Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Postmodernisme dan DUNIA Haruki Murakami. RenaisansModernPostmodern.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Postmodernisme dan DUNIA Haruki Murakami. RenaisansModernPostmodern."— Transcript presentasi:

1 Postmodernisme dan DUNIA Haruki Murakami

2 RenaisansModernPostmodern

3 Modern Modern dianggap lahir dengan renaisans (pembelajaran baru) Abad pencerahan : Rasio memimpin, perang melawan takhayul, ilmu pengetahuan dicari & ditemukan, demokratis IPTEK berkembang  Industrialisasi Masyarakat bergerak maju, serba cepat

4 Modern, Modernitas & modernisme Menurut Weber, Tonnies, Simmel, modernitas adalah proses-proses yang melahirkan negara industri kapitalis modern. Merujuk juga pada rangkaian sistem sosial, ekonomi, dan politik yang muncul di Barat sejak abad 18 Modernisasi : istilah yang merangkum berbagai macam perubahan sos-eko yang disebabkan penemuan serta inovasi ilmu & teknologi, perkembangan industri cepat, urbanisasi, pembentukan negara & bangsa, politik massa

5 Modernisme Klasikisme Modernisme Modernisme menekankan eksperimentasi dan tujuan untuk menemukan kebenaran sejati di balik penampakan permukaan

6 Aspek dasar Modernisme Subjektivitas yang reflektif; pengakuan akan kekuatan rasional dalam memecahkan masalah kehidupan Memilih keserempakan (simultaneity) Penolakan pada konsep personalitas yang utuh, memilih konsep subjek yang “terbelah” freudian Banyak aspek modern juga muncul dlm postmo dern

7 Nietszche Moral berbasis rasional Baik = bangsawan Buruk=jelata Weber Rasionalisasi yang tidak terkontrol akan membentuk dominasi institusi birokratik 1947, Horkhmeir & Adorno Manusia modern ingin mempelajari dunia utk mendominasi dan memanipulasi

8 Insider  aman Outsider  bahaya Homososiali tas=> org kuat sama org kuat Efek PDII ; strong is good

9 Kejatuhan Modernisme Pasca PD II modernisme mencapai status hegemonis sejak kemenangan Amerika & sekutu Modernisme melahirkan : alienasi, diskriminasi, rasisme, pengangguran, jurang perbedaan kaya & miskin, materialisme, konsumerisme, perang dunia, ancaman nuklir & hegemoni budaya serta ekonomi

10 Postmodern Apa yang muncul setelah modern; merujuk pada keambrukan bentuk sosial yang diasosiasikan dengan modernitas Menurut Tery Eagleton gaya pemikiran yang curiga akan kebenaran, alasan, objektivitas, identitas dan pergerakan semesta. Postmodern melihat dunia sebagai sesuatu yang beda, tidak stabil, set budaya yang tidak bersatu, seni plural yang memiliki batasan “blur” antara tinggi –rendah.

11 Modernisme & postmodern Modern Modernisme => membebaskan individu dari tradisi lama  individual  provokasi perang  diskriminasi Individualisme Postmodern Postmodern => ideologi baru yang mencari masyarakat yang lebih bebas, ekual, less violent unik => nyaman (postmodern) “targetnya sekarang bukan menemukan siapa diri kita, tapi justru menolak diri kita yang sekarang”

12 Modernisme & postmodern 2 gejala yang saling melengkapi Postmodernisme tidak menghancurkan tapi membangkitkan kembali segala sesuatu yang laten, tersembunyi, terlupakan dsbnya Antara modernisme & postmodern tidak hitam putih, tidak menunjukkan garis yang jelas. Masalah masyarakat sering terjadi interaksi yang saling mempengaruhi, saling menyempurnakan dan saling menentukan.

