Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALAT MUSIK A.Pengetahuan alat musik B.Pengetahuan harga alat musik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALAT MUSIK A.Pengetahuan alat musik B.Pengetahuan harga alat musik."— Transcript presentasi:

1 ALAT MUSIK A.Pengetahuan alat musik B.Pengetahuan harga alat musik

2 Pengetahuan alat musik Menurut cara memainkannya, tergolong dalam : 1. Alat musik pukul 2. Alat musik petik 3. Alat musik tiup 4. Alat musik gesek

3 ALAT MUSIK PUKUL

4 DRUM

5 Sejarah Drum Sejarah alat musik drum berawal dari munculnya peradaban manusia. Dahulu, pukulan drum telah dikaitkan dengan kelahiran manusia. Karena, drum, saat itumerupakan alat musik yang sering kali digunakan di hutan, yang disebut juga membranophone, yang berarti sebuah alat musik yang mengeluarkan suara dari selaput (sebuah lengkung stik) yang berkepanjangan dan mengesankan bagi setiap objek yang mendengarkannya. Alat musik drum sudah ada kira2 pada tahun 6000 SM. Di dalam gua2 di negara Peru, terdapat beberapa lukisan yang tertempel pada dindingnya, yang menggambarkan bahwa alat musik drum bisa digunakan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Contohnya,suku Indian, mereka menggunakan labu dan batang kayu untuk membuat alat musik drum. dan, biasanya mereka menggunakan alat musik drum tersebut untuk kepentingan upacara-upacara ritual adat istiadat mereka. Drum tidak hanya digunakan untuk menghibur diri saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi, contohnya budaya suku afrika. biasanya, meraka mengandalakn alat musik drum sebagai alat untuk mengekspresikan diri mereka, uga digunakan sebgai alat untuk menyampaikan pesan penting melalui serangkaian pikulan drum di sepanjang hutan tempat tinggal mereka tinggal.

6 Bagian Drum Snare Snare merupakan unsur yang paling vital dalam drum, karena snare merupakan bagian penentu dalam menentukan ketukan dalam bermain drum. Snare pun terdiri dari berbagai variasi ukuran antara 10” hingga 15”. Pada snare terdapat bagaian yang sangat penting yaitu snare wire/stainer yang terdapat di bawah snare. Jika kita memukul sisi atas pada drum, maka stainer yang di rapatkan pada bawah snare akan berintraksi yang mengasilkan bunyi yang sangat nyaring. Jenis-jenis Snare : - Snare biasa, berukuran 5 ½” – 6 ½ ” mengeluarkan nada atau tone yang sedang - Snare ukuran tebal,berukuran 7”-8” mengeluarkan nada atau tone yang deep. - Snare berukuran tipis mempunyai 2 jenis : Piccolo snare drum berukuran 4 “-4 ½ “ ( Metal atau brass). Yang berukuran 3 ½ “ – 4” terbuat dari wood atau kayu.

7 Bass Drum Pada awalnya digunakan bass drum yang di pakai dalam marching band ( ukuran 26”, 28”, ). Pada dewasa ini di gunakan bass drum berukuran 24”( musik rock), 22”, 20”, 18”, bahkan ada yang 14”. Bass drum adalah bagian dari drum yang merupakan bagain yang sangat vital dari drum. Karena bass drum mempunyai fungsi yang hampir sama dengan snare drum, yaitu sebagai penentu ketukan dalam kita bermain. Bass drum biasanya dimainkan oleh kaki kanan kita (standar) atau bisa juga dimainkan oleh kedua kaki kita (tergantung kebutuhan). Dalam memainkian bass drum kita dibantu oleh alat yaitu pedal. Tom-Tom Tom-tom pada drum merupakan kelengkapan pada drum set, dimana drummer dapat lebih leluasa mem-variasikan pukulan.Tom-tom baru muncul pada decade 30-an; pada awalnya tidak bisa di tuning. Tom-tom terdiri dari bermacam-macam ukuran dan bahan yang berbeda. Biasanya tom-tom terbuat dari kayu maple atau birch. Dalam drum set standar, tom-tom di bagi menjadi 3 bagian : - Small tom-tom 1 - Small tom-tom 2 - Large tom-tom atau floor tom Tom-tom Drum mempunyai ukuran yang ber-variasi : 6”, 8”, 10”, 12”, 13”, 14”, 15”, 16”, 18”, 20”.

