Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme1 (Computer in Society) Rr. Artiana Krestianti PK&TI 1C.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme1 (Computer in Society) Rr. Artiana Krestianti PK&TI 1C."— Transcript presentasi:

1 PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme1 (Computer in Society) Rr. Artiana Krestianti PK&TI 1C

2 PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme2 Etika dan Profesionalisme Alasan : masyarakat harus dilindungi dari kerugian yang ditimbulkan karena ketidak- mampuan teknis dan perilaku yang tidak etis, dari mereka yang menganggap dirinya sebagai tenaga profesional dalam bidang tersebut.

3 PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme3 Siapa yang memerlukan perlindungan? 1. Masyarakat umum 2. Pembeli produk dan jasa komputer 3. Majikan tenaga ahli komputer 4. Tenaga ahli komputer

4 PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme4 Apa yang disebut Profesi? Merupakan kelompok lapangan kerja yang khusus melaksanakan kegiatan yang memerlukan keteram- pilan dan keahlian tinggi, untuk memenuhi kebutuhan rumit dari manusia, dimana pemakaian dengan cara yang benar ketermpilan dan keahlian yang tinggi hanya dapat dicapai dengan penguasaan pengetahuan, serta adanya disiplin etika yang dikembangkan dan diterap- kan olehkelompok anggota yang menyandang profesi tersebut.

5 PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme5 Apa yang disebut Profesionalisme? Merupakan pelaksanaan tugas dan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan yang rumit dari klien, yang mencakup pengambilan keputusan dengan kemung- kinan akibat yang luas bagi masyarakat.

6 PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme6 Usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan profesional di bidang teknologi komputer & informasi 1. Sertifikasi 2. Akreditasi 3. Forum Komunikasi Etika profesi adalah penggunaan bakuan dari evaluasi moral terhadap masalah penting dalam kehidupan profesional

7 PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme7 Sumber dilema etika hubungan klien – profeional 1. Prinsip dasar 2. Egoisme 3. Kerahasiaan : a. Pragmatisme b. Hak Azazi 4. Otonomi Klien

8 PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme8 Dua kelompok kode etik dan perilaku 1.Organisasi atau lembaga di mana ia bekerja (jangkauan terbatas) 2.Asosiasi Profesi (jangkauan luas)

9 PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme9 Tujuan penyusunan kode etik dan perilaku profesional yMemberi pedoman bagi anggota asosiasi dalam aspek-aspek etika dan moral, terutama yang berada di luar jangkauan hukum, undang-undang dan peraturan-peraturan yang berlaku. yMemberi perlindungan bagi kelompok masyarakat terhadap berbagai macam perilaku yang merugikan, sebagai akibat adanya kegiatan di bidang profesi yang bersangkutan.

10 PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme10 Beberapa usaha untuk meningkatkan kode etik dan profesi zMenyebarkan dokumen kode etik kepada orang yang menyandang profesi yang bersangkutan. zMelakukan promosi etika profesi. zMemberikan sanksi disipliner yang melanggar kode etik.

11 PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme11 Sepuluh Perintah Etika Komputer 1.Jangan menggunakan komputer untuk melukai orang lain. 2.Jangan merusak pekerjaan komputer milik orang lain. 3.Jangan melihat file komputer orang lain. 4.Jangan menggunakan komputer untuk mencuri. 5.Jangan menggunakan komputer untuk menyebarkan fitnah. 6.Jangan menyalin atau menggunakan perangkat lunak berbayar (proprietary) tanpa membayar.

12 PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme12 Sepuluh Perintah Etika Komputer (lanjutan) 7.Jangan menggunakan sumber daya komputer milik orang lain tanpa otorisasi atau kompensasi yang layak. 8.Jangan mencuri output intelektual milik orang lain. 9.Pertimbangkanlah konsekuensi sosial dari program yang ditulis atau sistem yang didisain. 10.Gunakanlah komputer dalam cara yang memperhatikan dan menghormati orang lain. © Copyright 1992 Computer Ethics Institute

13 PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme13


Download ppt "PKTI 1CBab 5 : Etika dan Profesionalisme1 (Computer in Society) Rr. Artiana Krestianti PK&TI 1C."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google