Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CMM_joice cs 1 MANAJEMEN MAKNA TERKOORDINASI W. Barnett Pearce & Vernon Cronen  Asumsi-asumsi  Hierarki Makna  Koordinasi Makna  Pengaruh  Aturan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CMM_joice cs 1 MANAJEMEN MAKNA TERKOORDINASI W. Barnett Pearce & Vernon Cronen  Asumsi-asumsi  Hierarki Makna  Koordinasi Makna  Pengaruh  Aturan."— Transcript presentasi:

1 CMM_joice cs 1 MANAJEMEN MAKNA TERKOORDINASI W. Barnett Pearce & Vernon Cronen  Asumsi-asumsi  Hierarki Makna  Koordinasi Makna  Pengaruh  Aturan dan Pola Berulang  Rangkaian Seimbang dan Tidak Seimbang

2 CMM_joice cs2 Sekilas Teori Dalam percakapan dan melalui pesan-pesan yang kita kirim dan terima, orang saling menciptakan makna. Dalam percakapan dan melalui pesan-pesan yang kita kirim dan terima, orang saling menciptakan makna. Saat kita menciptakan dunia sosial kita, kita menggunakan sebagai aturan untuk mengonstruksi dan mengoordinasi makna. Saat kita menciptakan dunia sosial kita, kita menggunakan sebagai aturan untuk mengonstruksi dan mengoordinasi makna. Aturan-aturan membimbing komunikasi yang terjadi di antara orang-orang. Aturan-aturan membimbing komunikasi yang terjadi di antara orang-orang. Fokus pada relasi antara individual dengan masyarakatnya. Fokus pada relasi antara individual dengan masyarakatnya. Melalui struktur hierarkis, orang-orang mengorganisasikan makna dari beratus-ratus pesan yang diterima dalam sehari. Melalui struktur hierarkis, orang-orang mengorganisasikan makna dari beratus-ratus pesan yang diterima dalam sehari.

3 CMM_joice cs3 Asumsi-asumsi Manusia hidup dalam komunikasi. Manusia hidup dalam komunikasi. Manusia saling menciptakan realitas sosial. Manusia saling menciptakan realitas sosial. Transaksi informasi bergantung kepada makna pribadi dan interpersonal. Transaksi informasi bergantung kepada makna pribadi dan interpersonal.

4 CMM_joice cs4 Hierarki Hierarki dari Makna yang Terorganisasi: Hierarki dari Makna yang Terorganisasi:  Isi  Tindak Tutur  Episode  Hubungan  Naskah Kehidupan  Pola Budaya

5 CMM_joice cs5 Hierarki CONTENT CONTENT Isi: merupakan langkah awal di mana data mentah dikonversikan menjadi makna. Isi: merupakan langkah awal di mana data mentah dikonversikan menjadi makna.

6 CMM_joice cs6 Hierarki SPEECH ACT SPEECH ACT Tindak Tutur: tindakan-tindakan yang kita lakukan melalui cara berbicara [termasuk: memuji, menghina, berjanji, mengancam, menyatakan, dan bertanya]. Tindak Tutur: tindakan-tindakan yang kita lakukan melalui cara berbicara [termasuk: memuji, menghina, berjanji, mengancam, menyatakan, dan bertanya].

7 CMM_joice cs7 Hierarki EPISODE EPISODE Rutinitas komunikasi yang memiliki awal, pertengahan, dan akhir yang jelas. Rutinitas komunikasi yang memiliki awal, pertengahan, dan akhir yang jelas. Dalam sebuah interaksi, individu-individu mungkin akan memiliki perbedaan dalam bagaimana mereka menandai (punctuated: bagaimana seseorang menginterpretasikan atau menekankan sebuah episode). Dalam sebuah interaksi, individu-individu mungkin akan memiliki perbedaan dalam bagaimana mereka menandai (punctuated: bagaimana seseorang menginterpretasikan atau menekankan sebuah episode). Percakapan yang koheren, membutuhkan suatu tingkat penandaan yang terkoordinasi. Percakapan yang koheren, membutuhkan suatu tingkat penandaan yang terkoordinasi.

8 CMM_joice cs8 Hierarki RELATIONSHIP RELATIONSHIP Hubungan, dapat dikatakan sebagai kontrak, di mana terdapat tuntutan dalam berperilaku. Hubungan, dapat dikatakan sebagai kontrak, di mana terdapat tuntutan dalam berperilaku. Dua orang menyadari potensi dan batasan mereka sebagai mitra dalam sebuah hubungan. Dua orang menyadari potensi dan batasan mereka sebagai mitra dalam sebuah hubungan. Emeshment (keterlibatan): menggambarkan batasan di mana orang mengidentifikasi dirinya sebagai bagian dari suatu sistem hubungan. Emeshment (keterlibatan): menggambarkan batasan di mana orang mengidentifikasi dirinya sebagai bagian dari suatu sistem hubungan.

9 CMM_joice cs9 Hierarki LIFE SCRIPTS LIFE SCRIPTS Naskah kehidupan: kelompok-kelompok episode masa lalu atau masa kini yang menciptakan suatu sistem makna yang dapat dikelola bersama dengan orang lain. Naskah kehidupan: kelompok-kelompok episode masa lalu atau masa kini yang menciptakan suatu sistem makna yang dapat dikelola bersama dengan orang lain.

