Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN INTERNET Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai dari sebuah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN INTERNET Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai dari sebuah."— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN INTERNET Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai dari sebuah PC, jaringan-jaringan local berskala kecil, jaringan- jaringan kelas menengah, hingga jaringan-jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet, sehingga setiap pemakai dari setiap jaringan dapat saling mengakses semua service atau layanan yang disediakan oleh jaringan lainnya.

2 SEJARAH INTERNET Sekitar tahun 1963, RAND Cooperation, organisasi Pengendali Perang Dingin Amerika Serikat menghadapi masalah yang sangat rumit, yaitu: Bagaimana pemerintahan Amerika Serikat tetap dapat berkomunikasi dengan lancar setelah perang nuklir terjadi Pada tahun 1964 dikeluarkanlah proposal RAND yang intinya adalah bahwa jaringan yang akan dibentuk tidak terpusat pada satu tempat dan tetap berfungsi sekalipun dalam keadaan hancur. Proposal RAND ini juga diilhami oleh munculnya terminology “Net” di awal tahun an, yaitu suatu teknologi dimana suatu pesan disampaikan dari tempat asalnya ke tempat tujuan dengan memfragmentasikan pesan tersebut menjadi bagian-bagian kecil yang disebut paket di tempat asalnya dan dirangkai kembali menjadi pesan semula di tempat tujuannya.

3 SEJARAH INTERNET Tahun 1969, BBN mengirimkan 4 buah IMP (Interface Message Processor) kepada 4 perguruan tinggi yakni UCLA, SRI (Standford Research Institute), UCSB (University of California Santa Barbara) dan University of Utah. Jaringan keempat tempat itu kemudian disebut sebagai proyek ARPANET yang disponsori langsung oleh DARPA (Defense of Advanced Research Project Agency) Pentagon. Tahun berikutnya jumlah node bertambah menjadi 15 dan pad tahun 1972 diselenggarakan konferensi internasional. Sejak tahun 1969, ARPANET menggunakan protocol NCP (Network Control Protocol) sebagai protocol transmisinya hingga pada tahun 1980 diputuskan TCP/IP sebagai preferred military protocol. TCP/IP sendiri sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 1970 bersamaan dengan proyek ARPANET yang pada mulanya hanya bernama TCP hingga pada saat ditemukannya protocol UDP, sebutannya berubah menjadi TCP/IP. Baru pada tahun 1982 diputuskan semua node di ARPANET harus mengkonversi protocol yang digunakan dari NCP ke TCP/IP.

4 SEJARAH INTERNET Pada tahun 1983, ARPANET pecah menjadi dua. ARPANET dan MILNET. MilNet atau Military Network lebih banyak digunakan untuk kebutuhan militer, sedangkan ArpaNet lebih banyak digunakan untuk keperluan riset. Gabungan kedua jaringan itu dikenal dengan nama DARPA Internet yang lalu disederhanakan menjadi Internet. MilNet sendiri akhirnya meleburkan diri dengan Defense Data Network (DDN). ArpaNet secara resmi ditiadakan pada tahun Sebenarnya tahap paling penting dalam sejarah perkembangan internet adalah lahirnya NSFNet (National Science Foundation Network) di tahun 1986 oleh Cornell Theory Center dan National Center for Supercomputing Applications (NCSA) yang menghubungkan semua lembaga-lembaga riset dengan enam buah mesin supercomputer dengan kecepatan hingga 45 Mbps (T3) yang kemudian meluas ke seluruh jaringan-jaringan akademis, riset, dan seluruh jaringan lainnya

5 BERBAGAI KOMPONEN INTERNET (Electronic Mail) merupakan komponen utama yang paling banyak digunakan dalam komunikasi informasi saat ini, bukan saja di internet namun juga di Outernet (jaringan lain diluar internet). Hampir semua pemakai jaringan di seluruh dunia mempunya alamat . digunakan untuk bukan saja untuk bertukar informasi antar pemakai jaringan di internet dan outernet, tetapi juga sebagai sarana untuk mengakses berbagai macam komponen service yang ada di internet seperti Gopher, WAIS, WWW, Arhie, dan lain-lain. Lewat sarana ini pula pemakai internet dan outernet membentuk semacam forum diskusi yang khusus diakses lewat yang disebut Internet Discussion Lists. Saat ini ada lima program mail server yang paling populer yakni Listserv (sering juga disebut Bitnet Listserv), Listproc (Unix ListProcessor), Mailbase, Mailserv, dan Marjodomo. Kelima mail server ini masing-masing mempunyai mailing list sendiri- sendiri yang jumlahnya bisa mencapai ribuan karena tiap mailing list membahas satu topic tertentu.

