuridkan Orang Sakit 6. Memuridkan Orang Biasa 7. Yesus dan Orang yang Dibuang 8. Dengan yang Kaya dan Terkenal 9. Memuridkan Orang Berkuasa 10. Memuridkan Bangsa-bangsa 11. Memuridkan Pemimpin Rohani 12. Tuaian dan Penuai 13. Biaya Pemuridan Daftar Isi:

10 Pelajaran 4 Pemuridan Triwulan 1, 2014 MEMURIDKAN ANAK-ANAK

11 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Kata-kata Pembuka Hati Yesus selalu terjamah pada mereka yang lemah dan dalam bahaya. Ini menjelaskan perasaan- Nya ketika memeluk anak-anak.

12 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Tujuan Pelajaran Untuk menekankan kepada para anggota kelas, khususnya para orangtua bahwa Allah menghargai anak-anak sehingga kita harus mengikuti teladan Yesus, tidak menganggap remeh pelayanan kepada anak-anak melainkan harus merasakan bahwa pelayanan kepada anak- anak adalah merupakan tanggung jawab kita, sehingga mereka dapat ditolong untuk menjadi murid yang baik.

13 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Ayat Hafalan “Lalu mereka berkata kepada- Nya: "Engkau dengar apa yang dikatakan anak-anak ini?" Kata Yesus kepada mereka: "Aku dengar; belum pernahkah kamu baca: Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu Engkau telah menyediakan puji-pujian?“ Matius 21:16

14 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pengantar Dalam... menginjil... dan menjadikan semua bangsa menjadi murid, kita jangan melupakan semua jenis kelompok manusia, termasuk anak-anak.

15 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pengantar Mayoritas orang-orang Kristen berkomitmen untuk mengikut Yesus adalah pada saat mereka relatif masih muda Banyak gereja kelihatannya kehilangan fakta penting ini dalam perencanaan penginjilan mereka,

16 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pengantar Murid-murid Yesus mula-mula kelihatannya juga meremehkan nilai pelayanan anak-anak. Yesus menolak sikap ini dan memberikan ruangan untuk anak-anak, bahkan memberikan prioritas kepada mereka. Oleh karena itu kita harus melakukan hal yang sama.

17 b b Understand the purposes of marriageA Memuridkan Anak-anak Selayang Pandang Memuridkan Anak-anak Selayang Pandang 1. Masa Kanak-kanak Yesus (Lukas 2:52) 2. Yesus dan Anak-anak—1 (Matius 9:18,19) 3. Yesus dan Anak-anak—2 (Markus 10:13,14)

18 b b Understand the purposes of marriageA Memuridkan Anak-anak 1. Masa Kanak-kanak Yesus (Lukas 2:52)

19 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Memuridkan Anak-anak 1. Masa Kanak-kanak Yesus Lukas 2:52 “Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.”

20 Pemuridan Triwulan 1, Masa Kanak-kanak Yesus Keuntungan Anak-anak Ibrani Anak-anak Ibrani menikmati perlakuan yang istimewa jika dibandingkan dengan bangsa-bangsa kuno yang ada di sekitar mereka. Pengorbanan anak-anak sebagai hal yang menyenangkan ilahi telah diterima oleh banyak budaya. Dengan kata lain nilai anak-anak sering sekali diukur dengan keuntungan ekonomi bagi masyarakat.

21 Pemuridan Triwulan 1, Masa Kanak-kanak Yesus Keuntungan Anak-anak Ibrani Pendidikan, hak kesulungan, dan banyak praktik budaya lainnya dengan jelas menunjukkan bagaimana anak-anak sangat bernilai pada kebudayaan Ibrani kuno. Kristus memperluas posisi anak-anak yang sebenarnya sudah terangkat, jika dibandingkan dengan budaya di sekitarnya, kepada dimensi yang baru. Anak-anak adalah manusia, dan Kristus mati bagi setiap orang, berapa pun usia mereka-poin yang tidak boleh kita lupakan.

