Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembiasan cahaya Pembiasan cahaya adalah pembelokan gelombang cahaya yang disebabkan oleh suatu perubahan medium.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembiasan cahaya Pembiasan cahaya adalah pembelokan gelombang cahaya yang disebabkan oleh suatu perubahan medium."— Transcript presentasi:

1 Pembiasan cahaya Pembiasan cahaya adalah pembelokan gelombang cahaya yang disebabkan oleh suatu perubahan medium

2 Udara-air Air-udara

3 Dimanakah letak ikan yang sebenarnya?

4 Dispersi Cahaya Dispersi cahaya merupakan peristiwa terurainya cahaya putih menjadi warna- warna spektrum.

5 Sebaliknya jika cahaya hasil dari dispersi cahaya akan menjadi warna putih jika disatukan Peristiwa tersebut menggunakan percobaan cincin warna newton

6 LENSA a. lensa Cembung ( + ) mengumpulkan cahaya (konvergen)

7 Tiga sinar istimewa lensa cembung

8 LENSA b. lensa Cekung ( - ) menyebarkan cahaya (divergen)

9 Tiga sinar istimewa lensa cekung Sinar yang datang sejajar dengan sumbu utama Akan dibiaskan melalui titik fokus F 1 Sinar yang datang melalui titik fokus pasif F 2 akan dibiaskan sejajar dengan sumbu utama. Sinar datang melalui pusat lensa O akan diteruskan.

10

11 Seperti halnya pada cermin, pada lensa pun berlaku persamaan-persamaan berikut

12 Kekuatan lensa (P) P = 1 F P = kekuatan lensa f = jarak fokus (m) Kemampuan sebuah lensa dalam mengumpulkan atau menyebarkan sinar yg di terimanya P = 100 F cm

13 Sebuah benda terletak 100 cm di depan cermin cekung yang memiliki jari-jari kelengkungan 120 cm. Tentukanlah letak bayangan benda itu. Sebua pensil setinggi 15 cm berdiri 15 cm di depan cermin cekung. Jika jarak fokus 10 cm, maka berapakah jarak bayangannya dari cermin dan tinggi bayangannya?

14 Sebuah benda diletakkan 20 cm di depan cermin cekung dengan jari-jari kelengkungan 30 cm. berapakah jarak bayangan ke cermin dan perbesrannya bayangan? Sebuah pensil dengan tinggi 8 cm, diletakkan 12 cm di depan cermin cembung yang jari-jari kelengkungannya 24 cm. tentukan letak bayangan, perbesaran dan tinggi bayangannya!

15 Sebuah benda setinggi 10 cm berada di depan lensa cekung dengan jarak 30 cm. jika jarak fokus lensa 20 cm, hitunglah : jarak bayangan, perbesaran bayangan, tinggi bayangan. Sebuah lensa cembung mempunyai jarak fokus 25 cm, tentukan kekuatan lensa cembung tersebut!


Download ppt "Pembiasan cahaya Pembiasan cahaya adalah pembelokan gelombang cahaya yang disebabkan oleh suatu perubahan medium."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google