8 Cymbal Hi-Hat Cymbal Hi-hat merupakan 2 lempengan cymbal yang di gabungkan menjadi satu bagian. Biasanya kedua bagian itu mempunyai ukuran yang sama, tapi bagi beberapa drummer mereka lebih senang memakai hi-hat yang berbeda ukuran. Fungsi dari hi-hat sangat penting sekali, sebab hi-hat mempunyai peranan mengatur tempo/waktu dalam permainnan. hi-hat mempunyai ukuran 10”, 13” 14”, dan 15”. Pada jaman dulu drummer belum mengenal hi-hat, tetapi “Low boy “ ( letaknya di bawah ). Hi-hat muncul pada pertengahan decade 20-an ( dikatakan hi-hat karena bentuknya seperti topi tinggi ). Sekarang muncul juga remote hi-hat, yaitu hi-hat yang menggunakan kabel. Ride Cymbal Ride cymbal mempunyai fungsi yang sama dengan hi-hat, yaitu sebagai iringan atau rhythm. Dalam satu drum set, biasanya ride cymbal hanya satu sedangkan jenis cymbal lainnya ada banyak. ride cymbal mempunyai ukuran 18”-26”.

9 Crash cymbal Crash cymbal berfungsi sebagai variasi dalam permainan. Biasanya kita memukul crash cymbal pada waktu-waktu tertentu ( fill-in ). Crash cymbal mempunyai ukuran 15”,16”, 17”, 18”, 19”, 20” dan 22”. Crash cymbal berukuran lebih tipis dari pada ride cymbal. Jenisnya antara lain dark crash, power crash, light crash, medium crash, thin crash, ride crash, flat crash, dll. Splash cymbal Splash cymbal mempunyai fungsi yang sama dengan crash cymbal. Tetapi Splash cymbal mempunyai ukuran yang lebih kecil, dan ukuran splash cymbal 6”, 8”, 10”, dan 12”. Chinese cymbal China cymbal mempunyai fungsi yang sama dengan crash cymbal, tetapi china cymbal mempunyai bentuk yang berbeda. China cymbal mempunyai bentuk seperti cymbal yang di balikan. China cymbal mempunyai ukuran yang bervariatif yaitu antara 8” sampai 20”. China cymbal di ciptakan karena pengaruh dari musik China.

10 Bell cymbal Bentuk dan ukurannya seperti splash cymbal, hanya ukurannya jauh lebih tebal. Sizzle cymbal Mempunyai paku keling di bagian tepi cymbal, sehingga menghasilkan suara desis yang panjang,kemudian muncul pula sizzle hi-hat. Lalu ada usaha lain untuk menghasilkan desis yaitu dengan memasang rantai pada cymbal. Sizzle cymbal sudah langka.

11 Hardware Drum Hi-hat stand Hi-hat stand berfungsi sebagai tempat meletakan hi-hat cymbal. Biasanya pada hi- hat pedal terdapat pedal yang berfungsi sebagai kontrol dari hi-hat cymbal yang terdiri dari 2 buah cymbal ini. Snare Stand Snare stand berfungsi sebagai tempat meletakan snare, snare stand biasanya mempunyai sifat yang mudah di pindah-pindah, agar dalam bermain drum kita dapat dengan leluasa memindah-mindahkan posisi snare sesuka kita.