22 Pemuridan Triwulan 1, Masa Kanak-kanak Yesus Yesus, Sang Anak Kristus,... Bertumbuh sebagai seorang anak. Dia tidak melewatkan satu pun tahap-tahap perkembangan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan kedewasaan. Dia memahami pencobaan di masa remaja. Dia mengalami kelemahan dan ketidakamanan masa kanak- kanak. Yesus melewati semua tantangan yang pada zaman-Nya dihadapi oleh semua kanak-kanak. Pengalamannya pada masa kanak-kanak adalah cara penting lainnya bahwa Juruselamat kita telah menyatakan kemanusiaannya yang sejati.

23 Pemuridan Triwulan 1, Masa Kanak-kanak Yesus Yesus, Sang Anak “Bagi bangsa Yahudi tahun kedua belas ialah garis pemisah antara masa kanak-kanak dan masa muda. Setelah meningkat ke dalam usia ini seorang anak muda Ibrani disebut anak hukum, dan juga anak Allah. Ia diberi kesempatan istimewa untuk pelajaran agama., dan diharapkan untuk mengikuti berbagai pesta dan upacara keagamaan. Sesuai dengan kebiasaan inilah Yesus pada masa muda- Nya mengadakan kunjungan Paskah ke Yerusalem” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 67.

24 Pemuridan Triwulan 1, Masa Kanak-kanak Yesus Yesus, Sang Anak Allah menganugerahkan kasih karunia kepada Yesus, dimulai pada saat Dia mengikuti pertemuan di Kaabah selama Paskah, Kita dapat melihat Yesus memiliki kebijaksanaan yang dalam pada Alkitab. Para Rabbi sangat terkesan dengan pertanyaan dan jawaban Yesus.

25 Pemuridan Triwulan 1, Masa Kanak-kanak Yesus Yesus, Sang Anak Allah dengan pasti menggunakan pengalaman masa kanak-kanak untuk membentuk tabiat yang tidak bercacat. Mungkin displin belajar keahlian tukang kayu, perhatian dari orang tua yang khusus, belajar Alkitab secara rutin, dan interaksi-Nya dengan penduduk Kota Nazaret membentuk dasar awal pertumbuhan-Nya. Pada akhirnya, bagaimanapun luar biasanya Yesus, Dia tetap, sebagaimana orang lain, adalah seorang anak.

26 Diskusikan Pemuridan Triwulan 1, 2014 Bayangkanlah keadaan Anda pada saat Anda masih menjadi seorang anak kecil di jemaat Anda dahulu. Hal- hal apakah menurut Anda yang sangat berpengaruh untuk menjadikan seorang anak menjadi baik atau menjadi tidak baik. Apakah yang dapat Anda ambil dari pengalaman Anda sebagai seorang anak kecil yang dapat menolong Anda untuk melakukan pemuridan bagi Kristus kepada anak- anak yang ada di jemaat Anda saat ini?

27 b b Understand the purposes of marriageA Memuridkan Anak-anak 2. Yesus dan Anak-anak—1 (Matius 9:18,19)

28 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Memuridkan Anak-anak 2. Yesus dan Anak-anak-1 Matius 9:18,19 “Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup.“ Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya..”

29 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Anak-anak-1 Menyembuhkan Anak-anak Yesus menyembuhkan anak-anak. Hal ini dicatat dalam ayat-ayat Alkitab berikut ini: 1. Anak Perempuan Jairus, Matius 9: Anak Perempuan Siro-Fenisia, Markus 7: Anak seorang Bapak yang kerasukan roh jahat, Lukas 9: Anak pegawai istana yang sedang sakit, Yohanes 4: Dalamsemua cerita ini, satu kesamaan yang luar biasa adalah, dalam setiap kasus, orangtua yang putus asa datang kepada Yesus, mencari bantuan untuk anak itu.

