Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 FILE file yang digunakan untuk menyimpan data, program, dokumen, grafik, dll.  File teks  file dengan informasi yang mudah dipahami oleh pemakai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " FILE file yang digunakan untuk menyimpan data, program, dokumen, grafik, dll.  File teks  file dengan informasi yang mudah dipahami oleh pemakai."— Transcript presentasi:

1

2  FILE file yang digunakan untuk menyimpan data, program, dokumen, grafik, dll.  File teks  file dengan informasi yang mudah dipahami oleh pemakai. Isi berkas/file ini dapat disunting dengan editor teks seperti editor VI.  Script Shell  file yang berisi perintahUNIX, yang dimaksudkan untuk melakukan tugas tertentu.  File executable file dari suatu program yang telah dikompilasi.  DIRECTORY Sebuah direktori sebenarnya hanya berisi nama file dan bilangan inode.

3  Di Linux dan Unix segala sesuatu adalah file. Direktori adalah file, file juga file, dan divais-divais juga merupakan file. Divais yang seringkali dirujuk sebagai inode; tetap saja, mereka dianggap sebagai file. Contoh sebagian dr struktur directory linux :  /bin - aplikasi-aplikasibiner penting  /boot - file-file konfigurasi boot, kernel, dan file lain yang dibutuhkan ketika sistem booting  /dev - berisi file-file device (divais) seperti /dev/tty, /dev/input/mice.  /etc - file konfigurasi, skrip startup, dll (etc)...  /home - direktori home bagi masing-masing user  /initrd - digunakan untuk mengkustomisasi initrd yang berjalan saat proses boot

4  Pada Linux terdapat 6 buah tipe file yaitu  Ordinary file  Direktori  Block Device (Peralatan I/O)  Merupakan representasi dari peralatan hardware yang menggunakan transmisi data  per block (misalnya 1 KB block), seperti disk, floppy, tape.  Character Device (Peralatan I/O)  Merupakan representasi dari peralatan hardware yang menggunakan transmisi data  karakter per karakter, seperti terminal, modem, plotter dll  Named Pipe (FIFO)  File yang digunakan secara intern oleh system operasi untuk komunikasi antar  proses  Link File

5  Dalam linux, file atau direktori bisa diatur hak aksesnya, sehingga tidak semua orang bisa  mengakses file atau direktori yang dibuat.  Fungsi hak akses adalah untuk mengatur ijin akses terhadap suatu file/direktori kepada user/owner, group dan other (user/group lain)  Permission File / Hak Izin Akses File User/owner Group Other Tiga digit pertama digunakan untuk mengatur ijin akses bagi owner. Tigadigit kedua digunakan untuk mengatur ijin akses bagi user lain yang masih satu group dengan owner sedangkan tiga digit ketiga digunakan untuk mengatur ijin akses bagi user lain diluar group owner.

6  Jika ingin melihat bagaimana pohon direktori dapat digunakan perintah Find Format : find directory_name targetfile –print Akan melihat file yang bernama targetfile (bisa berupa karakter wildcard) Which Format : which command Untuk mengetahui letak system utility Locate Format : locate string Akan mencari file pada semua direktori dengan lebih cepat dan ditampilkan dengan path yang penuh.

7  Terminal Console sangat bermanfaat sekali untuk pengelolaan file, melihat isi file menghapus file dan sebagainya. Oleh karena itu Anda sebagai pengguna Ubuntu harus faham dengan penggunaan Terminal Console. Salah satu manfaatnya adalah melihat isi file dalam direktori dengan mudah, ketikkan pada Terminal Console kode berikut:  # ls Jika Anda ingin melihat seluruh isi file secara lengkap dengan atributnya, tambahkan perintah -l, sebagai Console kode berikut:  # ls -l /hom

8  Pada vim terdapat tiga mode, yaitu :  Mode Normal (Mode Command) Digunakan untuk mengetikkan perintah – perintah vim. Mode normal merupakan mode default yang aktif saat vim dijalankan. Untuk mengaktifkan mode normal tekan tombol esc, sampai baris status di pojok kiri tidak menampilkan teks INSERT ataupun VISUAL.  Mode Insert Digunakan untuk mengubah atau menulis isi file yang sedang diedit. Untuk mengaktifkan mode insert tekan tombol A atau I atau Insert.  Mode Visual. Digunakan untuk menandai/isi file yang diinginkan, yang nantinya akan di copy atau di cut ke lokasi/file lain. Untuk mengaktifkan mode visual tekan tombol V. Pada jendela aplikasi vim, baris paling bawah merupakan baris status yang menampilkan berbagai informasi, seperti mode yang sedang aktif, nomor baris dan kolom dimana kursor berada. Informasi mode aktif akan ditampilkan pada bagian pojok kiri bawah aplikasi vim. Misalnya saat mode insert aktif, pada pojok kiri bawah akan tampil teks INSERT. Saat mode visual aktif, pada pojok kiri bawah akan tampil teks VISUAL. Saat mode normal aktif, pada pojok kiri bawah tidak menampilkan teks informasi apapun (kosong).


Download ppt " FILE file yang digunakan untuk menyimpan data, program, dokumen, grafik, dll.  File teks  file dengan informasi yang mudah dipahami oleh pemakai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google