Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Widya Jati Ningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Widya Jati Ningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan."— Transcript presentasi:

1 Widya Jati Ningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

2 Lensa cembung adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tebal daripada bagian pinggirnya. Pada lensa cembung, sinar dapat datang dari dua arah, sehingga pada lensa terdapat dua titik fokus. Kita tetapkan bagian lensa cembung tempat datangnya sinar sebagai bagian depan, dan bagian lensa cembung tempat sinar dibiaskan sebagai bagian belakang. Titik fokus yang berada di depan lensa cembung disebut titik fokus maya, sedangkan titik fokus yang berada di belakang lensa cembung disebut titik fokus sejati. Kita tetapkan juga bahwa titik fokus tempat sinar – sinar dibiaskan sebagai fokus aktif (diberi lambang F1) dan titik fokus lainnya ditetapkan sebagai fokus pasif (diberi lambang F2)

3 Pada pemantulan cahaya di cermin, berlaku hukum Snellius, yaitu : Sinar datang, garis normal dan sinar pantul berpotongan pada satu titik dan terletak pada satu bidang datar. Sudut datang (i) sama dengan Sudut pantul (r). Berikut contoh gambar pelukisan bayangan pada pemantulan cahaya di cermin datar.

4 Pada umumnya, setiap permukaan benda dapat memantulkan cahaya yang jatuh pada permukaan tersebut. Permukaan benda dapat berupa permukaan kasar atau halus. Seberkas cahaya yang jatuh pada benda dengan permukaan kasar akan dipantulkan dengan arah sinar pantul yang tak teratur. Pemantulan ini disebut dengan pemantulan baur, seperti gambar di atas.


Download ppt "Widya Jati Ningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google