12 Cymbal stand Cymbal stand berguna untuk tempat menggantungkan cymbal, sifat cymbal stand juga mudah di pindah-pindahkan, agar kita dapat dengan leluasa memindah-mindahkannya. Tom Holder Tom holder berguna untuk tempat meletakan tom-tom. Dasar tom holder biasanya tertempel pada bagian atas bass drum. Pedal Pedal drum berfungsi sebagai pemukul pada bass drum. Pedal di gerakan dengan kaki kanan dengan cara menginjak –injak pedal seiring dengan irama lagu. Pedal drum terbagai dalam 2 jenis, yaitu single pedal dan double pedal. Pedal drum di ciptakan oleh Ludwig sekitar tahun belasan.

13 Thrones Trones berfungsi sebagai tempat duduk drummer. Trones mempunyai bentuk jok yang bulat dan mudah di putar-putar agar si pemain mudah mengatur posisi dalam bermain. Sekarang muncul trones dengan bentuk seperti sadel vespa, bahkan di lengkapi dengan sandaran. Muffler Di cepitkan pada rim, untuk meredam sustain. Bagian yang lunak (gabus, busa) menempel/ menekan head. Adaptor Untuk merangkaikan cymbal holder, tom-tom holder, dan lain-lain, pada cymbal stand, hi-hat stand, dan lain-lain.

14 Octoban Berbentuk tabung panjang, salah satu sisinya (atas) diberi head. Ukuran diameternya 6”atau 8 “. Dalam drum set, biasanya digunakan antara4 sampai 8 buah octoband dengan tuning yang berbeda. Ada pula yang menyebutnya octodrum. Gong Drum Ukuran diameternya lebar 20”, dipasang seperti tom dengan stand. Tuningnya rendah tampa peredam. Alat ini hasil kreasi drummer Billy Cobham.

15 Cowbell dan Woodblock Cowbell lazim digunakan dalam drumset. Selain cowbell, tambourine juga banyak dipasang pada drumset. Beberapa drummer ada yang memasang cowbell di bawah drum dan diminkan dengan menggunakan pedal. Banyak drummer yang menambahkan drumset mereka dengan berbagai macam asesories, terutama dengan alat musik tradisional ( lebih-lebih sejak decade 90-an muncul era “world beat” atau “world music”). Dalam kemajuan tehnologi, muncul alat-alat musik elektronik selain ada elektronik drumset ( yang kemudian di lengkapi dengan midi- system). Ada pula trigger yang dapat mengubah warna suara tom-tom, snare, cymbal menjadi seperti suara yang kita inginkan. Bahkan bias diatur dengan nada, sehingga tak ubahnya seperti alat musik bertangga nada.

16 Jenis-Jenis Stick Drum 1.Wooden tip drum sticks 2.Nylon tip drum sticks 3.Synthetic drum sticks 4.Brushes 5.Blastix dan Multi rods 6.Drum stick weights(7A,2B,5A) 7.Timbale sticks 8.Bachi

17 Cara Memilih Drum Stick 1.Rasakan berat masing-masing stick,pastikan beratnya sama dan tidak kopong. 2.Gelindingkan stick pada permukaan yang rata.Bila ujung stick bergoyang maka dapat dipastikan stick tersebut tidak lurus. 3.Mainkan pada permukaan yang tidak rata,sesuaikan dengan tangan. 4.Tes pitch dari stick drum itu sendiri,coba pukul ride dengan menggunakan ujungnya,jika bunyinya berbeda maka stick tersebut kurang baik.

18 10 Drummer Terbaik di Dunia 1.Jimmy “The Rev Sullivan” 2.Travis Barker 3.Ian Paice 4.John Bonham 5.Lars Ulrich 6.Neil Peart 7.Keith Moon 8.Joey Jordison 9.Tico Torres 10.Mike Portnoy

