Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Glutation S-Transferase ENZIMOLOGI DIAH KARTIKA SARI 20508016.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Glutation S-Transferase ENZIMOLOGI DIAH KARTIKA SARI 20508016."— Transcript presentasi:

1 Glutation S-Transferase ENZIMOLOGI DIAH KARTIKA SARI

2

3  Glutation (GSH) adalah tripeptida ( γ -L- glutamil-L-sistein- glisin)  Glutathione S- Transferase structure (PDB: 1R5A); Chain: A [Ec: ]..

4  GST terdapat pada fraksi sitosol kebanyakan sel dan organ tubuh seperti hati, ginjal, paru, dan usus halus  Pada mamalia, GST dalam sitosol dikelompokkan dalam enam kelas, yaitu: alpha, mu, pi, sigma, theta, dan zeta. GST kelas kappa juga ditemukan terikat pada membran dalam bentuk isoenzim dan di mitokondria (Hsieh dkk., 1999)..

5  Substrat umum untuk GST adalah 1-kloro-2,4- dinitrobenzen (CDNB). GST kelas alpha memiliki aktivitas terhadap kumen hidroperoksida. Substrat spesifik untuk GST kelas mu adalah 1,2-dikloro - 4-nitrobenzen (DCNB). Asam etakrinat ([2,3-dikloro-4-(2- metilenbutiril)-fenoksi] asam asetat) merupakan substrat spesifik untuk GST kelas pi (Mannervik dan Danielson, 1988).

6 BEBERAPA REAKSI GST DENGAN SUBSTRATNYA

7  Senyawa turunan metoksifenil kurkumin, asam ferulat, dan indometasin telah dilaporkan memiliki aktivitas sebagai inhibitor glutation Stransferase(GST).  Serangkaian penelitian terhadap obat-obat AINS yang terkait dengan aktivitas enzim GST telah dilakukan oleh beberapa peneliti. Sudibyo (1996) melaporkan: kurkumin yang memiliki aktivitas anti-inflamasi terbukti sebagai inhibitor kuat terhadap aktivitas GST dengan substrat CDNB.

8

9 PERAN PENTING DALAM DETOKSIFIKASI

10  GST memfasilitasi respons senyawa karsinogen yang ditemukan dalam asap tembakau. Pada perokok berat yang mengalami defisiensi GST memiliki resiko besar terjadi penurunan kemampuan saluran pernafasan untuk menghilangkan substansi toksik tersebut, sehingga memicu terjadinya inflamasi pada saluran pernafasan (Kabesch et al., 2004).

11 Jintan putih Komponen yang diduga mempunyai aktivitas antikanker dari jintan putih salah satunya adalah enzim GST. Mekanisme antikanker dari ekstrak biji jintan putih ditengarai melalui enzim glutation-s-transferase. Jeruk jeruk juga mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi aktivitas enzim glutatione S- transferase (GTS), guna menghambat terjadinya kanker

12

13 1.Reaksi antara GSH dan CDNB adalah substitusi nukleofilik aromatik. Proses tersebut melibatkan senyawa intermediet yang dikenal sebagai kompleks Meisenheimer ( Meisenheimer complex).

14 Persentase peningkatan aktivitas GST paru tikus pada kelompok perlakuan dibandingkan terhadap kontrol.Dari hasil tersebut maka dapat diketahui bahwa beta -karoten mampu meningkatkan aktivitas GST sitosolik paru tikus.

15


Download ppt "Glutation S-Transferase ENZIMOLOGI DIAH KARTIKA SARI 20508016."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google