30 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Anak-anak-1 Menyembuhkan Anak-anak Sekalipun Yesus sendiri tidak pernah menjadi orangtua, Dia cukup dekat dengan mereka dalam kemanusiaan- Nya saat Dia menyembuhkan anak mereka. Dalam setiap kasus kesembuhan selalu ada. Dia tidak pernah menolak seseorang. Jadi, kasih-Nya bukan hanya kepada para orangtua tetapi juga dengan sangat jelas bagi anak-anak.

31 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Anak-anak-1 Menyembuhkan Anak-anak Tentu, hal ini menuntun kepada sebuah pertanyaan sehubungan dengan kasus saat orangtua yang berdoa dan memohon kepada Yesus dan, namun, anak mereka tidak disembuhkan. Mungkin di sana, tidak ada pengalaman yang lebih menyedihkan dari pada mengubur anak-anak. Kematian seharusnya bagi generasi yang lebih tua. Urutan yang tidak alamaiah saat orangtua berkabung atas kematian anak mereka membuat hati memberontak. Hampir di semua penguburan yang seperti ini orangtua bertanya: “Bukankah seharusnya saya?”

32 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Anak-anak-1 Menyembuhkan Anak-anak Perkabungan atas kematian fisik dan melihat kerusakan spiritual mungkin sama-sama menyakitkan. Berapa banyak orangtua yang menderita karena anak-anak mereka dikuasai oleh kecanduan obat, pornografi, atau ketidakpedulian masa remaja? Apa pun penderitaan, kita harus belajar untuk percaya kepada Tuhan dan pada kebaikan dan kasih-Nya, walaupun ketika sesuatu itu tidak bahagia, seperti yang terjadi dalam cerita yang terdaftar di atas.

33 menunjukka Diskusikan Pemuridan Triwulan 1, 2014 Bagaimanakah jemaat Anda menunjukkan penghargaannya kepada anak-anak dan orang muda? Apakah sudah cukup? Jelaskan Kisah sukses apasajakah yang dapat Anda ceritakan pada anak-anak muda yang hadir di acara sekolah sabat atau di sekolah gereja?

34 b b Understand the purposes of marriageA Memuridkan Anak-anak 3. Yesus dan Anak-anak—2 (Markus 10:13,14)

35 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Memuridkan Anak-anak 3. Yesus dan Anak-anak-2 Markus 10:13,14 “Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia menjamah mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu. Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: "Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang- orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.”

36 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Anak-anak-2 Peringatan yang Menakutkan Dalam diri anak-anak terdapat kemurniaan yang unik di mana Yesus sering menggunakannya untuk mengilustrasikan kerajaan-Nya. Ketulusan, kerendahan hati, ketergantungan, dan kepolosan mereka mencakup ini dari kehidupan Kristen.

37 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Anak-anak-2 Peringatan yang Menakutkan Para pembuat murid modern, perlu mempelajari bahwa: anak- anak tidak perlu meninggalkan ketergantungan kekanak- kanakan mereka di belakang. Jika dididik dengan benar, anak- anak dapat membawa kepercayaan mereka yang polos itu sampai mereka menjadi dewasa.

38 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Anak-anak-2 Peringatan yang Menakutkan Kita dapat mengkhotbahkan apa yang kita inginkan; pada akhirnya, sebagaimana juga kepada orang dewasa, cara terbaik untuk memuridkan anak- anak adalah dengan menghidupkan kasih Allah dalam hidup kita dihadapan mereka. Apakah yang dilakukan oleh gerejamu, bukan hanya untuk memelihara anak-anak tetapi memastikan terlindungi dalam segala cara yang memungkinkan?