13 8 karakter sosiologis postmodern Memudarnya kepercayaan pada agama yang bersifat transenden Meledaknya industri media massa. Media massa jadi agama baru Radikalisme etnis & keagamaan Cenderung utk menemukan identitas & apresiasi serta keterikatan romantisme dgn masa lalu Wilayah urban semakin kuat Peluang kel. Minoritas untuk berpendapat Bahasa postmodern tdk jelas, bersifat paradoks

14 Ciri seni postmodern Muncul kitsch, parodi, pastiche, camp & ironi, merosotnya kedudukan pencipta seni, adanya asumsi seni sebagai pengulangan. DI bidang arsitektur mengacu kepada konsep asimetris, ambigu, naratif, simbolik, penuh kejutan & variasi, akrab dgn alam

15 Bahasa seni postmodern Pastiche (Fredrich Jameson) : imitasi masa lalu Parodi (Linda Hutcheon) : imitasi utk membuatnya bersifat humoristik, absurd, bersifat ironis & kritis dan bermuatan politis &ideologis. Kitsch (pseudo art) : berasal dari kata membuat jd murahan, seni selera rendah, mengkopi elemen dari seni tinggi untuk objek kehidupan sehari-hari Camp : objek manusia, binatang artifisial dibuat scr ekstrim (lebih kurus/jangkung), androgini Skizofrenik : kekacauan pertandaan lewat tumpang tindihnya masa lalu, kini & ms depan, semrawutnya tanda

16 Aspek sentral dalam post-mo Penghapusan batas antara seni dan kehidupan sehari-hari Ambruknya pembedaan hierarkis antara kebudayaan populer dan kebudayaan elite Ekletisisme stilistik & pencampuran kode Parodi, ironi, pluralisme Penolakan atas narasi besar Pastiche & Schizofrenia Key word ; Justice & fairness

17 Penolakan terhadap narasi besar “Masyarakat yang mendasarkan wacana kebenaran & keadilan pada narasi historis dan ilmiah besar dapat disebut masyarakat modern. Memang orang-orang Jacobin Prancis tidak bicara seperti Hegel, tapi keadilan dan kebaikan selalu berada di tengah proses panjang progresif yang besar” Narasi besar : narasi utama, narasi penguasaan, dialektika ruh, emansipasi buruh, akumulasi kekayaan, masyarakat tanpa kelas

18 Pastiche Menurut kritikus Amerika, modernisme didasarkan pada gaya personal pribadi (estetika modern terhubung dgn identitas personal dan konsepsi diri otentik) Hal ini ditentang kaum strukturalis : individu unik (individualism) bersifat ideologis. Subjek individual borjuis bukan saja subjek masa lalu, tapi juga mitos (subjek yang tak pernah ada), maka ketika dunia dimana inovasi stilistik tidak lagi mungkin, yang tersisa hanya Pastiche (tiruan gaya yang telah mati  dapat dilihat dalam film nostalgia, gaya retro) “Kita tak lagi bisa fokus pada masa kini, kehilangan kemampuan memposisikan diri secara historis, sebagai masyarakat kita tak dapat lagi berurusan dengan waktu”

19 Schizofrenia (fragmentasi waktu) Menurut Lacan, Schizofrenia adalah gangguan bahasa Pengalaman temporalitas, usia manusia, masa lalu, masa kini, ingatan, bertahannya identitas personal adalah pengaruh bahasa Seorang yang schizofrenic : tidak mengalami pengalaman kontinuitas temporal, terbelenggu dalam masa kini yang tidak berhubungan dengan masa lalu dan masa depan Ia juga tidak memiliki identitas personal, tidak melakukan apa pun karena berencana artinya terikat pada kontinuitas dalam proses perjalanan waktu

20 Ciri-ciri post-mo Pergeseran nilai yang menyertai budaya massa dari produksi ke konsumsi, pencipta ke penerima, karya ke teks, seniman ke penikmat Pergeseran dari keseriusan (intelektualitas) ke nilai permainan (populer) Dari kedalaman ke permukaan, dari universal ke partikular Muncul politik representasi periode 1970-an yang menentang struktur otoritas Kebangkitan kembali tradisi primordial dan nilai masyarakat lama lainnya

