Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Metodologi diagnosis & desain. Apa itu D&D: D&D adalah sebuah metodologi untuk mendiagnosis masalah-masalah pengelolaan lahan dan mendesain solusi-solusi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Metodologi diagnosis & desain. Apa itu D&D: D&D adalah sebuah metodologi untuk mendiagnosis masalah-masalah pengelolaan lahan dan mendesain solusi-solusi."— Transcript presentasi:

1 Metodologi diagnosis & desain

2 Apa itu D&D: D&D adalah sebuah metodologi untuk mendiagnosis masalah-masalah pengelolaan lahan dan mendesain solusi-solusi agroforestry (Konsepsi). Metodologi ini dikembangkan oleh ICRAF untuk membantu peneliti dan teknisi agroforestry guna merencanakan dan melaksanakan proyek penelitian dan pengembangan yang efektif. Bagaimana proses kemunculannya: Metodologi D&D merupakan sebuah adaptasi berbagai metodologi yang sekarang ada atau telah lama ada terhadap kebutuhan dan persyaratan tertentu dalam bidang agroforestry. NaMa BaRu untuk PRaKTek LaMa Metodologi yang lebih dulu dikenal  FSR/E, Land Evaluation, Analisis Agroekosistem Beda dengan Metodologi Lainnya: 1.memberi perhatian khusus pada hambatan dan peluang agroforestry dalam sistem penggunaan lahan yang ada 2.Untuk merancang pekerjaan riset yang tepat

3 Prosedur dasar Metodologi D&D Proses dasar metodologi D&D sebagaimana ditampilkan dalam Tabel 1 dan 2 adalah bersifat berulang dalam daur proyek. Gambar 1 menunjukkan bahwa proses iteratif metodologi D&D ini memungkinkan terjadi umpan balik dan saling melengkapi antar tahapan proyek. Rencana aksi dapat disesuaikan dengan informasi yang baru didapat, sehingga proses D&D ini memiliki kemampuan memperbaiki diri sendiri (self-correcting). Dalam sebuah penelitian agroforestry terpadu dan program ekstensi, keputusan-keputusan penting dibuat oleh beragam personil proyek dalam suatu pertemuan periodik yang mengevaluasi temuan baru dan merevisi rencana aksi

4

5

6

7 Fitur-fitur pada D&D Fleksibilitas : D&D adalah sebuah prosedur temuan yang dapat diadaptasi untuk dapat menyesuaikan dengan beragamnya kebutuhan dan sumberdaya para pengguna lahan. Kecepatan : D&D dirancang untuk memungkinkan penggunaan aplikasi “penilaian cepat (rapid appraisal)” pada tahap perencanaan proyek dengan analisis mendalam (in-depth) yang dilakukan selama masa penerapan proyek. Pengulangan: D&D adalah sebuah proses belajar tanpa akhir (open-ended). Desain awal hampir selalu dapat diperbaiki. Proses D&D tidak mengenal kata tamat sampai dianggap tidak perlu lagi adanya perbaikan.

8 Level mikro : unit pengelolaan rumah tangga seperti kebun keluarga  Ciri khusus pada level mikro adalah adanya basic needs approach untuk mengidentifikasi hambatan, dan “Prosedur perumusan masalah” yang dipakai untuk merancang ( to design ) solusi agroforestry bagi masalah yang terdiagnosis.  Ciri khusus pada level mikro adalah adanya basic needs approach untuk mengidentifikasi hambatan, dan “Prosedur perumusan masalah” yang dipakai untuk merancang ( to design ) solusi agroforestry bagi masalah yang terdiagnosis. Level meso : masyarakat lokal, desa, DAS  tahap awal D&D pada level rumah tangga dilanjutkan dengan kegiatan latihan perencanaan lansekap untuk merancang sebuah solusi agroforestry yang komprehensif dan terpadu. Level makro : sebuah kawasan, negara, atau ecozone.  Lebih luas cakupan dan pekerjaannya dibanding level mikro dan meso Dimana Prosedur D&D bisa digunakan?

9 Ingin tahu lebih jauh: Baca Tec.Paper FAO!!!!


Download ppt "Metodologi diagnosis & desain. Apa itu D&D: D&D adalah sebuah metodologi untuk mendiagnosis masalah-masalah pengelolaan lahan dan mendesain solusi-solusi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google