6 BERBAGAI KOMPONEN INTERNET Telnet Telnet adalah suatu aplikasi program komunikasi interaktif dua arah berbasiskan protocol TCP/IP yang digunakan untuk emulasi terminal ke remote komputer dari local komputer atau terminal server, serta dapat menikmati fungsi yang sama dengan terminal yang dihubungkan langsung ke komputer tersebut. Biasanya sebelum login kita harus memberikan identitas (username dan password) terlebih dahulu. Jika username dan password yang diberikan benar, maka kita akan masuk ke remote komputer tersebut serta dapat melakukan berbagai aktifitas yang tersedia dan yang diperbolehkan oleh system administrator mesin komputer tersebut. Sama seperti , telnet juga dapat digunakan untuk mengakses beberapa service yang ada di internet seperti Gopher, WWW, WAIS dan Archie. Perintah penulisan telnet adalah telnet hostname atau telnet hostaddress. Hostname adalah nama DNS dari mesin komputer yang dituju dan hostaddress adalh alamat internetnya (IP address).

7 BERBAGAI KOMPONEN INTERNET Intranet. Intranet adalah jaringan komputer dalam sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi internet sehingga terbentuk lingkungan yang seperti internet tetapi bersifat privat bagi perusahaan yang bersangkutan. Dalam hal ini, pengaksesan informasi yang berkaitan dengan system basis data juga dilakukan melalui Web browser. Kadangkala intranet juga dihubungkan ke jaringan internet, dengan dilengkapi firewall. Firewall adalah program yang dijalankan pada komputer yang berkedudukan sebagai server dengan tujuan untuk mencegah akses intranet dari internet, tetapi memungkinkan pemakai di dalam intranet untuk mengakses internet.

8 BERBAGAI KOMPONEN INTERNET Extranet. Extranet adalah jaringan privat yang menggunakan teknologi internet dan system telekomunikasi public untuk membentuk hubungan yang aman antara pemasok, vendor, mitra kerja, pelanggan dan pihak bisnis lainnya dalam rangka mendukung operasi bisnis atau pengaksesan informasi bisnis. Extranet dapat dipandang sebagai intranet yang dapat diakses melalui pemakai yang berada di luar perusahaan. Dalam implementasinya, extranet dapat menggunakan hubungan internal yang aman antar kedua belah pihak yang akan berkomunikasi ataupun melalui jaringan internet yang tak aman tetapi dilengkapi dengan enkripsi data. Cara pertama dapat diperoleh melalui virtual private network. Extranet dapat digunakan untuk melakukan hal-hal berikut: Pertukaran data dengan volume besar menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) Berbagi catalog produk dengan pedagang. Kerja sama dengan perusahaan lain dalam usaha pengembangan patungan. Menyediakan layanan oleh sebuah perusahaan terhadap sejumlah perusahaan dalam grupnya. Berbagi informasi yang ditujukan secara khusus untuk perusahaan-perusahaan mitra kerja.

9 BERBAGAI KOMPONEN INTERNET Shell. Shell adalah suatu jenis layanan yang memakai perintah-perintah dalam system operasi Unix. Perintah-perintah seperti finger, who, talk, ping, mail dan telnet seringkali digunakan dan bisa dianggap sebagai layanan dalam internet. Shell sangat berhubungan dengan emulasi. Seperti halnya dengan salah satu jenis hubungan ke internet Emulasi ke ISP. Pada saat Anda melakukan emulasi ke ISP, Anda pasti akan login ke mesin- mesin komputer yang berbasiskan Unix. Setelah login, Anda akan mendapat prompt “ # “. Pada saat itu, Anda sebenarnya sudah dalam layanan shell dan siap memberikan perintah- perintah Unix sebanyak yang Anda ketahui. Sesungguhnya layanan shell ini hanya bermanfaat bagi pemakai yang sudah mengenal baik dengan system operasi Unix, namun untuk pemakai yang tidak mengenal Unix akan mendapatkan kesulitan dalam memakai layanan ini.

