Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jenis Iklan Korporat NAMA ANGGOTA : ELIOT JUNIA MERY SETIAWAN RENDY YULIE PEMBIMBING : Daniel S.I.Kom, M.A., M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jenis Iklan Korporat NAMA ANGGOTA : ELIOT JUNIA MERY SETIAWAN RENDY YULIE PEMBIMBING : Daniel S.I.Kom, M.A., M.Si."— Transcript presentasi:

1 Jenis Iklan Korporat NAMA ANGGOTA : ELIOT JUNIA MERY SETIAWAN RENDY YULIE PEMBIMBING : Daniel S.I.Kom, M.A., M.Si

2 Iklan Korporat Iklan korporat didefinisikan sebagai sebuah media yang telah dibayar untuk lebih berupaya dalam memberikan keuntungan bagi citra suatu perusahaan daripada hanya sekedar produk atau jasa yang ditawarkan.

3 Iklan Citra Korporat Iklan citra korporat merupakan iklan korporat yang menjalankan fungsi menaikkan citra perusahaan di mata publik baik internal maupun eksternal. Ketika sebuah perusahaan memiliki usaha untuk menaikkan citra perusahaan secara keseluruhan akan mempengaruhi kecenderungan konsumen dalam memilih produk. Tetapi hal yang membedakan di sini adalah iklan citra korporat tidak dirancang untuk secara langsung dan dalam waktu yang singkat dapat mempengaruhi produk pilihan konsumen, tetapi kebanyakan iklan citra korporat bermaksud untuk citra secara umum dan menguntungkan bagi perusahaan.

4 Analisis Iklan Citra Korporat INTERNASIONAL :APPLE-iCloud iCloud adalah salah satu inovasi dari Apple yang menyimpan data Anda dalam sinkronisasi antara perangkat Apple atau PC yang Anda miliki. Citra produk-produk Apple yang inovatif dan terdepan membuat produk apple tetap menjadi pilihan masyarakat walau harga produknya relatif lebih mahal namun karena citranya yang positif membuat masyarakat tetap ingin memiliki produk apple. Iklan yang dipublikasikan juga sangat menarik perhatian karena menampilkan segala keunggulan produk apple tersebut

5 NASIONAL:SILVERQUEEN Silverqueen adalah produk yang sangat digemari oleh setiap kalangan masyarakat. Dengan segala kualitas rasa yang enak dan harga yang terjangkau membuat silverqueen tetap menjadi pilihan berbagai tingkatan masyarakat dan tetap mendapat tempat di hati masyarakat. Sesuai dengan kenyataan dan iklan yang dipublikasikan, membuat citra silverqueen tetap baik dipasaran dibandingkan produk-produk coklat yang dikeluarkan oleh perusahaan lainnya.

6 PENYALAHGUNAAN IKLAN:Kiranti Kiranti adalah salah satu produk minuman kesehatan untuk wanita pada masa datang bulan. Pada iklan yang dipublikasikan tercantum bahwa produknya dapat menghilangkan nyeri datang bulan, namun penelitian membuktikan bahwa produk kiranti dapat membahayakan rahim karena dapat membuat rahim menjadi kering dengan kandungan-kandungan yang ada di dalam produknya. Hal ini menyebabkan citra perusahaan kiranti menjadi turun(buruk) dikalangan wanita.  Solusi : kiranti harus memperbaiki citra nya yang sempat turun dapat kembali baik di mata masyarakat dengan cara membuat iklannya sebaik mungkin dan memperhatikan campuran kandungan produk. Selain itu, untuk membuat kiranti dapat tetap eksis, kiranti perlu memperbaharui percampuran kandungan obat-obat herbal di dalam produknya dan mengganti kemasan botol yang baru agar lebih menarik.

7 Iklan Pembelaan/Sokongan (Advocay Advertising) Iklan korporat jenis ini mempunyai misi untuk berusaha menetapkan posisi organisasi pada suatu permasalahan sosial, politik, dan lingkungan yang sangat penting. Iklan pembelaan / sokongan adalah sebuah iklan yang dibuat untuk mempengaruhi opini publik terhadap permasalahan-permasalahan yang menjadi perhatian perusahaan.

8 Analisis Iklan Pembelaan/Sokongan INTERNASIONAL: Kerjasama Real Madrid dan Adidas Brand Olahraga asal Jerman ini menjadi sponsor kostum Madrid sejak 1998 lalu, dan kabarnya kedua pihak siap untuk memperpanjang kerjasama yang ada. Dilansir dari Marca, Madrid siap menandatangani kerjasama kontrak dengan Adidas hingga Jika hal ini benar terjadi, Madrid akan mendapat pemasukan sebesar 35 juta euro pertahun dari Adidas.

9 Adidas dan Real Madrid memang sudah sejak lama saling melakukan kerja sama tersebut. Dan mereka sudah sangat saling mengenal satu sama lainnya. Oleh karena itu, mereka kini sudah memutuskan untuk memperpanjang ikatan kontrak mereka yang sudah terjalin cukup lama itu. Madrid di yakini akan mendapat Rp 394 miliar per tahun dari kerja samanya dengan Adidas.