39 Pemuridan Triwulan 1, Yesus dan Anak-anak-2 Membiarkan Anak-anak Kecil “Dalam diri anak-anak... Yesus melihat pria dan wanita yang harus menjadi ahli waris anugerah-Nya dan rakyat kerajaan-Nya, dan beberapa di antara mereka akan mati syahid karena namaNya. Ia mengetahui bahwa anak-anak ini mau mendengarkan Dia sebagai Penebus mereka jauh lebih rela daripada orang dewasa,... Dalam pengajaran-Nya Ia turun ke derajat hidup mereka. Ia Yang Mahamulia disurga, tidak memandang rendah untuk menjawab pertanyaan mereka, serta menyederhanakan pelajaran-pelajaran- Nya yang penting untuk memenuhi pengerian mereka yang masih kanak-kanak. Ia menanamkan benih kebenaran dalam pemikiran mereka, yang bertahun-tahun kemudian akan bersemi, dan berbuah sampai kepada hidup kekal.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld 6. 6, hlm. 131.

40 Diskusikan Pemuridan Triwulan 1, 2014 Apakah yang dapat dilakukan oleh setiap anggota jemaat supaya lebih ramah terhadap orang muda yang mungkin sedang bereksperimen dalam hal pakaian yang aneh, selera musik yang tidak biasa, dan kadang kala tingkah laku yang aneh? Bagaimanakah gereja dapat menjadi lebih bersemangat sehingga menarik orang muda supaya aktif? Langkah apakah yang dapat diambil oleh anggota jemaat untuk mempersiapkan diri mereka untuk menanggapi orang- orang muda yang rindu untuk dibaptis dan berjanji untuk mengubah hidup dalam Kristus?

41 KUTIPAN ROH NUBUAT Pemuridan Triwulan 1, 2014 “Memang benar anak-anak paling muda terpengaruh dengan ajaran Injil, hati mereka terbuka terhadap pengaruh Ilahi, dan paling kuat mengingat ajaran yang diterima. Anak-anak kecil dapat menjadi orang Kristen, mendapat pengalaman sesuai dengan usia mereka. Mereka perlu dididik dalam perkara rohani, orangtua harus member mereka kesempatan, agar mereka membentuk tabiat yang serupa dengan tabiat Kristus.”

42 Pemuridan Triwulan 1, 2014 “Ibu dan bapa harus memandang pada anak-anak mereka sebagai anggota-anggota keluarga Tuhan yang lebih muda, menyerahkan mereka untuk dididik bagi surga. Pelajaran yang kita sendiri pelajari dari Kristus harus kita beri kan kepada anak-anak kita, karena pikiran yang masih muda dapat menerimanya, membuka sedikit demi sedikit bagi mereka keindahan prinsip-prinsip surga.” KUTIPAN ROH NUBUAT Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 6, hlm. 131, 132.

43 Rangkuman Pemuridan Triwulan 1, 2014 Lebih dini kita dapat melatih murid bagi Kristus, lebih baik lagi. Namun kadangkala, gantinya mengembangkan talenta dan semangat saat mereka masih muda, kita ucapkan pada mereka, “Datanglah setelah kamu lebih besar lagi.” Ini merupakan suatu kesalahan.

44 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Seorang tidak perlu menjadi seorang tua (sama seperti Yesus tidak perlu menjadi orangtua) agar dapat melakukan kepada anak- anak. Setiap orang dewasa adalah mentor Menyadari dan memahami bahwa tidak ada yang lebih berharga daripada mengenali beragam talenta anak-anak dan mendorong mereka untuk mengembangkannya dalam pelayanan kepada Kristus Saya tidak menydari hal ini. Minggu depan ini saya berusaha melalui pertolongan Roh Kudus dan belajar Alkitab untuk lebih memperhatikan anak-anak, khususnya yang ada di jemaat saya melatih mereka agar mereka kelak menjadi murid Kristus yang lebih baik. Saya akan berusaha selalu memperhatikan kebutuhan anak-anak di jemaat saya dan melatih mereka untuk aktif di gereja

45 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA”


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google