10 BERBAGAI KOMPONEN INTERNET File Transfer Protocol (FTP) FTP adalah suatu aplikasi program yang merealisasikan konsep client-server guna memindahkan file antar host di internet atau semua host yang memakai protocol TCP sebagai transport protocol-nya. Tidak seperti perintah copy, FTP menyajikan suasana interaktif antara client dengan server yang memungkinkan client mengalokasikan file yang diinginkan. Kelebihan lainnya adalah dalam hal security, dimana tidak semua client dapat mengakses FTP server, sebab Client harus mempunyai otorisasi (username dan password) terlebih dahulu di FTP server untuk dapat mengakses semua file yang ada di FTP server. Client yang tidak mempunyai otorisasi hanya dapat mengakses suatu FTP server bila FTP server menyediakan sebuah Account yang dapat digunakan untuk public (semua client) yang dikenal dengan nama anonymous FTP. Pada anonymous FTP Anda menggunakan alamat Anda sebagai password.

11 BERBAGAI KOMPONEN INTERNET FTPMail. FTPMail yang dikembangkan Paul Vixie merupakan salah satu utility yang memungkinkan file-file di FTP server diakses oleh pemakai internet, bukan melalui FTP client melainkan electronic mail. Hal ini sangat membantu semua user internet yang hanya mempunyai akses di internet (khususnya jaringan-jaringan di luar internet). Beberapa host komputer yang menyediakan service FTPMail antar lain:

12 BERBAGAI KOMPONEN INTERNET Archie Archie adalah suatu service yang membantu pemakai internet untuk mengalokasikan file dan direktori disemua FTP server melalui account anonymous FTP. Semua FTP server di seluruh dunia mendaftarkan anonymous FTP account-nya di Archie server. Setiap bulan Archie akan menjalankan programnya untuk mendata ulang semua file dan direktori di setiap FTP server yang terdaftar, dan mengeluarkan sebuah daftar lengkap yang berisi data file dan direktori dari FTP server yang bersangkutan. Saat ini lebih dari 1000 FTP server dengan lebih dari 2 juta nama file yang terdaftar di database Archie. Sama seperti FTP, Archie juga menerapkan konsep client-server dan host dimana database archie disimpan disebut Archie server dan komputer yang mengakses archie server disebut Archie Client.

13 BERBAGAI KOMPONEN INTERNET World Wide Web (WWW) System pengaksesan infoemasi dalam internet yang paling terkenal adalah World Wide Web (WWW) atau yang lebih dikenal dengan istilah Web. Web menggunakan protocol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. Adapun dokumen web ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Dokumen ini diletakkan dalam Web server (server yang melayani permintaan halaman Web) dan diakses oleh client (pengakses Informasi) melalui perangkat lunak yang disebut Web Browser atau sering disebut browser saja. Konsep hypertext yang digunakan pada Web sebenarnya telah dikembangkan sebelum kehadiran web. Dengan menggunakan hypertext, pemakai dapat melompat dari suatu dokumen ke dokumen lain dengan mudah. Cukup dengan mengklik teks-teks khusus yang pada awalnya ditandai dengan garis bawah. Penggunaan hypertext pada web juga telah dikembangkan menjadi hypermedia. Dengan menggunakan pendekatan hypermedia, tak hanya teks yang dapat dikaitkan, melainkan juga gambar, suara dan bahkan video. Informasi yang terdapat pada web disebut halaman Web (web page). Untuk mengakses sebuah halaman web dari browser, pemakai perlu menyebutkan URL (Uniform Resource Locator). URL tersusun atas tiga bagian: Format Transfer Nama Host Path Berkas Dokumen


Download ppt "PENGENALAN INTERNET Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai dari sebuah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google