10 NASIONAL : Kerjasama Pertamina dan Universitas Indonesia – OSN-PERTAMINA 2012 merupakan program CSR Bidang Pendidikan PT Pertamina sebagai implementasi dari visi Pertamina dalam mencerdaskan anak bangsa. – Komitmen PT Pertamina (Persero) dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia kembali dibuktikan melalui penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional PERTAMINA (OSN-PERTAMINA) Menginjak tahun kelima pelaksanaan OSN-PERTAMINA 2012, PT Pertamina (Persero) bersama Universitas Indonesia (UI) sebagai mitra kerjasama dan didukung penuh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud mengangkat tema “Mencetak Generasi Sobat Bumi Berprestasi”.

11

12 PENYALAHGUNAAN IKLAN Kartu Prima dan Lembaga Atlet Keinginan untuk mensejahterakan olahragawan Indonesia dengan merilis kartu perdana dan voucher Prima sejatinya memiliki niat baik. Perjanjian terkait kartu dan voucher Prima terjadi 1 Juni 2011 lalu. Dimana awalnya, memorandum of understanding (MoU) terjadi di antara Telkomsel dengan Yayasan Olahragawan Indonesia (YOI). Dengan perjanjian ini, Telkomsel memberi kewenangan kepada YOI untuk menjual produk Telkomsel, yakni kartu perdana dan voucher isi ulang. Untuk mengeksekusi MoU tersebut, YOI kemudian menunjuk PT Prima Jaya Informatika. Dalam perjanjian kerja sama disebutkan bahwa PT Prima ditargetkan harus menjual 10 juta kartu perdana dan 120 juta voucher isi ulang dalam rentang waktu setahun untuk kalangan olahragawan saja dan keuntungannya bisa diambil YOI untuk mensejahterakan olahragawan.

13 PT Prima dianggap melanggar perjanjian lantaran menjual kartu perdana/voucher ke luar komunitas olahragawan. Nah, dengan kondisi tersebut. Telkomsel merasa berhak memutuskan kerja sama, karena sudah disebutkan dalam Perjanjian Kerjasama (PSK). Solusi : seharusnya PT Prima dan Telkomsel menyelesaikan perselisihan diantara mereka di pengadilan.

14 Iklan Berorientasi Sosial (Cause- Related Advertising) Iklan korporat jenis ini menunjukkan hubungan sebuah perusahaan dengan hal-hal kegiatan sosial seperti memberantas kemiskinan, gerakan pemberantasan buta huruf,mengekang penyalahgunaan obat- obatan, dll. Tujuan dari iklan berorientasi sosial ini adalah menaikkan citra perusahaan sehubungan dengan kegiatan sosial yang didananai oleh perusahaan tersebut.

15 Analisis Iklan Berorientasi Sosial INTERNASIONAL Iklan Rokok Iklan ini dibuat oleh Thai Health Foundation yang berlokasi di Thailand. Iklan ini menyoroti sebagian anak yang meminta rokok kepada orang tua yang sedang merokok, tapi orang-orang tua tersebut tidak memberikan dan menasehati anak-anak itu untuk tidak merokok. Kemudian anak-anak tersebut memberikan kertas yang berisi ‘kalian memperdulikan aku, kenapa tidak memperdulikan dirimu sendiri?’

16 NASIONAL : Iklan dilarang mengendarai motor bagi anak di bawah umur. Iklan ini dikategorikan ke dalam kelompok berorientasi sosial karena iklan ini dibuat untuk ditujukan kepada masyarakat luas, terutama bagi anak dibawah umur dan para orang tua. Tujuan dibuatnya iklan ini adalah untuk memberitahukan kepada para orangtua dan anak dibawah umur agar tidak membawa motor demi keselamatan bersama. Iklan ini juga telah mengamati gejala sosial yang ada, dimana banyak kecelakaan di jalan raya yang di alami banyak anak di bawah umur karena mengemudikan motor secara ugal ugalan dan tak jarang dapat menyebabkan kematian.

17 PENYALAHGUNAAN IKLAN Iklan yang tidak patut ditonton AIDES adalah komunitas non profit yang berdiri di Perancis pada tahun 1984 oleh Daniel Defert. Iklan ini kami pilih dalam penyalahgunaan iklan karena iklan yang seharusnya menonjolkan pesan kepada masyarakat untuk pencegahan AIDS dengan penggunaan kondom saat berhubungan seks. Namun animasi dari iklan layanan masyarakat tersebut dinilai terlalu vulgar karena menampilkan animasi alat vital pria dan wanita. Solusinya adalah seharusnya tidak terlalu menonjolkan animasi seperti itu karena akan membuat iklan tersebut terlihat buruk dimata masyarakat. Walaupun kreatif, namun sangat vulgar.


Download ppt "Jenis Iklan Korporat NAMA ANGGOTA : ELIOT JUNIA MERY SETIAWAN RENDY YULIE PEMBIMBING : Daniel S.I.Kom, M.A., M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google