Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ISLAM ?. PENGERTIAN “ISLAM” Secara bahasa kata “Islam” berasal dari bahasa Arab: سلم أسلم إسلام - Selamat - Sentosa - Damai -Berserah Diri -Memelihara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ISLAM ?. PENGERTIAN “ISLAM” Secara bahasa kata “Islam” berasal dari bahasa Arab: سلم أسلم إسلام - Selamat - Sentosa - Damai -Berserah Diri -Memelihara."— Transcript presentasi:

1 ISLAM ?

2 PENGERTIAN “ISLAM” Secara bahasa kata “Islam” berasal dari bahasa Arab: سلم أسلم إسلام - Selamat - Sentosa - Damai -Berserah Diri -Memelihara Keselamatan Kesentosaan dan kedamaian ?

3 Islam dari segi istilah Islam biasanya didefinisikan: “Wahyun ilahiyun unzila ila nabiyyi Muhammadin Salallahu ‘alaihi wasallama li sa’adati ad-dunya wa al- akhirah” (Wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman untuk kebahagiaan hidup (manusia) di dunia dan akhirat) Catatan: 1cak nur ; 2Harun Nasution Catatan:Harun Nasution Jadi, inti Islam adalah 1) wahyu yang yang diturunkan kepada Nabi Muhammad, SAW. 2) Pedoman hidup bagi manusia untuk meraih bahagia dunia-akhirat, 3) yang diterimanya dengan kepasrahan.

4 Islam dalam alur proses الله AL-QUR’AN SUNNAH MUHAMMAD SAWSAHABAT UMMAT

5 Aspek Islam WAHYU KEHIDUPAN Normatif Historis Gejala BudayaGejala Sosial ISLAM Al-Qur’an&Sunnah

6 Bangunan Islam (Normatif) I M A N SILAM IHSAN AQIDAH BIADAhAh AKHLAQ (cloning)Type 651

7 Dinasti AbbasiahDinasti Umayyah Perjalanan\ Sejarah Islam Masa Nabi Masa Sahabat Abad pertengahan -Fase Makkah -Fase Madinah -Abu Bakar -Umar -Usman -Ali Al-Fitnah al-kubro Abad 2-3 H Berkembang nya mazhab teologi & Fiqh Abad 4-6 H -Interaksi dg budaya Yunani -Masa Keemasan Era modern-saat ini

8

9 Nasr Hamid Abu Zaid: 3 Domain studi Islam; - The original text of Islam; Al-Qur’an-Sunnah - Pemikiran Islam; ragam penafsiran terhadap teks asli Islam; hukum, teologi, tasawuf, filsafat - Praktik yang dilakukan kaum Muslim ( Nasr Hamid Abu Zaid, “The textuality of the Koran”, 1997, hlm 43 )

10 Ibrahim M. Abu Rabi’ Pelapisan/pengelompokan studi Islam: The idiological base The theological base The level of the text The level of anthropological reality (Amin Abdullah, “Islamic Studies, Humanities and Social Sciences: An Integraed Perspective, 2004, hlm.1-2)

11 Catatan: Nurcholis Madjid lebih menekankan makna Islam “berserah diri pada Tuhan” sebagai hakekat dari pengertian Islam, sebagai ajaran yang diajarkan Tuhan sejak manusia dalam kandungan. - lebih sebagai potensi (fitrah insani) - tidak ada unsur pemaksaan dan keterpaksaan

12 Menurut Harun Nasution Islam adalah agama yang ajaran-ajarannya diwahyukan Tuhan kepada masyarakat manusia melalui Nabi Muhammad sebagai Rasul. Islam pada hakekatnya membawa ajaran-ajaran yang bukan hanya mengenai satu segi, tapi mengenai berbagai segi kehidupan manusia.

13 Menurut Orientalis (Barat) Islam diidentikkan dengan Muhammadanism. - Yang demikian karena dibandingkan dengan agama lain, seperti Budha dengan Sidaharta Gautama-nya, Yahudi dengan tokohnya Yahuda. - Mengesankan Islam sebagai agama yang bersumber/ciptaan Muhammad.

14 Pernahkah kita berfikir, sudah berapa lama alam ini tercipta?masih akan bertahan berapa lamakah alam ini? Siapa yang menahan dan memelihara keberlangsungan alam semesta ini sekian lama?. Pernahkah kita berfikir, telah berapa lama kita hidup? masih akan berapa tahun lagi kita hidup? Apakah ada cara mengetahuinya? Siapa yang memegang umur kita? Siapakah Tuhan itu?

15 Sejarah Perkembangan Pemikiran Manusia Tentang Tuhan Fase Polytheisme (fase berbilangnya Tuhan) Pada fase ini, seku-suku primitif mengangkat dewa-dewa (Tuhan- Tuhan) dengan jumlah puluhan, bahkan terkadang ratusan. Pada fase tersebut, hampir tiap-tiap keluarga besar memiliki dewa yang dipujanya. Fase Henotheisme (fase seleksi) Pada fase ini, jumlah dewa masih banyak, namun terdapat satu yang lebih menonjol dibandingkan dewa yang lain. Fase Monotheisme (fase ke-Esaan, fase Ketauhidan) Pada fase ini, umat pemuja berkumpul dalam satu pemujaan dengan Tuhan yang sama.

16 Bukti-bukti Keberadaan Tuhan Keberadaan alam semesta Keberadaan manusia dan makhluk hidup

17 Matur Nuwun…


Download ppt "ISLAM ?. PENGERTIAN “ISLAM” Secara bahasa kata “Islam” berasal dari bahasa Arab: سلم أسلم إسلام - Selamat - Sentosa - Damai -Berserah Diri -Memelihara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google