Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mathematic for Hospitality & Tourism. BAB I PARIWISATA DAN NERACA PEMBAYARAN NASIONAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mathematic for Hospitality & Tourism. BAB I PARIWISATA DAN NERACA PEMBAYARAN NASIONAL."— Transcript presentasi:

1 Mathematic for Hospitality & Tourism

2 BAB I PARIWISATA DAN NERACA PEMBAYARAN NASIONAL

3 TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM : Para mahasiswa diharapkan mampu memahami hubungan yang terjadi antara kegiatan pariwisata dalam kaitannya dengan pencapaian Neraca Pembayaran suatu negara.

4 TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS : Setelah mempelajari bab ini, para mahasiswa diharapkan : 1.Mampu mendefinisikan Neraca Pembayaran serta posisinya dalam kepentingan perekonomian suatu negara. 2.Mampu menjelaskan kondisi-kondisi alamiah serta bentuk teoritis dari suatu Neraca Pembayaran. 3.Dapat membedakan Neraca Pembayaran serta Neraca Perdagangan dan Neraca Wisatawan. 4.Memahami akibat-akibat yang ditimbulkan oleh Neraca Wisatawan terhadap Neraca Pembayaran. 5.Mengetahui komponen-komponen dari suatu Neraca Wisatawan

5 1. Beberapa defenisi 1. International Monetary Fund (IMF) neraca pembayaran atau Balance of Payment adalah suatu catatan yang dibuat secara sistematis dalam periode satu tahun buku untuk semua transaksi kegiatan perekonomian antara sebuah negara dengan negara lainnya. Transaksi-transaksi yang dimaksud mencakup antara lain kegiatan ekspor, impor, pengeluaran wisatawan di luar dan di dalam negeri, investasi dan perdagangan emas.

6 1. Beberapa defenisi 2. Departemem Perdagangan Amerika Serikat (The U.S Department of Comerce) yaitu Neraca Pembayaran adalah suatu perkiraan yang terinci mengenai transaksi-transaksi perdagangan dan keuangan yang diselenggarakan dalam jangka waktu tertentu, oleh semua orang dari sebuah negara dengan semua orang dari negara-negara lainnya. Neraca pembayaran dibuat berdasarkan tujuan memperlihatkan hubungan perekonomian antara sebuah negara dengan negara lainnya.

7 2. PERANAN NERACA PEMBAYARAN Dengan mengetahui besaran Neraca Pembayaran dapat diketahui : – Apakah neraca pembayaran suatu negara menguntungkan (surplus) atau merugi (defisit) – Penyebab kondisi tersebut – Usaha-usaha penanggulangannya Pada umumnya terdapat dua hal dalam kaitannya dengan hubungan sebuah negara dengan negara lainnya :

8 1. Arus Komoditas (barang dan jasa) secara timbal balik Pergerakan komoditas dari dan masuk ke sebuah negara, termasuk didalamnya tabungan warga negara tersebut di dalam negeri. 2. Arus transaksi dan kewajiban keuangan Pemindahan uang masuk maupun keluar suatu negara untuk kegiatan investasi, pembayaran bunga pinjaman, pembayaran cicilan pinjaman, premi asuransi dan lainnya.

9 3. BENTUK NERACA PEMBAYARAN POS-POS DEBET (Mengalirnya uang ke luar negeri) POS-POS KREDIT (Mengalirnya uang ke dalam negeri) 1.Impor barang-barang 2.Pembayaran bungan dan deviden 3.Pengeluaran wisatawan warga negara diluar negeri 4.Pemberian kredit jangka panjang/pendek, pelunasan kredit kembali kepada luar negeri 5.Jasa-jasa lain yang mengalir keluar seperti transportasi, asuransi, dll 6.Impor logam mulia 7.dan lain-lain 1.Ekspor barang-barang 2.Penerimaan bunga dan deviden 3.Pengeluran wisatawan asing di dalam negeri 4.Penerimaan kredit jangka panjang/pendek, pelunasan kembali kredit pemerintah/lembaga keuangan nasional 5.Jasa-jasa lain yang masuk dalam negeri seperti transportasi, asuransi, dll 6.Ekspor logam mulia 7.dan lain-lain

10 4. NERACA PERDAGANGAN Neraca pembayaran terdiri dari beberapa unsur pokok yang mewakili tiap sektor perekonomian yang terdapat di sebuah negara. Setiap unsur ini akan menjadi sebuah neraca perdagangan atau Balance of Trade antara negara yang bersangkutan dengan negara yang lain.

