Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANCANG BANGUN APLIKASI KONSULTASI MAKANAN SEHAT BAGI PENDERITA DIABETES BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI J2ME Dedy Bagus Rusdianto 07.41010.0371.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANCANG BANGUN APLIKASI KONSULTASI MAKANAN SEHAT BAGI PENDERITA DIABETES BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI J2ME Dedy Bagus Rusdianto 07.41010.0371."— Transcript presentasi:

1 RANCANG BANGUN APLIKASI KONSULTASI MAKANAN SEHAT BAGI PENDERITA DIABETES BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI J2ME Dedy Bagus Rusdianto

2

3 Bagaimana membuat rancang bangun aplikasi konsultasi makanan sehat bagi penderita diabetes berbasis mobile menggunakan teknologi J2ME.

4 Data yang digunakan pada aplikasi konsultasi makanan bagi penderita diabetes ini adalah data dari buku Melawan dan Mencegah Diabetes yang didukung oleh Dokter Arif Kuswahyu. Modul konsultasi dalam aplikasi ini berisi tentang form data diri pengguna yang menghasilkan informasi tentang makanan yang sesuai antara data diri pengguna dengan data yang ada dalam basis data. Modul rule dalam aplikasi ini dapat digunakan untuk mengubah, menambah, atau menghapus basis data dalam aplikasi. Pengguna dapat mengembalikan basis data seperti saat digunakan pertama kali. Modul pengetahuan umum dalam aplikasi ini berisi tentang ringkasan artikel mengenai makanan bagi penderita diabetes. Modul lihat data hasil konsultasi dapat digunakan untuk melihat data hasil konsultasi yang telah disimpan oleh pengguna. Selain itu modul ini juga dapat digunakan untuk melihat grafik hasil konsultasi. Uji coba aplikasi menggunakan emulator telepon seluler Sony Ericsson k750i.

5 Membuat rancang bangun aplikasi konsultasi makanan sehat bagi penderita diabetes berbasis mobile menggunakan teknologi J2ME.

6 Aplikasi dapat diartikan sebagai program komputer yang dibuat untuk menolong manusia dalam melaksanakan tugas tertentu. Pengertian konsultasi menurut Dougherty dalam Sukendro (2007:51) adalah suatu bentuk hubungan tolong menolong yang dilakukan oleh seorang profesional yang disebut konsultan. Menurut Hani (2006) pada indonesia.org/content/blogcategory/ 6/90/, diabetes adalah kelainan metabolisme tubuh dalam mengurai karbohidrat, yang ditandai dengan kenaikan gula darah dan kurangnya kadar insulin maupun kurangnya kerja insulin di dalam tubuh. indonesia.org/content/blogcategory/ 6/90/ Aplikasi Konsultasi Diabetes Diet Diabetes Java 2 Micro Edition ( J2ME ) Interaksi Manusia dan Komputer Testing dan Implementasi Sistem Mengatur menu makanan sangat dianjurkan bagi penderita diabetes untuk menghindari dan membatasi fluktuasi kadar glukosa darah yang tidak terkontrol sehingga penderita tidak mengalami hipoglikemia atau koma karena hiperglikemia. Tujuan terapi diet diabetes adalah untuk mencapai kadar gula darah normal, melindungi jantung, mengontrol kadar kolesterol, dan tekanan darah, mencapai berat badan ideal, mencegah timbulnya komplikasi, dan mencapai derajat kesehatan secara umum (Harvey, 2003) Menurut Nyura (2010:19) Java 2 Micro Edition atau yang biasa disebut J2ME adalah lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak Java pada barang elektronik beserta perangkat pendukungnya. Menurut Rizky (2007:3) Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) dideskripsikan sebagai sebuah disiplin ilmu yang mempelajari desain, evaluasi, implementasi dan sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia, beserta studi tentang faktor- faktor utama dalam lingkungan interaksinya. Menurut Romeo (2003:3), Testing software adalah proses mengopersikan software dalam suatu kondisi yang dikendalikan untuk verifikasi, mendeteksi error, dan validasi

7 Pemodelan yang digunakan dalam perancangan sistem adalah: Flowchart UML Flowchart Pendaftaran Flowchart Konsultasi Flowchart Lihat Hasil Konsultasi Flowchart Lihat Hasil Konsultasi Flowchart Maintenace Data Rule Flowchart Maintenace Data Rule Use Case Activity Diagram Class Diagram Sequence Diagram

8

9 Kesimpulan Saran  Sistem ini dapat memberikan informasi makanan sehat bagi penderita diabetes dengan masukan tinggi badan, berat badan, umur, jenis kelamin, jenis aktivitas, dan jenis makanan.  Sistem ini dapat melakukan update rule yang dilakukan oleh pengguna dengan hak akses khusus, sehingga data rule lebih akurat.  Sistem ini dapat digunakan untuk melihat perkembangan pengguna jika pengguna menyimpan data konsultasi dengan menampilkan grafik konsultasi.  Sistem ini dapat memberikan informasi makanan sehat bagi penderita diabetes dengan masukan tinggi badan, berat badan, umur, jenis kelamin, jenis aktivitas, dan jenis makanan.  Sistem ini dapat melakukan update rule yang dilakukan oleh pengguna dengan hak akses khusus, sehingga data rule lebih akurat.  Sistem ini dapat digunakan untuk melihat perkembangan pengguna jika pengguna menyimpan data konsultasi dengan menampilkan grafik konsultasi. Saran untuk pengembangan sistem adalah dengan menambahkan fungsi analisis terhadap kumpulan data hasil konsultasi sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.


Download ppt "RANCANG BANGUN APLIKASI KONSULTASI MAKANAN SEHAT BAGI PENDERITA DIABETES BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI J2ME Dedy Bagus Rusdianto 07.41010.0371."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google