Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dorenty Ayudianti 12.03.4078.  Suatu proses meliputi mengubah aktiva non kas menjadi kas, mengakui laba atau rugi dari proses merubah aktiva non kas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dorenty Ayudianti 12.03.4078.  Suatu proses meliputi mengubah aktiva non kas menjadi kas, mengakui laba atau rugi dari proses merubah aktiva non kas."— Transcript presentasi:

1 Dorenty Ayudianti

2  Suatu proses meliputi mengubah aktiva non kas menjadi kas, mengakui laba atau rugi dari proses merubah aktiva non kas menjadi kas.  Proses penjualan aktiva non-kas dari persekutuan karena perusahaan persekutuan sudah tidak memungkinkan untuk melunasi kewajiban jangka pendek maupun jangka panjangnya.

3  Proses likuidasi, yaitu proses pembayaran kepada pihak – pihak yang berhak (terlebih dahulu dibayar kepada kreditur ekstern, kemudian kreditur intern, baru sisanya kepada para anggota sekutu).  Proses realisasi, yaitu proses mengubah harta kekayaan non kas milik persekutuan menjadi uang kas

4  Tahap menghitung dan membagi laba atau rugi persekutuan sampai saat likuidasi (berupa ratio pembagian laba).  Menguangkan (menjual)semua aktiva selain kas.  Melunasi semua hutang persekutuan.  Membagi sisa kas yang masih ada kepada para sekutu.

5 Pembagian laba dilakukan sesuai dengan metode pembagian laba. Tahap ini hanya diperlukan apabila likuidasi tidak dilakukan pada awal periode.

6 Tahap kedua ini disebut Realisasi. Apabila nilai realisasi aktiva non-kasnya lebih kecil dibanding nilai bukunya maka kerugian harus ditanggung semua sekutu dengan mengurangkan modalnya. Sebaiknya bila nilai realisasi aktiva non-kasnya lebih besar dibanding nilai bukunya maka keuntungan akan menambah modal semua sekutu sesuai ratio pembagian labanya. Rugi – laba tersebut diakui sebagai rugi laba realisasi.

7 Setelah penjualan aktiva non-kas (realisasi) maka hasilnya akan menambah kas ini sesuai Kitab Undang – Undang Hukum Perdata harus digunakan terlebih dahulu untuk : a. Melunasi hutang kepada pihak ketiga (bukan sekutu) b. Melunasi hutang sekutu Apabila modalnya tidak cukup untuk melunasi hutang maka sekutu yang bersangkutan harus membayar hutang dengan harta pribadi.

8 Sisa kas dibagikan setelah hutang kepada pihak ketiga dan sekutu dilunasi. Tujuannya adalah : 1. Untuk mengembalikan modal kepada para sekutu sebagai wujud pembagian hak kepada sekutu. 2. Untuk melindungi kepentingan sekutu dikarenakan tanggung jawab sekutu tidak terbatas maka apabila kas memungkinkan biasanya pembayaran utang kepada sekutu dilakukan bersama sama.

9  Likuidasi Sekaligus / Sederhana : likuidasi yang pembagian kasnya dilakukan serentak karena realisasi non-aktivanya sekaligus.  Likudasi bertahap / berangsur : likuidasi yang dilakukan sesuai tersedianyya kas walaupun realisasinya belum tuntas.

10  Semua sekutu modalnya bersaldo positif.  Ada sekutu yang modalnya bersaldo negatif tetapi dapat ditutup dengan utang kepada sekutu yang bersangkutan.  Ada sekutu yang modalnya bersaldo negatif namun tidak dapat ditutup dengan utang piutang sekutu yang bersangkutan.  Kondisi khusus : ada sekutu yang modalnya bersaldo negatif namun sekutu yang harus menyetor modal secara pribadi dalam keadaan tidak mampu.  Kondisi khusus : kas yang ada tidak cukup untuk melunasi Utang kepada pihak ketiga.

11


Download ppt "Dorenty Ayudianti 12.03.4078.  Suatu proses meliputi mengubah aktiva non kas menjadi kas, mengakui laba atau rugi dari proses merubah aktiva non kas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google