Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PLAGIATISME. DEFINISI PLAGIATISME: Perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit / nilai untuk suatu karya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PLAGIATISME. DEFINISI PLAGIATISME: Perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit / nilai untuk suatu karya."— Transcript presentasi:

1 PLAGIATISME

2 DEFINISI PLAGIATISME: Perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit / nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya ilmiah dan atau karya ilmiah pihak lain yang diajui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumbernya secara tepat dan memadai. Plagiator: orangnya ( perseorangan atau kelompok orang pelaku plagiat). Masing-masing bertindak untuk diri sendiri, untuk kelompok atau untuk atas nama badan (pasal 1 ayat 1-2, Perkemendiknas RI Nomor 17 Tahun 2010)

3 Plagiat adalah suatu karya ilmiah yang tidak menyebutkan atau tanpa menyatakan sumber aslinya secara jelas dan memadai yang meliputi:  Mengacu dan / mengutip istilah, kata-kata dan / kalimat, data dan / informasi dari suatu sumber.  Mengacu dan / mengutip istilah, kata-kata dan / kalimat, data dan / informasi dari satu sumber.  Menggunakan sumber gagasan, pendapat, pandangan atau teori  Menyerahkan suatu karya ilmiah yang dihasilkan dan telah dipublikasikan oleh pihak lain sebagai karya ilmiahnya. (Perkemendiknas No. 17 / 2010 Bab 2 pasal 2 ayat 1)

4 Mengutip dan menjiplak merupakan dua hal yang berbeda. MENGUTIP: mengambil sebagian kecil dan menyebutkan sumbernya (nama penulis, tahun terbit, dan hal yang dikutip) MENJIPLAK: % “copy paste” tanpa menyebutkan sumber aslinya bahkan kesan bahwa tulisannya itu seperti karya sendiri, padahal bukan. Apabila dikemudian hari diketahui secara sah bahwa TA/ skripsi/ tesis/ disertasi karya mahasiswa yang bersangkutan adalah hasil penjiplakan dari karya orang lain, maka menurut peraturan akademis PT yang bersangkutan akan mencabut gelar akademik yang telah disandangnya.

5  Sesuai dengan UU RI Nomor 20/2008 tentang sistem pendidikan nasional pasal 25(2): lulusan PT yang karya ilmiahnya digunakan untuk memperoleh gelar akademik, profesi / vokasi terbukti merupakan jiplakan dicabut gelarnya. CARA MENGHINDARI PLAGIATISME: Buatlah karya tulis yang benar-benar berasal dari ide dan kreativitas sendiri. Kalaupun memerlukan referensi karya orang lain sebaiknya kutiplah materi yang tinggi relevansinya saja. Bila mengutip pendapat / gagasan orang lain ke dalam karya tulis, maka tulis sumbernya secara lengkap, mulai dari nama pengarang, judul, hal, tahun, penerbit, kota. Semua kutipan harus ditulis ke dalam daftar pustaka yang letaknya setelah kesimpulan dan saran.

6  BERBAGAI ASPEK ETIKA (Eth BERBAGAI ASPEK ETIKA (Ethical Issues) ical Issues)

7  Motivasi: sengaja, tak sengaja  Bahan: kalimat, data, tabel, gambar, hasil olah data, hasil uji lab.  Sumber: jurnal, prosiding, buku, hasil karya bentuk lain.

8  Keterlibatan penulis dalam naskah dari skripsi, tesis, disertasi, hasil penelitian.  Mengubah data, hasil analisis, hasil uji data, dll  Menggunakan data dan hasil olah data tertentu secara berulang  Mengirim artikel pada dua jurnal atau lebih secara bersamaan  Duplikasi publikasi dari satu hasil riset  Tergoda membayar untuk publikasi  Konfilk kepentingan pada karya ilmiah

9  Mengikuti Petunjuk Bagi Penulis (GFA, IFA)  Menggunakan data dan hasil olah data tertentu secara berulang tanpa kaidah acuan  Mengacu secara tidak langsung  Tidak menulis sumber acuan di daftar pustaka  Melakukan klaim atas hasil penelitian yang dibiayai pihak lain  Tidak mencantumkan ucapan terima kasih kepada pemberi dana penelitian pada artikel yang dipublikasikan  Tidak menggunakan bahasa yang baik (EYD)

10  JERMAN- Menteri Pendidikan Nasional Jerman Anette Schavan menghadapi dugaan bahwa sebagian dari tesisnya merupakan plagiat. Schavan diduga telah mencantumkan kutipan hasil penelitian Sigmund Freud yang diklaimnya melalui sumber asli. Padahal, politikus dari partai Demokrat ini mendapatkan kutipan tersebut dari literatur lain yang mengutip Freud. Artinya, Schavan mengutip Freud dari sumber sekunder.

11  Tuduhan yang dialamatkan ke beberapa halaman tesis Schavan ini memang tidak segamblang tuduhan plagiat yang dialamatkan ke Menteri Pertahanan Jerman Karl-Theodor zu Guttenberg tahun lalu. Akibat kasus tersebut, Guttenberg bahkan dipaksa mundur dari jabatannya.  -jerman-terlibat-kasus-plagiat.kr -jerman-terlibat-kasus-plagiat.kr

12  Presiden Hongaria Pal Schmitt meletakkan jabatan pada Senin (2/4/2012) setelah gelar doktornya pada 1992 dicabut sesudah adanya pernyataan ia menjiplak sebagian dari disertasi setebal 200 halaman. 695/Presiden.Hongaria.Mundur.karena.Kasus.Plagiat 695/Presiden.Hongaria.Mundur.karena.Kasus.Plagiat

13  Satu dari tiga orang dosen bergelar doktor yang dikenai sanksi oleh Universitas karena kasus plagiat mengaku teledor. "Tidak ada unsur kesengajaan pencontekan tanpa sumber," kata lewat pesan pendek kepada Tempo, Jumat malam 2 Maret / /Pengakuan-Dosen-Kasus- Plagiat-

14 The Center for Academic Integrity: almost 80% of college students admit to cheating at least once. The Psychological Record: 36% of undergraduates have admitted to plagiarizing written material. Education Week: 74% of students admitted that at least once during the past school year they had engaged in "serious" cheating.


Download ppt "PLAGIATISME. DEFINISI PLAGIATISME: Perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit / nilai untuk suatu karya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google