11 Perbedaan antara Neraca Pembayaran dengan Neraca Perdagangan 1. Skala hubungan antar Negara Neraca Pembayaran meliputi hubungan pembayaran antara sebuah negara dengan negara-negara yang lain, sedangkan neraca perdagangan adalah hubungan perdagangan antara sebuah negara dengan negara yang lain. 2. Besaran bidang usaha Neraca perdagangan adalah salah satu unsur dari neraca pembayaran. Neraca pembayaran terdiri dari beberapa neraca perdagangan yang memiliki tiap unsur dari sektor-sektor perekonomian nasional.

12 Neraca Perdagangan mencakup berbagai sektor dan salah satu sektor adalah sektor pariwisata Neraca perdagangan sektor pariwisata dinamakan neraca wisatawan atau The Balance of Tourist dan sering pula disebut sebagai The Tourist Balance.

13 5. NERACA WISATAWAN 1. Secara definitif Neraca Wisatawan adalah keseimbangan antara jumlah wisatawan yang masuk ke suatu negara dan jumlah wisatawan yang pergi keluar beserta seluruh akibat yang ditimbulkannya. 2. Neraca Wisatawan ini memberikan pengaruh baik langsung maupun tidak langsung yang berakibat baik maupun buruk bagi keseimbangan pembayaran sebuah negara.

14 6. PENGARUH NERACA WISATAWAN TERHADAP NERACA PEMBAYARAN Ada empat keadaan yang diakibatkan oleh kegiatan pariwisata. : 1.Pariwisata menurunkan defisit yang dialami negara. 2.Pariwisata menurunkan surplus pembayaran negara. 3.Pariwisata menambah jumlah surplus neraca pembayaran negara. 4.Pariwisata menambah defisit yang dialami negara.

15 Keadaan defisit pada neraca wisatawan secara teoritis dapat ditanggulangi dengan jalan mengusahakan terciptanya keseimbangan dan, apabila memungkinkan, terciptanya kondisi surplus. Cara yang ditempuh oleh kebanyakan negara adalah meningkatkan in going tourism dan menghambat meningkatnya kegiatan out going tourism bagi penduduk warga negaranya.

16 Negara-negara yang pernah membatasi warganya bepergian keluar negeri dengan menaikan fiskal Indonesia ( menaikan hingga 66 % ) Inggris Raya Perancis Amerika Serikat Italia Adakah negara yang melakukan kebijakan lain / berlawanan ?

17 Neraca Wisatawan Jepang Tahun 1980 – 1989 (dalam jutaan dollar AS) TahunPenerimaanPengeluaranKeseimbangan Sumber : Tourism in Japan, JNTO, 1990

18 7. BENTUK NERACA WISATAWAN DEBET (Pengeluaran) Yang mengalirkan uang ke luar negeri akibat kegiatan pariwisata KREDIT (Pemasukan) Yang memasukkan uang ke dalam negeri akibat kegiatan pariwisata 1.Pengeluaran wisatawan penduduk warga negara di luar negeri. 2.Impor barang-barang bagi keperluan kegiatan kepariwisataan (terutama bahan-bahan makanan dan peralatan hotel) 3.Transportasi yang mempergunakan maskapai luar negeri. 4.Investasi pariwisata di luar negeri oleh penduduk warga gegara. 5.Pembayaran bunga investasi dari luar negeri. 6.Pendapatan tenaga kerja dari luar negeri. 7.Publisitas dan advertensi pariwisata di luar negeri. 8.dan lain-lain 1.Penerimaan dari wisatawan asing di dalam negeri. 2.Ekspor barang-barang menunjang kepariwisataan (cinderamata dan barang-barang seni) 3.Transportasi yang mempergunakan maskapai dalam negeri. 4.Investasi pariwisata di dalam negeri oleh orang asing. 5.Penerimaan atas bunga pinjaman di luar negeri. 6.Penerimaan dari tenaga kerja pariwisata diluar negeri. 7.Publisitas dan advertensi pariwisata di dalam negeri. 8.dan lain-lain

19 Diskusi 1.Apa saja komponen-komponen Neraca Pembayaran ? 2.Sebutkan akibat-akibat yang ditimbulkan oleh kegiatan pariwisata terhadap Neraca Pembayaran suatu negara ? 3.Apa saran anda mengenai tindakan yang perlu diambil untuk mengurangi defisit Neraca Wisatawan ? 4.Carilah masing-masing sebuah contoh dari Neraca Pembayaran dan atau Neraca Wisatawan, lalu buatlah pendapat atas neraca-neraca tersebut ?


Download ppt "Mathematic for Hospitality & Tourism. BAB I PARIWISATA DAN NERACA PEMBAYARAN NASIONAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google