19 MERK DRUM AKUSTIK DAN HARGANYA

20 MAPEX – Mapex Quasar Red Rp – Mapex Meridian Birch Rp

21 PEARL – Pearl Vision VSX-926 Rp – Pearl Vision VMX-926 Rp – Pearl Vision VX-926C Rp

22 – Pearl Vision VLX-925 Rp – Pearl Vision VBX-926 Birch Rp

23 SONOR – Sonor Force 3007 Rp – Sonor Force 507 Rp Rp – Sonor Force 2007 Rp – Sonor Force 1007 Rp

24 TAMA – Tama Superstar SK Rp – Tama Imperial Star Rp

25 YAMAHA Yamaha Stage Custom Birch Yamaha Recording Custom Absolute Yamaha Oak Custom Yamaha Maple Custom Yamaha Manu Katche Signature Junior Kit Yamaha GigMaker Yamaha PHX Phoenix Yamaha Tour Custom

26 Kelebihan dan Kekurangan Drum Tama  Kelebihan: a)Harganya relatif murah. b)Stand hihat cukup besar dan kakinya dapat diputar sehingga memudahkan kita untuk dapat menaruh pedal dimana saja. c)Penampilan cukup menarik. d)Tom-tomnya fleksibel sehingga mudah untuk di atur. e)Suara cukup memuaskan.  Kekurangan: a)Pedalnya kaku. b)Tom-tom,snare,dan hardwarenya cukup mahal. c)Tuning range sangat terbatas untuk semua tom-tom.

27 Yamaha  Kelebihan: a.Satu-satunya drumset untuk level ini yg menggunakan kombinasi kayu Birch, Falkata dan Mahogany. b.Tersedia juga dalam ukuran Fusion. c.Suara memuaskan. d.Bass drum dengan suara yang tebal dan rock. e.Drumhead yang kuat dan mudah ditune. f.Warna yang bervariasi. g.Hardware yang kuat. h.Posisi tom-tom yang fleksibel.  Kekurangan: a.Drumsetnya mahal.

28 Pearl  Kelebihan: a.Suara cukup memuaskan. b.Harga relatif murah. c.Tampak luar seperti drum kelas atas. d.Suara snare yang memuaskan. e.Suara tom-tom yang bulat. f.Stand hihat yang besar dan dapat diputar. g.Hardware yang kuat.  Kekurangan: a.Suara kurang tebal karena drumhead yang kurang baik. b.Tom-tomnya sulit untuk diatur.

29 Sonor  Kelebihan: a.Mempunyai suara yang cukup baik. b.Pedal yang halus dan lincah. c.Suara bass yang besar. d.Hardware kokoh. e.Sudah menggunakan tuner rod yang biasa, sehingga bisa menggunakan drum key apa saja.  Kekurangan: a.Penempatan tom sulit untuk diatur karena sering beradu dengan tom mouth itu sendiri. b.Hardware yang susah di lepaskan. c.Stand hihat tidak dapat diputar sehingga susah untuk menggunakan double pedal. d.Drumhead yang tipis.

30 Zildjian ZBT Splash Cymbal Zildjian ZBT Splash Cymbal List Price: $88.00 Zildjian 14" ZBT Rock HitHat Cymbals Zildjian 14" ZBT Rock HitHat Cymbals List Price: $ Zildjian ZBT Crash Ride Cymbal Zildjian ZBT Crash Ride Cymbal List Price: $ Zildjian ZBT Rock Crash Cymbal Zildjian ZBT Rock Crash Cymbal List Price: $ Zildjian 20" ZBT Ride Cymbal Zildjian 20" ZBT Ride Cymbal List Price: $198.00

31 Zildjian 20" ZBT Rock Ride Cymbal Zildjian 20" ZBT Rock Ride Cymbal List Price: $ Zildjian ZXT Trashformer Zildjian ZXT Trashformer List Price: $99.00 Zildjian 14" ZXT Rock HiHat Cymbals Zildjian 14" ZXT Rock HiHat Cymbals List Price: $ Zildjian 14" ZXT Solid HiHat Cymbals Zildjian 14" ZXT Solid HiHat Cymbals List Price: $ Zildjian 14" ZXT Thin Crash Cymbal Zildjian 14" ZXT Thin Crash Cymbal List Price: $ Zildjian ZXT Medium Thin Crash Cymbal Zildjian ZXT Medium Thin Crash Cymbal List Price: $184.00