21

22 Postmodern ; sebuah dunia hiperrealitas Meledaknya industri media massa, munculnya iklan, film, tv dsbnya  konsumerisme & gaya hidup (konsumen yang memegang peranan)  realitas baru yang diciptakan dari media massa tsb yang melebihi realitas yg ada (hiperrealitas) Cth : Boneka Barbie, Kopi Starbucks, disneyland, shopping mall, dll

23 Postmodern dalam ranah lain Arsitektur Selokan terbuka di luar rumah Ekonomi Konsumen sbg pemegang peranan Fiksi postmodern Teknik campuraduk ; aspek tradisional & modern, nyata & khayal, 2 dunia yang tdk saling berhubungan Budaya Populer kumpulan adegan berbeda jadi 1 kesinambungan, stuntman, tokoh kartun dan manusia biasa, Dunia kosong diisi terus o/ pembaca

24 Fiksi Postmodern dalam sastra Jepang Yoshimoto Banana, Kitchen => ruang dalam diangkat ke permukaan Tawada Yooko, Inumukoiri => mitos anjing & masy. Modern, tamu lewat pintu belakang, kenyamanan meski berbeda dari masy. Biasa Haruki Murakami, Umibe no Kafka (kafka on the shore), wild sheep chase, noruwei no mori dll => nihilisme, orang2 yang nyaman dengan kondisi jauh dari rasionalisasi, emosional, totalitas, individu

25 Haruki Murakami Lahir di Kyoto 1949, ayahnya pendeta Budha, ibunya pedagang di Osaka. Lulus dari jurusan drama Univ. Waseda Kerja di toko musik, buka coffeshop dan jazz bar, atlit marathon

26

27 Daftar Novel Judul Novel (JPN)Judul Novel (ING)Tahun Terbit 風の歌を聴け 1979Hear the Wind Sing 年のピンボール 1980Pinball, 羊をめぐる冒険 1982A Wild Sheep Chase1989 世界の終りとハードボイルド・ワン ダーランド 1985 Hard-Boiled Wonderland and the End of the World 1991 ノルウェイの森 1987Norwegian Wood2000 ダンス・ダンス・ダンス 1988Dance Dance Dance1994 国境の南、太陽の西 1992 South of the Border, West of the Sun 2000 ねじまき鳥クロニクル 1995The Wind-Up Bird Chronicle1997 スプートニクの恋人 1999Sputnik Sweetheart2001 海辺のカフカ 2002Kafka on the Shore2005 アフターダーク 2004After Dark2007 1Q Q 色彩を持たない多崎つくると、彼の巡礼の 年 2013 Colorless Tsukuru Tazaki and His Years of Pilgrimage

28 Postmodern dalam beberapa karya Haruki Murakami “ Aku terlahir di bawah lampu merah yang aneh, kau tahu..aku selalu mendapatkan apa yang aku inginkan. Tapi ketika aku mendapatkannya, aku pasti merusak yang lain. Kau tahu maksudku? “lumayan” “Tidak ada yang percaya padaku, ini bener-an. Aku menyadari diriku sendiri 3 tahun yang lalu. Dan disitulah aku berfikir, lebih baik untuk tidak menginginkan apapun” ia mengangguk setuju. “dan begitu caranya kau berencana menghabiskan sisa hidupmu” “mungkin. Paling tidak aku tak akan mengganggu siapapun” “Jika kau berpikir seperti itu”, gadis itu berkata, “hidup saja di kotak sepatu” Ide yang bagus. (Pinball 1973, ) Orang modern akan selalu memiliki tujuan  mencari hidup yang lebih baik  pencarian ini akan berbuah dominasi & opresi  tidak ambisi & kompetitif di tokoh antitesis kepada manusia modern ( orangschizofrenic)