10 CMM_joice cs10 Hierarki CULTURAL PATTERN CULTURAL PATTERN Pola Budaya: gambaran yang sangat luas dari susunan dunia dan hubungan seseorang dengan susunan tersebut. Pola Budaya: gambaran yang sangat luas dari susunan dunia dan hubungan seseorang dengan susunan tersebut. Judith Martin dan Thomas Nakayama (2004) menyatakan bahwa budaya Amerika Serikat mendorong adanya Judith Martin dan Thomas Nakayama (2004) menyatakan bahwa budaya Amerika Serikat mendorong adanya Individualism: memprioritaskan kebutuhan atau nilai pribadi di atas kebutuhan atau nilai kelompok (identitas ke-aku-an). Individualism: memprioritaskan kebutuhan atau nilai pribadi di atas kebutuhan atau nilai kelompok (identitas ke-aku-an). Collectivism: memprioritaskan kebutuhan atau nilai kelompok di atas kebutuhan atau nilai individu (identitas ke-kita-an). Collectivism: memprioritaskan kebutuhan atau nilai kelompok di atas kebutuhan atau nilai individu (identitas ke-kita-an).

11 CMM_joice cs11 Koordinasi Makna Koordinasi Makna: Mengartikan Urutan Koordinasi Makna: Mengartikan Urutan Coordination: usaha untuk mengartikan pesan-pesan yang berurutan. Coordination: usaha untuk mengartikan pesan-pesan yang berurutan. Koordinasi ada ketika dua orang berusaha untuk mengartikan pesan-pesan yang berurutan dalam percakapan mereka. Koordinasi ada ketika dua orang berusaha untuk mengartikan pesan-pesan yang berurutan dalam percakapan mereka.

12 CMM_joice cs12 Pengaruh Pengaruh terhadap Proses Koordinasi Pengaruh terhadap Proses Koordinasi Koordinasi dipengaruhi oleh beberapa hal, termasuk moralitas dan ketersediaan sumber daya. Koordinasi dipengaruhi oleh beberapa hal, termasuk moralitas dan ketersediaan sumber daya. Morality: penghargaan, martabat, dan karakter (Pearce, 1989). Morality: penghargaan, martabat, dan karakter (Pearce, 1989). Resources: merujuk pada cerita, simbol, gambar dan institusi yang digunakan oleh orang untuk memahami dunia mereka (Pearce, 1989:23). Resources: merujuk pada cerita, simbol, gambar dan institusi yang digunakan oleh orang untuk memahami dunia mereka (Pearce, 1989:23).

13 CMM_joice cs13 Aturan dan Pola Berulang Aturan dan Pola Berulang yang Tidak Diinginkan Aturan dan Pola Berulang yang Tidak Diinginkan Pearce dan Cronen (1980) mendiskusikan dua tipe aturan: Pearce dan Cronen (1980) mendiskusikan dua tipe aturan: Constitutive Rules: mengorganisasikan perilaku dan membantu kita untuk memahami bagaimana makna harus diinterpretasikan. Constitutive Rules: mengorganisasikan perilaku dan membantu kita untuk memahami bagaimana makna harus diinterpretasikan. Regulative Rules: merujuk pada urutan tindakan yang dilakukan oleh seseorang, dan menyampaikan apa yang akan terjadi selanjutnya dalam sebuah percakapan. Regulative Rules: merujuk pada urutan tindakan yang dilakukan oleh seseorang, dan menyampaikan apa yang akan terjadi selanjutnya dalam sebuah percakapan.

14 CMM_joice cs14 Aturan dan Pola Berulang Pola Berulang yang Tidak Diinginkan Pola Berulang yang Tidak Diinginkan Unwanted Repetitive Patterns – URP: adalah episode konflik yang berurutan dan terjadi berulang kali yang sering kali tidak diinginkan terjadi oleh individu yang terlibat dalam konflik. Unwanted Repetitive Patterns – URP: adalah episode konflik yang berurutan dan terjadi berulang kali yang sering kali tidak diinginkan terjadi oleh individu yang terlibat dalam konflik.

15 CMM_joice cs15 Rangkaian Rangkaian Seimbang dan Rangkaian Tidak Seimbang Rangkaian Seimbang dan Rangkaian Tidak Seimbang Loop (rangkaian): kemampuan suatu level dalam hierarki makna untuk berefleksi. Loop (rangkaian): kemampuan suatu level dalam hierarki makna untuk berefleksi. Charmed Loop: aturan makna konsisten di seluruh bagia rangkaian. Charmed Loop: aturan makna konsisten di seluruh bagia rangkaian. Stranged Loop: aturan makna berubah- ubah di keseluruhan rangkaian. Stranged Loop: aturan makna berubah- ubah di keseluruhan rangkaian.

16 CMM_joice cs16 Kritik RUANG LINGKUP RUANG LINGKUP Teori ini dianggap terlalu abstrak dan di dalamnya terdapat definisi-definisi yang tidak tepat. Teori ini dianggap terlalu abstrak dan di dalamnya terdapat definisi-definisi yang tidak tepat. KEGUNAAN KEGUNAAN CMM dianggap merupakan satu dari sedikit teori komunikasi yang diakui sebagai ‘teori praktis’. CMM dianggap merupakan satu dari sedikit teori komunikasi yang diakui sebagai ‘teori praktis’.


Download ppt "CMM_joice cs 1 MANAJEMEN MAKNA TERKOORDINASI W. Barnett Pearce & Vernon Cronen  Asumsi-asumsi  Hierarki Makna  Koordinasi Makna  Pengaruh  Aturan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google