32 Zildjian ZXT Rock Crash Cymbal Zildjian ZXT Rock Crash Cymbal List Price: $ Zildjian 20" ZXT Rock Ride Cymbal Zildjian 20" ZXT Rock Ride Cymbal List Price: $ Zildjian ZHT 4 Piece Pro Cymbal Set Zildjian ZHT 4 Piece Pro Cymbal Set List Price: $ Zildjian ZHT 4 Piece Rock Cymbal Set Zildjian ZHT 4 Piece Rock Cymbal Set List Price: $ Zildjian 22" ZHT Ride Cymbal Zildjian 22" ZHT Ride Cymbal List Price: $ Zildjian 20" ZHT Rock Ride Cymbal Zildjian 20" ZHT Rock Ride Cymbal List Price: $278.00

33 Zildjian 20" ZHT Medium Ride Cymbal Zildjian 20" ZHT Medium Ride Cymbal List Price: $ Zildjian 18" ZHT Crash Ride Cymbal Zildjian 18" ZHT Crash Ride Cymbal List Price: $ Zildjian ZHT Splash Cymbal Zildjian ZHT Splash Cymbal List Price: $ Zildjian ZHT China Splash Cymbal Zildjian ZHT China Splash Cymbal List Price: $ Zildjian ZHT Fast Crash Cymbal Zildjian ZHT Fast Crash Cymbal List Price: $ Zildjian ZHT Medium Thin Crash Cymbal Zildjian ZHT Medium Thin Crash Cymbal List Price: $206.00

34 Zildjian ZHT Rock Crash Cymbal Zildjian ZHT Rock Crash Cymbal List Price: $ Zildjian 14" ZHT HiHat Cymbals Zildjian 14" ZHT HiHat Cymbals List Price: $ Zildjian ZHT Mastersound HiHat Cymbals Zildjian ZHT Mastersound HiHat Cymbals List Price: $ Zildjian 14" ZHT Rock HiHat Cymbals Zildjian 14" ZHT Rock HiHat Cymbals List Price: $ Zildjian 10" ZHT Mini- Hats Zildjian 10" ZHT Mini- Hats List Price: $ Zildjian ZHT China Cymbal Zildjian ZHT China Cymbal List Price: $206.00

35 Sabian Cymbals Sabian HHX Super Cymbal Set Sabian HHX Super Cymbal Set List Price: $2, Sabian AA Metal Performance Set Sabian AA Metal Performance Set List Price: $1, Sabian 14" HH Dark Hi Hats Sabian 14" HH Dark Hi Hats List Price: $756.00

36 Sabian HHX Evolution O- Zone Crash Cymbal Sabian HHX Evolution O- Zone Crash Cymbal List Price: $ Sabian AA Chinese Cymbal Sabian AA Chinese Cymbal List Price: $ Sabian HHX Evolution Crash Cymbal Sabian HHX Evolution Crash Cymbal List Price: $ Sabian 14" AA Metal Hi Hats Sabian 14" AA Metal Hi Hats List Price: $ Sabian Vault Zodiac Gong Sabian Vault Zodiac Gong List Price: $ Sabian Paragon Crash Sabian Paragon Crash List Price: $374.00

37 Sabian HHX Chinese Cymbal Sabian HHX Chinese Cymbal List Price: $ Sabian Vault Radia Cup Chimes Sabian Vault Radia Cup Chimes List Price: $ Sabian AA Splash Cymbal Sabian AA Splash Cymbal List Price: $ Sabian AA China Splash Cymbal Sabian AA China Splash Cymbal List Price: $ Sabian HHX Groove Hats Sabian HHX Groove Hats List Price: $ Sabian HHX Stage Crash Cymbal Sabian HHX Stage Crash Cymbal List Price: $455.00

38


Download ppt "ALAT MUSIK A.Pengetahuan alat musik B.Pengetahuan harga alat musik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google