29 世界の終わり (the end of the world) Orang-orang tanpa ambisi & mencari kedamaian=> postmodern Utopia “saat ini kau takut akan kehilangan akal sehatmu, seperti aku pernah sekali seperti itu, biarkan aku berkata…melepaskan dirimu tidak akan membawa rasa malu..berbaringlah, akal sehat dan kedamaian akan datang. Sebuah kedamaian yang lebih dalam daripada apapun yang pernah kau ketahui (Murakami 1985: 318) Tidak ada yang saling menyakiti di sini, tidak ada yang berkelahi. Hidup tidak begitu banyak peristiwanya tapi sudah padat dengan begitu saja. Setiap orang sama. Tak ada yang berbicara kesakitan orang lain, tak ada yang mencuri. Mereka berkerja, tapi mereka menikmati pekerjaannya. Pekerjaan itu murni hanya untuk pekerjaan lagi, tidak memaksa pekerjanya. Tidak ada yang cemburu satu sama lain. Tak ada keluhan dan kekhawatiran. (Murakami 1985: 333)

30 Kisah cinta antara orang2 postmo – Norwegian wood-1Q84 Jika cinta itu adalah hubungan seorang manusia, maka novel ini tidak akan menjelaskan cinta apapun, tapi malah menjelaskan proses dimana manusia gagal dalam berkomunikasi (Ueno Chizuki) Perspektif tokoh Naoko yang berdasarkan ide bahwa manusia itu independen, berbeda dan teralienasi. Novel Norwegian wood memaparkan hub. Antara pasangan yang teralienasi dan tidak bisa saling mencintai bagaimanapun kerasnya mereka berusaha. Akhirnya, Naoko bunuh diri. Di 1Q84, tokoh Aomame(pembunuh bayaran) dan Tengo(guru MTK & editor), orang2 teralienasi yang akhirnya bisa bertemu di sebuah dunia paralel (distopia/postmodern utopia)

31 Kafka on the shore Kekuatan Ideal “Apa yang aku inginkan, kekuatan yang aku inginkan bukan yang menentukan orang kalah atau menang. Juga bukan untuk mengembalikan kekuatan dari luar. Yang aku inginkan adalah kekuatan untuk meggenggam kekuatan dari luar dan menahannya. Itulah kekuatan dimana aku bisa diam-diam menahan ketidak adilan, ketidak beruntungan, kepedihan, kesalahpahaman dan salah persepsi” Modern => outsider berbahaya, post mo x Postmo => less violence, justice & fairness

32 Kafka on the shore Nihilisme 1 Kafka 2 Nakata 3 Nona Saeki

33 Tidak ada batas antara yang khayal dan nyata (kafka on the shore) Nakata bisa berbicara dengan kucing Nakata bisa mendatangkan hujan lintah dan hujan sarden Nakata yang seperti itu efek B29 di masa perang di bukit jamur Nakata membunuh johny walker yang menyiksa kucingnya=> wujud semu kafka yang membunuh ayahnya

34 1Q84 Ada 2 bulan dalam 1 langit Tengo berhubungan badan dengan Fuka-eri, yang hamil Aomame => Fuka Eri adalah wujud semu Aomame “Little People” yang mengetahui semua hal dan menguasai dunia

35 Kesimpulan singkat Dunia Postmodern Haruki Murakami Postmodern Dunia yang nyaman dan hangat, anti evolusioner, identifikasi & diferensiasi Modern Berjalan maju, cinta yang indah, dominasi, diskriminasi, supresi, individualisasi

36 Daftar Pustaka Madan Sarup Postrukturalisme & posmodernisme. Yogyakarta : jalasutra David Lodge Modern Criticism and theory. Singapore : Longman Kevin O Donnel Postmodernisme. Yogyakarta : Kanisius Nyoman Kutha Ratna Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta : pustaka pelajar Murakami Fuminobu Postmodern, feminist and postcolonial currents in contemporary Japanese culture. New York ; Routledge Chiaki Takagi From Postmodern to Post Bildungsroman from the Ashes: An Alternative Reading of Murakami Haruki and Postwar Japanese Culture. (Dissertation). University of North Carolina. E-book murakami haruki di en.bookfi.org


Download ppt "Postmodernisme dan DUNIA Haruki Murakami. RenaisansModernPostmodern."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google